Unik! Lokasi Pemakaman Di Indonesia Ini Malah Jadi Destinasi Wisata Favorit


Destinasi favorit apa yang kamu pilih saat liburan? Pantai, gunung atau sekedar nongkrong cantik di kafe bersama teman-teman? Duh, itu sih udah biasa banget. Nah kalau kamu suka tantangan dan tertarik dengan sesuatu yang unik dan berbau sejarah, kamu wajib banget kunjungi lokasi pemakaman ini.

1. Makam di Tana Toraja

%image_alt%

Suku di Tana Toraja menguburkan kerabat mereka di atas bukit dengan tujuan agar roh yang telah tiada bisa lebih cepat sampai di alam sana. Semakin tinggi jenazah diletakkan berarti semakin tinggi kedudukan orang tersebut di masyarakat. Upacara kematian suku Toraja yang dikenal Rambu Solo sangat menjadi incaran wisatawan.

2. Makam Trunyan, Bali

%image_alt%

Masyrakat trunyan, Bali memiliki tradisi pemakaman unik. Mereka tidak menguburkan jasad yang meninggal melainkan hanya diletakkan begitu saja kemudian dipagari oleh ‘ancak saji’. Uniknya walau jasad tidak dikuburkan, sama sekali tidak mengeluarkan bau menyengat. Hal ini karena pohon menyan yang tumbuh di area pemakaman ini.

3. Museum Taman Prasasti, Jakarta

%image_alt%

Tempat ini dulu adalah makam zaman kolonial Belanda sehingga banyak sekali ditemukan batu-batu dan patung nisan bergaya Eropa. Karena memiliki kesan gothik dan bergaya zaman Belanda dahulu, tempat ini populer dijadikan lokasi pre-wedding hingga video klip musik.

4. Pemakaman Ereveld, Menten Pulo Jakarta

%image_alt%

 Ereveld Menteng Pulo merupakan pemakaman Belanda yang dikhususkan bagi perwira militer Belanda yang tewas saat perang kemerdekaan di Indonesia. Pemakaman ini merupakan makam yang masih dikelola oleh pemerintah Belanda sampai sekarang dan jika kamu ingin mengunjunginya harus meminta izin tertulis pada yayasan pengelola Evereld.

5. Makam Belanda, Kebun Raya Bogor

%image_alt%

Tidak banyak orang yang tahu bahwa di Kebun Raya Bogor terdapat sebuah area pemakaman Belanda. Mirip dengan Museum Taman Prasasti Jakarta, makam Belanda di Kebun Raya Bogor memiliki nisan bergaya Eropa kuno hanya saja jumlahnya tidak terlalu banyak.

Gimana tertarik untuk wisata uji nyali ke pemakaman yang ada di atas? Share ya pengalamanmu jika sudah mengunjungi salah satu pemakaman unik tersebut.

Komentar:

Komentar