Terbukti, Kamu yang Sering Begadang Punya Kecerdasan dan Kreativitas yang Lebih Tinggi Dibanding Mereka yang Tidur di Waktu yang Tepat!


Apakah kamu tipe orang yang suka bangun terlambat dan menyesali semuanya setelah dimarahi oleh orang-orang sekitar lantaran semua hal jadi tampak buruk? Yap, mungkin kamu adalah tipe orang yang suka tidur larut malam dan menghabiskan malam panjang dengan berbagai kegiatan positif seperti membaca buku atau mempelajari software tertentu. Tapi masalahnya, apa orang-orang di sekitarmu tahu kalau kamu bengun terlambat gara-gara itu? Gimana kalau mereka berpikir bahwa kamu begadang hanya untuk kesenangan dan aktivitas yang sama sekali gak bermanfaat.

begadang

Jangan keburu berpikiran buruk, ternyata memang beberapa peneliti dari beberapa universitas di dunia telah mengamati orang-orang yang tidur lebih larut. dalam hasil penelitiannya membuktikan ternyata orang-orang yang sering begadang in punya otak lebih cerdas dibanding orang yang tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Kok bisa?

 

Jam malam adalah waktu yang paling tepat untuk mengembangkan bakat dan kreativitas

Orang yang sering begadang selalu punya alasan mengapa mereka melakukan itu. Mereka tidak akan tidur dengan tenang sebelum selesai melakukan hal yang merangsang passion mereka. Ingat, yang dilakukan adalah kegiatan yang benar-benar mereka sukai sehingga waktu malam ini adalah saat yang tepat ketika suasana sepi dan minim gangguan dari orang-orang di sekitar. Mereka akan tidur setelah selesai membaca buku favorit, atau mempelajari hobi tertentu yang selama siang hari dirasa kurang begitu kondusif jika dikerjakan. Dalam artian singkatnya, orang yang bangun lebih awal memang punya hidup produktif, tapi orang yang tidur telat punya otak yang lebih kreatif.

 

Orang yang begadang punya jam kerja yang lebih panjang daripada orang yang bangun pagi

Peneliti dari University of Liege di Belgia melakukan pengamatan pada orang yang bangun di pagi hari dan bekerja dengan orang-orang yang melakukan kegiatan di malam hari. Hasilnya benar-benar di luar dugaan. Orang yang bangun pagi hari dan langsung bekerja akan mengalami penurunan fisik pada tengah hari, kemudian akan merasa lelah di waktu sore. Akhirnya mereka akan menghabiskan waktu untuk istirahat di malam hari. Begitu seterusnya. Berbeda dengan orang yang begadang. Orang yang bangun telah punya semangat yang sama dengan orang yang bangun lebih pagi. Tapi mereka punya daya tahan fisik hingga malam harinya. Artinya orang yang bangun telat punya banyak waktu produktif daripada orang yang bangun pagi.

Orang yang tidur larut punya tekanan stressĀ  yang sedikit

Dengan waktu produktif di malam hari dan lebh santai, maka orang yang begadang ini punya kadar stress yang lebih rendah daripada orang yang bangun pagi dan langsung berangkat kerja. Orang yang bangun pagi punya tekanan berat untuk sampai tepat waktu di tempat kerja dengan rintangan kemacetan dan kegiatan yang diburu waktu. Sedangkan orang yang punya aktivtas di malam hari tak punya beban untuk datang tepat waktu karena mereka punya waktu sepanjang malam hingga pagi untuk melakukan semuanya.

 

Nah terbukti bukan kalau kegiatan begadang ternyata cukup bermanfaat jika dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin? Asal jangan keseringan aja ya.

 

sumber: elitedaily

Komentar:

Komentar