Susah Tidur? Yuk, Ikuti 4 Tips Ini. Bye-Bye Insomnia!


Tidur adalah proses fisiologis tubuh yang  melibatkan 2 fase yaitu fase NREM (pergerakan mata yang tidak cepat a.k.a tidur nonrapid eye movement) dan fase REM (pergerakan mata yang cepat a.k.a tidur rapid eye movement). Selama fase NREM, kamu bakal mengalami 4 tahapan yang berlangsung selama 90 menit.

Kualitas tidur dari tahap 1 sampai tahap 4 pun akan semakin bertambah. Tidur yang dangkal adalah karakteristik dari tahap 1 dan 2 , sedangkan di tahap 3 dan 4 kamu bakal lebih mudah terbangun . Setelah fase NREM berlangsung, barulah nantinya akan memasuki fase REM, sebagai akhir dari proses tidur.  Tapi terkadang, ada beberapa orang yang nggak bisa tidur seperti kebanyakan orang pada umumnya, yang bisa jadi karena terganggunya salah satu fase tidur tersebut.

Nah, kalau udah begitu harus gimana dong? Yuk, intip 4 tips ini supaya kamu bisa langsung tertidur cepat!

 

1. Atur Nafasmu

 

3445038651_595753d98c_z_large.jpg (500×334)
breathing via tumblr.com

Kalau kamu merasa sulit tidur, yang pertama harus kamu kamu lakukan adalah menarik napas dalam-dalam melalui hidung. Lalu, tahan selama 4-5 detik dan hembuskanlah melalui mulut. Lakukan hal ini sebanyak 10 kali secara perlahan. Maka nantinya tubuhmu akan lebih rileks dan mudah tertidur.

 

2. Tataplah Langit-langit Kamar

 

stencil-ceiling.jpg (530×353)
langit-langit kamar via rooang.com

Supaya bisa tidur dengan mudah, maka menatap langit-langit kamar adalah salah satu caranya. Dengan melakukan hal ini, tubuh dapat menstimulasi saraf parasimpatik yang berperan dalam menurunkan tekanan darah dan memperlambat pernapasan. Jadinya tubuh akan lebih mudah untuk tidur dengan lelap.

 

3. Melakukan Relaksasi Otot

 

ocean-pastel-relax-tumblr-Favim.com-3025237.jpg (480×469)
relax via tumblr.com

Relaksasi otot juga bisa menjadi jalan keluar kalau kamu insomnia. Caranya yaitu dengan menegangkan seluruh tubuh mulai dari ujung kaki sampai kepala. Tahan beberapa detik, lalu lemaskan kembali otot-otot tubuh secara perlahan.

 

4. Tulislah Semua Masalah Dalam Sebuah Buku

 

tumblr_nnmtwoT41d1usoch4o1_500.jpg (500×500)
notebook via tumblr.com

Tingkat stres yang tinggi adalah salah satu alasan kenapa seseorang terkena insomnia. Untuk mengatasinya kamu cukup menumpahkan masalah-masalah tersebut pada sebuah buku catatan. Dengan begitu, sedikit demi sedikit masalah yang ada dalam pikiran akan berkurang.

Nah, itu dia 4 cara untuk mengatasi insomnia a.k.a sulit tidur. Cara-cara sederhana tersebut terbukti bisa membuat tubuhmu lebih rileks dan mengurangi stres. Sehingga insomniamu bisa teratasi dan kamu bisa tidur dengan pulas. Yang insomnia mana nih, suaranya?

 

Komentar:

Komentar