Setelah Melihat 9 Foto Ini, Kamu Akan Menyadari Bahwa Pelaku Bunuh Diri Tak Selalu Tampak Murung

Masih ingatkah dengan kisah tragis Chester Bennington?

Masih ingat dengan kasus bunuh diri yang dilakukan musisi ternama Chester Bennington? Vokalis Linkin Park ini dari luar terlihat bahagia dengan kehidupannya. Ketenaran sebagai seorang artis, kekayaan melimpah, dan keluarga harmonis dimiliki olehnya. Namun, siapa yang tahu bahwa Chester menyimpan depresinya seorang diri.

Segala usaha telah dilakukannya untuk lepas dari semua itu. Sayangnya, usaha tersebut dikalahkan dengan keputusannya untuk mengakhiri hidupnya dengan gantung diri. Padahal, tak lama sebelumnya, dia baru saja melakukan rekaman bersama bandnya.

Kisah Chester ini cuma satu dari sejumlah kasus bunuh diri yang diawali dengan depresi. Masih banyak kasus serupa yang membuktikan bahwa seseorang yang depresi tak selalu terlihat murung, bahkan selalu menyunggingkan senyum.

Tak percaya? Berikut 9 foto dan kisah dibaliknya.

1. Depresi tak punya ekspresi

via instagram.com/selfloveclubb

Depresi selalu dikaitkan dengan wajah murung dan tak bersemangat. Tapi, lihat foto disebelah kanan. Bisakah kamu temukan rasa depresi di wajah cantiknya?

2. Senyumnya manis, bukan?

via boredpanda.com

Tak ada yang aneh dengan foto wanita dan anjingnya ini. Kecuali kamu tahu bahwa dua hari sebelum foto ini diambil, si wanita mencoba mengakhiri hidupnya, namun gagal.

3. Chester sebelum bunuh diri

via twitter.com/TalindaB

Foto keluarga bahagia ini diunggah oleh istri Chester, Talinda Bennington. Tahukah kamu foto ini diambil empat hari sebelum Chester mengakhiri hidupnya dengan gantung diri?

4. Adakah wajah depresi?

via facebook.com/agnieszka.cwynar.12

Tak jauh berbeda dari kasus Chester, pria yang tersenyum lebar di foto tersebut, bunuh diri dua minggu setelah foto ini diambil.

5. Senyum sembunyikan segalanya

via facebook.com/tasha.b.collins

Seperti remaja pada umumnya, cowok ini tampak normal, bukan? Namun, setelah foto ini diambil, dia mencari tentang cara gantung diri lewat komputernya dan mempraktekannya 2 hari kemudian.

6. 3 jam sebelum kejadian

via boredpanda.com

Foto ini diambil 3 jam sebelum si gadis mengalami serangan panik mendadak dan mencoba menyakiti dirinya sendiri. Sama sekali tak disangka, bukan?

7. Pasangan bahagia?

via facebook.com/zoe.vanmeter.1

Yup! Sekilas keduanya memang tampak seperti pasangan bahagia. Tapi, si istri mengalami depresi parah dan berpikir bahwa bunuh diri adalah satu-satunya cara terbaik agar keluarganya bisa hidup bahagia.

8. Depresi tak pandang usia

via boredpanda.com

Siapapun di usia berapapun bisa mengalami depresi. Seperti pria berbaju merah di foto ini. Senyumnya di foto tersebut hanyalah topeng untuk menutupi rasa depresi. Kurang dari 2 bulan setelah foto ini diambil, dia mengakhiri hidupnya.

9. Tertawa bukan berarti tak ada yang terjadi

via instagram.com/selfloveclubb

7 jam setelah foto cantik ini diambil, dia mencoba mengakhiri hidupnya. Yang lebih buruk, itu bukanlah percobaan pertama, namun yang ketiga kali.

Kesembilan foto ini menunjukkan bahwa depresi bukanlah sesuatu yang bisa terlihat dari ekspresi seseorang. Mereka yang tampak baik-baik saja dan bisa tertawa bahagia, kadang menyimpan rasa depresi dan keinginan untuk bunuh diri. Hal ini mengingatkan kita bahwa depresi bisa dirasakan oleh siapa saja, bahkan orang terdekat kita atau diri sendiri.

Jangan anggap sepele depresi, mintalah bantuan orang terdekatmu jika dirimu merasakannya. Perhatikan juga orang di sekelilingmu, mungkin salah satu dari mereka ada yang butuh support darimu.

Komentar:

Komentar