Saat Stres Menerjang, 5 Aplikasi Ini Siap Bikin Hati dan Pikiran Langsung Tenang!


Siapa pun setuju kalau punya banyak permasalahan itu rasanya bikin tertekan dan gak enak banget. Hati dibuat uring-uringan, pikiran kemana-mana dan stres pun akan datang sesuka hati. Padahal pikiran stres hanya mendatangkan kecemasan yang gak membahagiakan sama sekali lho. Pikiran yang stres juga paling bisa bikin seseorang males ngapa-ngapain dan menumbuhkan pikiran negatif. Gak mau kan terus-terusan dibuat gak happy gara-gara stres? Nah, daripada membiarkan diri dirundung stres terlalu lama mending tenangkan hati dan pikiran dengan lima aplikasi ini yuk!

1. What’s Up?

google ply whatsup
play.google.com

Sesuai namanya, aplikasi ini menyediakan fitur-fitur yang akan menanyakan bagaimana keadaan harimu. Ada banyak fitur menarik di dalam aplikasi ini mulai dari game sederhana yang membuat kamu tetap rileks saat dihadapkan sama situasi yang makin gak terkendali sampai Catastrophe Scale untuk mengukur seberapa buruk kondisi kamu hari ini. Fitur ini juga secara gak langsung mengingatkan kalau apa yang kamu alami sekarang belum tentu menjadi hari terburukmu lho.

2. Happify

google play happyfy
play.google.com

 

Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur yang lengkap mulai dari game, kuis mini, sampai aktivitas-aktivitas informatif yang bisa bikin mood kamu lebih happy. Kerennya, aplikasi ini juga bisa melatih kamu untuk membuang pikiran-pikiran negatif dan lebih peka dalam melihat berbagai hal positif di dalam kehidupan. Nah biar bisa melacak perubahan perasaan yang kamu alami setiap harinya, aplikasi ini juga dilengkapi sama statistik harian yang siap mencatat perasaan apapun yang kamu rasakan sehari-hari.

3. TalkLife – You’re Not Alone

kecil

Apakah kamu termasuk orang-orang yang merasa segan buat membagikan keluh kesahnya sama orang lain? TalkLife memungkinkan kamu buat berbagi cerita dengan orang lain yang bisa saja punya permasalahan yang sama kayak kamu. Aplikasi ini cocok banget buat kamu yang ingin berbagi perasaan stresnya biar gak dipendam terus-menerus. Selain itu perspektifmu dalam memandang permasalahan hidup bakal lebih bertambah berkat melihat sudut pandang orang lain dalam menceritakan masalahnya lewat aplikasi ini.

4. Stop, Breath & Think: Meditate

google play stop breath think
play.google.com

Terkadang hal yang paling dibutuhkan saat seseorang dilanda stres itu cuma sesederhana ketenangan pikiran lho. Lalu gimana caranya biar pikiranmu bisa jeda sejenak dari memikirkan segala permasalahan yang ada? Lewat aplikasi ini kamu diminta untuk memejamkan mata terlebih dahulu dan mencoba mencari tahu perasaan apa yang sebenarnya sedang kamu rasakan. Setelah itu kamu diminta untuk memilih lima perasaan yang sedang paling kamu rasakan saat itu juga dan aplikasi ini akan memberikan pilihan meditasi yang paling sesuai dengan kondisi kamu. Percaya deh, pikiran yang tadinya kusut bisa jadi langsung rileks lho walaupun hanya dengan memejamkan mata selama 5-10 menit aja.

5. Secret of Happiness

google play happyness
play.google.com

Kadang hal yang membuat diri seseorang jadi terlampau stres adalah pikiran yang terlalu fokus mengingat kesusahan-kesusahan. Terlalu sibuk memikirkan kegagalan hari kemarin, kekecewaan hari ini, pokoknya yang diingat cuma hal-hal menyedihkan.  Nah, aplikasi ini membantu kamu menuliskan hal-hal yang sebenernya patut kamu syukuri setiap harinya. Tujuannya biar sadar kalau masih ada banyak hal baik yang terjadi dibalik semua kesusahan yang sedang kamu alami. Pasti udah tau dong kalau kunci buat selalu bahagia itu salah satunya adalah terus bersyukur?

Intinya selalu ada banyak cara kok buat mengatasi stres kok, mulai dari curhat ke orang terdekat sampai mencoba mengatasinya sendiri dengan aplikasi-aplikasi kayak gini. Tapi satu hal yang pasti, apapun itu caranya jangan pernah biarkan pikiran stres membatasi diri kamu buat melakukan banyak hal. Terkadang, masalah yang dialami hari ini malah bisa jadi hal yang lucu buat diingat di masa depan lho hehehe… Semangat!

 

Komentar:

Komentar