Pertama Kalinya, Popcon Asia 2018 Siap Gelar Penghargaan untuk Film Indonesia

Ajang penghargaan bakat-bakat kreatif Indonesia

Sebagai salah satu pilar budaya populer, film selalu jadi perhatian masyarakat dunia dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak sampai nenek-nenek, tukang es serut sampai presiden, semuanya pasti pernah nonton film.

Antusiasme tersebut didukung juga oleh deretan film produksi dalam negeri beberapa tahun belakangan ini. Hadirnya film-film seperti Pengabdi Setan,Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1, dan Dilan 1990 tentu berandil besar dalam mendukung peningkatan jumlah penonton film Indonesia.

Dari jumlah penonton, penikmat film Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya. Tahun 2016 penonton film Indonesia tercatat mencapai angka 34,5 juta; tahun 2017, 40,5 juta penonton; sedangkan sampai bulan Agustus 2018, jumlah penonton sudah menembus 36 juta. Wow! Ramai bak hiburan layar tancap yang populer di era 80an ya.

Film berkualitasnya ada, penghargaannya juga harus ada dong. Maka dari itu, untuk menghargai karya-karya sineas dalam negeri, Popcon Asia 2018 bakal menggelar Popcon Award khusus film-film panjang Indonesia untuk pertama kalinya.

Ada 5 kategori penghargaan film panjang oleh para nominator: Most Memeable film, Idola Kawula, Best Duet, Best Horror dan Best Product Placement. Nama penghargaannya unik-unik ya. Iyalah, kalau judulnya gitu-gitu doang, apa bedanya sama event penghargaan lain. Harus ada bedanya dong.

Terus, kira-kira apa saja judul film yang masuk nominasi?

Daripada kamu nebak-nebak nggak jelas, nih bocorannya: Dilan 1990, Pengabdi Setan, Ayat-Ayat Cinta 2, Yo Wi Ben, dan Marlina Si Pembunuh Empat Babak. Tapi itu cuma beberapa di antara deretan film yang masuk nominasi Popcon Award 2018.

Tapi rasanya kurang afdol ya kalau cuma mengadakan penghargaan buat film panjang saja. Yup, film pendek karya anak bangsa juga bakal kembali jadi sorotan di Popcon Awards.

PopCon Awards 2017

Di sektor film pendek, PopCon sudah menyiapkan 3 kategori penghargaan: Rising Filmmaker, Memorable Character, dan Outstanding Web-Series. Yang hobi mantengin film pendek Indonesia pasti tahu nih beberapa film yang layak dapat tempat di nominasi Popcon Award.

Khusus untuk penghargaan film dan web-series, Popcon memilih beberapa kurator yang sudah berpengalaman dalam mengamati perkembangan perfilman Indonesia. Mereka adalah Adrian Jonathan Pasaribu (pendiri Cinema Poetica), Stephany Josephine (Blogger thefreakyteppy) dan Candra Aditya (pengulas yang terkenal jeli dalam mengamati detail-detail kecil dalam film).

Perayaan industri perfilman Indonesia pun bakal semakin lengkap dengan banyaknya konten bertemakan film di Popcon Asia 2018. Kabarnya, nanti bakal ada diskusi panel pemeran Foxtrot Six yang bakal tayang di awal tahun 2019, serta peluncuran teaser trailer perdana dari film Dreadout (film live-action dari game karya anak bangsa). Generasi millennial kayak kamu juga bakal dimanjakan sama kehadiran pemeran Generasi Micin Vs Kevin, dan Dear Nathan: Hello Salma.

PopCon Award 2017

“Daritadi yang dibahas film terus. Penghargaan buat game dan komik Indonesianya mana?”

Tenang… toh game dan komik termasuk budaya populer ‘kan? PopCon Awards 2018 juga bakal mempersembahkan penghargaan di ranah game dan komik. Ada 3 kategori penghargaan game, yakni Online Game of the Year, Rising Online Game of the Year, dan Boarding Game of the Year. Khusus untuk boarding game, ini adalah kali pertama Popcon Awards memasukkan permainan papan ke dalam kategori penghargaan.

Sementara itu di sektor komik, PopCon sudah menyiapkan 4 kategori penghargaan; Webtoon of the Year, Comic of the Year, Comic Story of the Year, Comic Art of the Year. Hmm… jadi penasaran, kira-kira judul game dan komik apa saja ya yang bakal masuk nominasinya?

Supaya tahu lebih jelas, mending langsung datang ke PopCon Asia 2018 di ICE BSD Tangerang, tanggal 22-23 September. Eh, tapi kamu nggak bisa nyelonong masuk gitu aja. Harus punya tiket! Belinya di sini nih.

Komentar:

Komentar