Percaya Gak, Ternyata Manusia Biasa Seperti Kita Juga Mempunyai Kekuatan Super, Lho!

Emang apa aja ya? Yuk, intip di sini

Meski bukan superhero seperti Wolverine, Deadpool, Superman, atau Flash, ternyata kita juga mempunyai kekuatan super, lho. Nggak salah kalau ada yang menyebut bahwa manusia merupakan makhluk paling sempurna yang pernah diciptakan. Masih banyak kemampuan dari kita yang bahkan kita sendiri mungkin tidak menyadarinya. Entah itu besarnya kapasitas otak, kuatnya tulang manusia, atau luas keseluruhan dari paru-paru manusia.

Buat kamu yang nggak tahu seberapa menakjubkannya tubuh kita, ini dia beberapa fakta yang harus kamu ketahui.

1. Kapasitas penyimpanan otak kita mencapai 1 petabyte atau 1000 terabyte

via tedxvienna.at

Hasil penelitian dari Texas University menunjukkan bahwa satu sinaps (jarak antar sel neuron), mempunyai kapasitas penyimpana sebesar 4,7 bits. Kalau dihitung keseluruhan sinaps yang ada di otak, kira-kira kapasitas memori otak kita dapat mencapai 1 petabyte (1000 terabyte)! Apabila mampu memaksimalkan kinerja otak, bukan tidak mungkin kita bisa menjadi seperti Iron Man, Hank Pym, atau Mr. Fantastic.

2. Tulang manusia beberapa kali lebih keras jika dibandingkan dengan beton

via brightside.me

Tulang manusia yang terdiri dari beberapa material seperti 60% kalsium hidroksilapatit dan kolagen menyebabkan struktur tulang lebih kuat dan lebih keras daripada beton. Selain itu, kandungan kolagen yang ada di dalam tulang juga membuatnya lebih elastis daripada beton. Jadi kamu nggak perlu menanam tulang adamantium seperti Wolverine kalau ingin tulangmu lebih keras dari beton, karena memang sudah keras.

3. Luas total paru-paru manusia setara dengan lapangan tenis

via East News, pixabay.com

Apabila paru-paru kita yang terdiri dari 700 juta alveoli diakumulasikan, luasnya ternyata bisa sama dengan luas lapangan tenis, lho! Hal ini disebabkan karena alveolus mempunyai diameter rata-rata sebesar 200 micrometer, dan ketika bernafas, ukuran diameternya bisa lebih besar lagi. Wah, ukuran segede itu ternyata muat ya di tubuh kita. Nah, kamu tidak perlu memelarkan diri seperti Mr. Fantastic karena organ tubuhmu sendiri kalau dimelarkan luasnya bisa sampai segitu.

4. Manusia memiliki lebih dari 5 indra

Via depositphotos.com

Fakta yang selama ini kita ketahui adalah manusia memiliki 5 indra, yaitu indra pengecap, penglihatan, peraba, pendengaran, dan penciuman. Akan tetapi, manusia ternyata memiliki lebih dari 5 indra, lho. Bukan indra keenam yang bisa melihat atau merasakan ‘itu’, melainkan beberapa diantaranya adalah indra merasakan waktu, thermoception (suhu), equilibrioception (keseimbangan), dan proprioception (mengetahui posisi anggota tubuh sendiri). Berkat indra yang terakhir itu juga yang membuat kita bisa mengetahui lokasi hidung meski menutup mata. Mirip-mirip sama Daredevil yang bisa mengetahui posisi musuh meski dia sendiri tunanetra, ya.

Masih ada fakta yang lebih keren di halaman selanjutnya.

Komentar:

Komentar