Mobil Kamu Mesti Dibenerin kalau Pake Airbag Ini, Coba Cek Dulu Guys!

Ini penting banget, menyangkut keselamatan soalnya

Keselamatan adalah hal yang paling penting ketika kamu berkendara, bukan? Oleh karena itu, banyak produsen mobil yang melengkapi mobil-mobil buatannya dengan fasilitas airbag atau kantung udara. Syukur deh kalau mobil kamu dilengkapi airbag, soalnya alat ini berguna banget buat melindungi kepala dan leher kamu saat terjadi kecelakaan.

Tapi, apa jadinya kalau airbag mobil tiba-tiba mengembang saat kamu tengah mengemudi? Udah jelas pandangan kamu bakal terhalang, dan hal ini bisa berakibat fatal. Nah, kasus kecelakaan akibat airbag yang tiba-tiba mengembang lagi ramai diperbincangkan belakangan ini, khususnya mobil yang pakai airbag buatan perusahaan perangkat mobil asal Jepang, Takata.

via abcnews.go.com

Takata sendiri telah memproduksi kantong udara untuk mobil-mobil ternama. Namun, terdapat keganjilan pada airbag buatan Takata. Kabar yang beredar menyebutkan lebih dari seratus orang di seluruh dunia menjadi korban kecelakaan akibat airbag Takata yang mengembang tiba-tiba.

Untungnya, beberapa perusahaan mobil asal Jepang yang menggunakan airbag Takata yaitu Honda, Toyota, dan Mazda sudah menyatakan penarikan kendaraan yang jumlahnya mencapai 3,3 juta unit pada tahun 2013 silam.

Penarikan kendaraan secara besar-besaran tersebut ternyata mencuri perhatian Amerika yang juga jadi salah satu wilayah pemasaran produk Takata. Akhirnya, Takata dan lembaga yang mengurusi keselamatan lalu lintas di Amerika (NHTSA) pun sepakat buat narik inflator yang beredar di pasaran, juga yang sudah terpasang di badan mobil. Jumlah penarikan inflator Takata yang sudah dilakukan di Amerika mencapai 100 juta unit.

via bartbernard.com

Nah, dari sini kita bisa liat ternyata banyak banget merek mobil yang pake kantung udara buatan Takata. Untuk memberi informasi tentang kendaraan yang menggunakan produknya, Takata menyediakan tautan dalam situsnya supaya pemilik mobil bisa tahu apakah mobil mereka termasuk dalam tahun produksi sebagai pengguna kantung udara Takata. Takata juga menyampaikan permintaan maaf kepada semua pihak terkait masalah tersebut.

“Takata Corporation memohon maaf karena menyita perhatian publik dan atas ketidaknyamanan akibat inflator kami. Bagi para pemilik mobil di Amerika Serikat, kami menganjurkan Anda mengecek situs NHTSA untuk memastikan apakah mobil Anda perlu perbaikan terkait masalah ini,” demikian pernyataan Takata yang dikutip dari laman Kompas.

Informasi di situs NHTSA menyebutkan merek-merek mobil selain Honda, Toyota, dan Mazda yang butuh perbaikan karena menggunakan airbag Takata. Merek-merek tersebut yaitu Mercedes-Benz, BMW, Audi, Ferrari, Ford, Cadillac, Chevrolet, Chrysler, Dodge, MINI, Mitsubishi, Nissan, Tesla, Subaru, FIAT, Hyundai, Smart, Suzuki, Volkswagen, Volvo, dan masih banyak lagi. Sebagian mobil dan motor merek tersebut mencakup produksi tahun lama, soalnya memang udah sejak lama pula Takata membuat dan menyuplai kantung udara untuk merek mobil ternama, yakni dari tahun 1987.

Sekadar ngingetin nih, walaupun data itu didapat dari mobil yang terdapat di Amerika, coba cek lagi perangkat kantung udara mobil kamu, dan juga kunjungi situs Takata untuk informasi selengkapnya. Utamakan keselamatan dalam berkendara ya guys, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share ke temen-temen kamu.

Komentar:

Komentar