Leker Pak Paimo, Inovasi Kuliner dari Semarang yang Tembus Pasar Internasional

Sudah pernah coba belum?

via suara.com

Leker merupakan jajanan yang biasa dijajakan di pinggir jalan. Pelanggan leker umumnya adalah anak sekolah karena harga leker yang terjangkau. Namun, siapa menyangka kalau leker juga bisa ‘naik kelas’ lewat sentuhan inovasi?

Di tangan Pak Paimo, leker bisa menjadi jajanan yang membuka peluang sukses. Leker Pak Paimo yang berlokasi di Semarang sudah memiliki banyak pelanggan dari luar kota. Bahkan, pria yang berjualan leker sejak tahun 1978 ini sudah mengimpor leker buatannya ke luar negeri, seperti Singapura, Australia, dan Amerika.

Umumnya, jajanan yang terbuat dari adonan tepung terigu, gula, susu, dan air ini punya dua varian rasa manis yakni coklat dan pisang. Tapi, Pak Paimo berinovasi menambah berbagai varian rasa agar lekernya berbeda dari pedagang lain dan supaya pelanggan setianya merasa bosan. 

Sampai sekarang tercatat leker Pak Paimo punya 25 varian rasa. Mulai dari yang manis seperti pisang karamel dan keju jagung manis, sampai rasa asin dan pedas seperti sosis mozarella, telur keju, dan telur sosis tuna. Hmm… kedengarannya lezat kan?

via hipwee.com

Dalam menciptakan inovasi rasa, Pak Paimo punya strategi khusus yang terbukti ampuh. Biasanya Pak Paimo akan bereksperimen di malam hari setelah sepulang dari kedai. Kemudian ia memberikan sampel varian rasa leker baru pada pelanggannya secara gratis dan mendengarkan pendapat mereka.

Gagal dalam inovasi rasa juga dirasakan oleh Pak Paimo. Ia mengaku tidak semua varian rasa leker buatannya bisa dijual. Bukan karena rasanya tidak enak atau tidak disukai konsumen, tapi karena harga jualnya yang terlalu mahal bagi konsumennya.

Penasaran dengan rasa leker Pak Paimo yang legendaris? Kamu bisa langsung mengunjungi lapak Pak Paimo yang ada di Jl. karanganyar No.37, Semarang.

“Salah satu streetfood paling awal dan paling terkenal di Semarang, sebelum makanan hits sekarang ala2 pake mozarella lekker paimo sudah memulainya.”

Alfian Herdi Feisal – Pelanggan Leker Paimo (sumber)

“Must try”

Norma Fika – Pelanggan Leker Paimo (sumber)

Kamu yang ingin sukses membuka usaha layaknya Pak Paimo juga bisa meniru strategi sukses ala Pak Paimo lho. Strategi utama yang dilakukan Pak Paimo adalah berinovasi dan beradaptasi dengan keinginan atau selera konsumen. Dalam dunia bisnis, strategi ini termasuk dalam design scrum. Apa itu design scrum? Kamu bisa mempelajari selengkapnya di sini.

Komentar:

Komentar