Katanya Sih Orang Pintar Lebih Susah Buat Lulus Ujian SIM, Emang Iya?

Penasaran karena gagal melulu pas tes mengemudi? Mungkin kamu terlalu pintar!

Buat kamu yang bentar lagi ngerayain ulang tahun ke-17 dan udah dijanjiin kado mobil pribadi sama orang tua kamu, pasti udah gak sabar buat bisa nyetir sendiri. Kebayang kan serunya bisa bawa mobil terus jalan-jalan ke luar kota sendirian? Serunya bisa nyetir mobil sendiri adalah selain kamu bisa bebas milih rute perjalanan yang kamu mau, kamu juga bisa bebas nyanyiin lagu favorit kamu tanpa diprotes siapa pun. Tapi sebelum kamu tancap gas, kamu harus lulus ujian mengendarai kendaraan dulu yang diadain sama Kepolisian Republik Indonesia. Ujian ini harus kamu laluin biar kamu dapetin yang namanya Surat Izin Mengemudi (SIM). Nah ngomong-ngomong soal ujian SIM, konon orang yang punya tingkat kepintaran tinggi lebih susah buat lulus ujian SIM loh, kenapa ya? Baca ulasannya di bawah ini deh biar gak penasaran.

Kepintaran Bukan Penentu Utama Lulus Ujian SIM

Via: quickmeme.com

Lolos ujian tes mengemudi dan dapetin SIM adalah kebanggaan buat anak muda jaman sekarang. Soalnya selain karena ujian SIM sekarang tuh susah banget buat dilaluin, berhasil dapetin SIM juga kayak simbol kalau kamu udah sah jadi orang dewasa. Tapi kamu tahu gak kalau penelitian yang dilakuin sama Privilege DriveXpert nunjukin sebuah fakta yang mengejutkan soal orang-orang yang ikut ujian mengemudi ini? Lewat 1564 responden yang disurvey secara acak, dihasilkan satu kesimpulan kalau orang dengan kemampuan akademis yang tinggi cenderung lebih mudah buat gagal lulus ujian daripada orang dengan kemampuan akademis yang lebih rendah. Selain itu penelitian ini juga nunjukin kalau sebanyak 59% peserta ujian yang gak punya kualifikasi pendidikan apapun, lulus ujian mengemudi pada tes pertama mereka, sementara prosentase peserta ujian lulusan perguruan tinggi yang lulus cuma ada di angka 47%. Wah kok bisa gitu ya?

Jadi setelah dianalisis secara mendalam, ujian mengemudi terdiri dari dua tahapan yakni tes pengetahuan dan tes praktik. Nah buat kamu-kamu yang termasuk golongan manusia dengan kemampuan akademis tinggi, biasanya dengan gampang bisa lulus ujian yang bagian tes pengetahuan. Tapi begitu masuk ke tes praktik, kalian jadi kelabakan karena terlalu ribet mikirin semua teori di buku buat diaplikasiin ke praktik. Intinya kalian jadi nganalisis berlebihan deh! Bisa jadi sebelum mobil yang kalian kendarain nyala aja, kalian udah terlalu sibuk mikirin rem tangan dimana, kopling dimana, gas dimana, niatnya mau ganti gigi jadinya ngegas. Ya ambyar! Sementara itu orang dengan kemampuan akademis lebih rendah biasanya lebih selow ngejalanin tes ini. Mereka gak banyak analisis ketika harus nyoba ngendarain mobil pas tes praktik lapangan. Hasilnya mereka jadi lebih kalem pas tes dan bisa lulus dengan lebih gampang.

Seleb-Seleb yang Gagal Di Ujian Mengemudi Mereka

Kalau kamu udah ngebet buat bisa bawa mobil sendiri tapi belum lulus ujian sampai sekarang, kamu bisa ngerasa tenang karena kamu gak sendirian. Seleb-seleb Hollywood ini juga ngalamin hal yang sama dengan kamu loh. Let’s check it out!

Jaden Smith

Jaden Smith yang terkenal lewat film The Karate Kid sempet marah-marah di Instagram pas dia dinyatain gak lulus ujian mengemudi. Tenang Jaden, mungkin kamu perlu lebih sabar pas ikut ujiannya.

Austin Mahone

Via: Twitter.com

Artis muda yang lagi mentereng ini juga salah satu seleb Hollywood yang gagal lulus ujian mengemudi. Setelah sibuk koar-koar minta doa ke fans-nya di Twitter supaya ujian dia dilancarin, ga lama dia update status di Twitter kalau dia gak lulus ujian. Gak cuma sekali, tapi Austin ngambil ujian yang sama di hari yang sama dan hasilnya juga sama-sama gagal. Bikin fans deg-degan aja deh si Austin ini.

Meghan Trainor

Via: Twitter.com

Cewek berbakat yang nge-hits lewat single All About That Bass ini juga bernasib sama denga Jaden dan Austin. Bedanya pas Meghan ngambil tes buat yang kedua kali, Meghan akhirnya berhasil lulus dan dapetin driver’s lisence yang dia idam-idamin. Wihhhhhh … selamat ya Meghan!

 

Ternyata dapetin SIM itu gak segampang yang kita pikirin ya? Bahkan seleb-seleb yang dikenal jenius aja banyak yang gagal. Kalau kamu termasuk yang masih belum berhasil dapetin SIM, jangan patah semangat ya! Keep fighting.

 

Komentar:

Komentar