Jangan Sombong! Sekolah di Luar Negeri Nggak Menjamin Kesuksesan Kamu


Apakah setiap orang setelah lulus kuliah dari luar negeri akan terjamin menjadi sukses?

Banyak orang percaya bahwa apabila kita kuliah di luar negeri maka nantinya kita akan mendapatkan masa depan yang cerah. Inilah yang membuat orang Indonesia berlomba-lomba menuntut ilmu hingga ke negeri orang. Para orang tua yang menginginkan anak mereka sukses tidak segan-segan mengeluarkan biaya kuliah yang mahal agar anaknya mendapatkan pendidikan yang tinggi, universitas dengan akreditas baik dan fasilitas yang memadai.

Sayangnya, sejauh apapun kita menuntut ilmu hingga ke luar negeri, tak lagi cukup untuk membuat masa depan sejahtera, kalo hal-hal ini aja terlewat:

1. Karakter adalah hal yang pertama kali dilihat dari dirimu

kuliah 1

Hal pertama yang akan dilihat dari diri kita adalah karakter. Di saat kita tak punya apa-apa, karakterlah yang masih tetap ada pada diri kita sampai kapanpun dan akan selalu kita pegang teguh. Untuk itu, bangunlah karakter yang baik di lingkungan sekitar kita.

2. Aktif dalam berbagai kegiatan organisasi juga dapat menentukan kesuksesan

kuliah 3

Tidak dipungkiri jika IPK tinggi memang dibutuhkan ketika kuliah. Tapi, terkadang IPK tinggi juga tidak dapat menentukan apakah kita bisa sukses atau tidak nantinya. Kegiatan non akademis sangat diperlukan, misalnya aktif di berbagai kegiatan atau organisasi. Aktif dalam berbagai kegiatan bisa membuat kamu mendapatkan banyak pengalaman yang nantinya bisa kamu terapkan di dunia kerja.

3. Banyak orang tidak kuliah di luar negeri tapi bisa sukses

kuliah 5

Di dunia ini banyak sekali orang yang sukses meski dulunya tidak pernah mengenyam pendidikan yang tinggi. Untuk meraih kesuksesannya, mereka selalu mencoba dan tanpa pernah menyerah setiap kali menghadapi rintangan. Kini mereka mampu membuktikan jika sukses itu tidak berdasarkan pendidikan yang tinggi.

4. Jaringan yang luas bisa kamu dapat asalkan kamu aktif dalam kegiatan organisasi

kuliah 4

Jaringan yang luas juga bisa di dapatkan melalui berbagai kegiatan organisasi. Jaringan yang luas ini terkadang mampu menentukan masa depan kita nantinya. Untuk mendapatkan masa depan yang cerah, banyaklah mengenal orang disekitarmu dan aktiflah dalam setiap organisasi.

5. Cara kamu mengambil sikap ketika menghadapi masalah akan menjadi perhitungan

kuliah 2

Jika ingin mencapai sebuah kesuksesan, maka kita harus melewati berbagai rintangan yang siap mengagalkan kita. Ketika menghadapi permasalahan, kita di tuntut untuk memiliki sikap yang sigap. Bersikap panik dan tidak tenang ketika menghadapi masalah dapat merusak semua yang telah di bangun selama ini.

6. Setelah lulus kuliah, harus tahu tujuan hidup kita

kuliah 6

Lulus kuliah S1 sampai S3 dari luar negeri belum menjamin nantinya kita bisa langsung sukses. Yang terpenting adalah kita harus tahu dulu apa tujuan hidup kita setelah lulus. Jika sudah tahu tujuan hidup, barulah kita bisa mencapai kesuksesan.

Nah, apakah kamu masih yakin jika lulus kuliah dari luar negeri akan menjanjikan sebuah kesuksesan? Intinya, sukses itu tidak berdasarkan pendidikan yang tinggi dan mahal.

Sumber : http://www.idntimes.com

Komentar:

Komentar