Ini Lho Alasan Kenapa Menangis Justru Membuat Emosimu Sehat


Menangis itu sama dengan cengeng. Sepertinya anggapan itu terlalu kuno ya? Menangis adalah luapan emosi yang nggak melulu berkaitan dengan kesedihan atau kesusahan. Faktanya kamu bisa menangis karena bahagia, terkejut atau bahkan marah kan? Mungkin nenek moyang kita dulu sering melarang anaknya untuk menangis dengan alasan menangis itu membuat jiwa lemah, alhasil sampai sekarang pun image menangis pun jadi buruk.

Padahal secara psikologis, justru menangis bisa membuat emosi kita lebih stabil dan psikis kita jauh lebih sehat lho. Percaya deh, orang yang bisa meluapkan emosinya dengan menangis tanpa berusaha menahannya terbukti punya kesehatan mental yang lebih baik. Ini alasannya.

1. Menangis adalah simbol perasaan seseorang

 

via battinn.com
via battinn.com

 

Menangis adalah simbol perasaan suka, senang, sedih, kecewa, marah dan lain-lain. Menangis gak melulu identik dengan sedih aja. Ada banyak perasaan yang akan terwakilkan dengan menangis. Dan tentu orang yang bisa mengungkapkan perasaannya teruji memiliki mental yang lebih baik.

 

2. Perasaan yang terungkap akan membuat jiwa lebih sehat

 

via sikerok.com
via sikerok.com

 

Gak semua orang bisa mengingkapkan apa yang dirasakannya. Bahkan ada beberapa orang yang memilih untuk memendam. Padahal memendam perasaan apapun akan berakibat buruk bagi kesehatan fisik maupun psikis. Maka, menangislah jika kamu memang ingin menangis. Perasaanmu akan jauh lebih lega setelah berhasil menitikkan air mata.

3. Air mata bisa membersihkan hati dari rasa marah, stress, dan kecewa

 

via vemale.com
via vemale.com

 

Air mata yang keluar ternyata bisa membersihkan hati dari perasaan-perasaan buruk. Menangis bukanlah pertanda lemah. Sebaliknya, orang yang sering menahan tangis akan berjiwa lemah lantaran lebih cepat marah dan stress.

4. Dengan menangis, racun dan bakteri di tubuhmu juga ikut keluar

 

via sejutamakna.com
via sejutamakna.com

 

Salah satu manfaat menangis adalah mampu mengeluarkan racun dan bakteri di dalam tubuh. Bakteri yang ada didalam tubuh bisa diberantas hingga 90% setelah menangis. Selain itu, menangis ternyata juga bermanfaat untuk memperbaiki penglihatan lho.

5. Menangis membuat otak melepaskan hormon endorphin dengan tuntas

 

via liputan6.com
via liputan6.com

 

Dalam studi psikologi terbaru, terungkap bahwa dengan menangis otak lebih mudah untuk melepaskan hormon endorphin. Hormon endorphin yang dilepaskan dengan mudah akan membuat tubuh mudah untuk membunuh rasa sakit secara alami. Gak cuma itu, kadar kimia dan mangan yang ada di otak juga mudah dilepas dengan sempurna.

6. Menunjukkan kesedihan jauh lebih baik ketimbang memendamnya

 

via thepasarwajonews.com
via thepasarwajonews.com

 

Memendam kesedihan sama saja dengan membiarkan diri sendiri terluka jauh lebih lama. Kamu yang sedang dilanda rasa sedih atau marah, lebih baik melampiaskannya dengan menangis ketimbang memendam sementara untuk melampiaskan dengan hal lain yang berakibat buruk.

 

7. Orang yang bisa menangis lebih mampu menyelesaikan masalahnya sendiri

 

via tips-cewek.com
via tips-cewek.com

 

Dan terakhir, ternyata menangis juga membuat seseorang lebih jeli dalam melihat masalahnya sendiri. Efeknya kamu bisa menyelesaikan masalah dengan tuntas karena mampu berpikir dengan jernih. So, masih mau nahan air mata demi gengsi?

 

Komentar:

Komentar