Fresh Graduated Masuk: Nih 5 Tips Sukses Berkarir Meski dari Nol!


Melihat kesuksesan orang di usia muda pasti bikin kamu iri kan? Faktanya banyak anak muda sekarang yang udah berhasil meraih suksesnya meskipun masih belia. Tapi tentu butuh perjuangan berat buat mendapatkan itu semua, dan itu yang nggak kita tahu. Kita cuma lihat hasil akhirnya aja tanpa melihat perjuangan yang dia lakukan di waktu-waktu sebelumnya.

Nah buat kamu yang baru aja lulus kuliah dan masih bingung memulai karir, mungkin tips-tips berikut ini bisa membantu.

1. Tentukan pilihan karirmu sedini mungkin

via blog.jobsmart.co.id
via blog.jobsmart.co.id

Kebanyakan fresh graduated masih bingung menyusun langkah karirnya sendiri. Masih bingung akan melangkah kemana setelah lulus kuliah. Padahal pilihan karir itu seharusnya udah mulai bisa ditentukan sedini mungkin lho, bahkan sebelum kamu memutuskan untuk memilih jurusan apa. Tapi semuanya belum terlambat, segera tentukan karir masa depanmu mulai detik ini dan jangan tunda lagi. Berpikir kreatif untuk menentukan dan menyusun langkah ke depan guna mencapai karir yang gemilang.

 

2. Mengembangkan karir selangkah demi selangkah

via toptipspot.blogspot.com
via toptipspot.blogspot.com

Setelah kamu tahu akan berkarir di bidang apa dan udah terjun di dalamnya, kamu bisa melanjutkan langkah dengan mengembangkan karir tersebut. Temukan berbagai macam ide kreatif untuk mengembangkan diri. Jangan cuma berpikir di dalam kotak aja, tambah pengalaman dengan mengobrol dengan orang-orang diluar zonamu untuk bisa mengembangkan diri jauh lebih baik.

 

3. Konsisten dan profesional

via ciricara.com
via ciricara.com

Kini kamu akan terus berjuang menjadi seorang yang profesional, nggak cuma berkutat di angka nol aja. Tetap konsisten belajar di jalur yang kamu pilih. Seorang profesional nggak akan pernah berhenti menyerah dan merasa puas terhadap apa yang dimiliki sekarang. Kalau ada waktu laung, kamu juga bisa belajar tentang hal lain di luar karirmu untuk lebih membuka wawasan.

 

4. Bertahan di tengah persaingan

via femina.co.id
via femina.co.id

Persaingan kerja maupun bisnis saat ini sangat ketat, untuk itulah butuh mental baja untuk menghadapinya. Persaingan yang ketat jangan malah membuatmu takut, karena disinilah kamu bisa lebih bersemnagat untuk mengembangkan karir yang kamu lakoni. Dalam dunia apapun pasti akan selalu ada persaingan. Jadi hadapi persaingan dengan santai saja dan jangan mengeluh.

 

5. Kembangkan skill

via lifehacker.com
via lifehacker.com

Skill yang mumpuni sangat dibutuhkan saat ini. Kamu bisa memulai mengasah skill yang kamu miliki dan jangan lupa untuk belajar hal-hal baru yang menunjang skill yang kamu punya. Skill adalah modal utama yang kamu punya untuk bisa bertahan dan berkembang di dunia karir menuju kesuksesan.

Komentar:

Komentar