Gimana jika Apex Legends Diadaptasi ke Anime? Mungkin kayak Gini Jadinya

Apex Legends pasti bakal epik jika dibuat jadi anime

Apex Legends, game yang lagi digandrungi banget nih sama para gamer. Bahkan kayaknya game battle royale lain seperti PUBG dan Fortnite lagi ketar-ketir, karena popularitas mereka semakin tergerus sama Apex Legends.

Gegap gempita ramainya Apex Legends memang menyasar banyak orang, nggak terkecuali para penggiat industri kreatif. Beberapa waktu lalu, saya menemukan video Apex Legends yang diolah dengan gaya opening anime. Seperti apa ya kira-kira videonya?

Apex Legends ternyata cocok juga dijadikan anime

Sebagai orang yang menghabiskan minimal lima jam sehari untuk mengakses video di YouTube, saya sudah sering lihat opening anime buatan fans untuk suatu karya visual terkenal. Ada yang bagus, ada pula yang… mmeeeh, biasa aja.

Karena Apex Legends sekarang lagi ramai-ramainya, saya pun berpikir tinggal tunggu waktu saja sampai ada orang yang berkreasi dengan game rilisan EA tersebut. Dan benar saja, seorang editor video bernama Aiden Phan mengunggah video Apex Legends dengan gaya opening anime di akun Twitter miliknya, @Aidensphan.

Idenya itu memang bukan hal yang baru. Tapi tetap saja saya nggak menyangka kalau Apex Legends punya potensi yang bagus kalau dibuat jadi anime. Apalagi video yang dibuat Aiden Phan juga keren punya tuh.

Lihat deh videonya…

Saat saya melihat video tersebut, rasanya seperti tengah menonton opening keempat dari Mobile Suit Gundam Iron-Blooded Orphans. Akun resmi Apex Legends pun membuat retweet video tersebut dengan caption, “This is amazing”.

Dalam video itu sendiri, Aiden memakai bahan dari berbagai potongan video yang ada dalam game Apex Legends. Videonya kemudian dipadukan dengan lagu Shin Sekai dari band asal Jepang, Hello Sleepwalkers. Sebagai informasi, Hello Sleepwalkers memang band yang dekat dengan dunia Anime. Lagu mereka yang berjudul Goya no Machiawase pernah jadi lagu pembuka di anime Noragami.

Kira-kira bagaimana bentuk dan jalan cerita Apex Legends jika dibuat menjadi anime ya?

Game Apex Legends mengangkat kisah 30 tahun setelah apa yang terjadi di game Titanfall 2. Titanfall sendiri berkisah tentang konflik pada eksplorasi di luar bumi. Itu saja sudah bisa jadi bahan yang kuat untuk sebuah anime.

titanfall 2
via cnet.com/Electronic Arts

Saya membayangkan Apex Legends berjalan seperti halnya anime Re:Hamatora. Ia bisa menggabungkan beberapa karakter dengan kemampuan dan latar belakang berbeda, lalu selipkan konflik di antara mereka.

Mungkin cerita awal bisa diangkat dari karakter Wraith yang latar belakang kisahnya, tengah mengungkap jati diri ia yang sebenarnya.

Dan untuk ceritanya, mungkin latar belakang karakter Wraith yang tengah mengungkap jati dirinya bisa dipakai. Apalagi Wraith punya sejarah yang panjang sebagai hasil eksperimen di fasilitas IMC, korporasi yang eksis sejak game Titanfall pertama.

Wraith Apex Legends
Wraith Apex Legends/via gamerevolution.com

Kemudian Wraith bisa dipasangkan dengan Pathfinder yang tengah mencari penciptanya di masa lalu. Mungkin mereka akan berkelana bersama dan menemukan pasangan karakter lainnya, seperti Lifeline dan Mirage yang berangkat dari kepedulian terhadap orang lain. Atau Bangalore dan Gibraltar yang memang berlatar keluarga militer dan orang penting di zaman dulu.

Lalu mereka akhirnya bersatu padu setelah muncul karakter antagonis Caustic yang punya sejarah kelam sebagai ilmuwan gila.

Apakah Apex Legends bisa sukses jika dibuat versi anime?

Berbeda dengan film live-action, lumayan banyak lho anime sukses yang diangkat dari game.  Contohnya saja Pokemon. Anime sejuta umat ini diangkat dari game yang berjudul sama pada tahun 1996. Atau kalau mau ambil contoh yang lebih terkini, ada Valkyria Chronicle dan Fate Stay Night.

Tentu saja aspek penting dan kunci kesuksesan untuk membuat anime yang bagus adalah latar belakang ceritanya. Tapi karena menurut saya game Apex Legends sudah punya aspek tersebut, mari kita beralih ke faktor lain, yakni studio pembuat anime.

Bagi saya, Kamikaze Douga adalah studio yang tepat untuk menangani pembuatan anime Apex Legends. Pengalaman serta kepiawaian mereka terbukti dalam membuat anime sudah terbukti lewat Jojo’s Bizarre Adventure dan Batman Ninja.

Untuk distribusi, Electronic Arts bisa mengambil sendiri peran ini. Saya percaya dengan segudang pengalaman manis dan pahit yang telah dialami membuat Electronic Arts semakin mengerti apa yang dimau penggemar. Dan ini bisa jadi ajang pembuktian bahwa EA juga mampu bersaing di luar industri video game.

Melihat Apex Legends yang datang dengan sangat lengkap, adaptasinya sebagai anime bukan sesuatu yang mustahil. Tapi hey, itu cuma angan-angan dan racauan saya yang bukan siapa-siapa ini. Kalau menurut kamu gimana, apa kamu pengin lihat Apex Legends versi anime?

Komentar:

Komentar