Apa Situs Pertama? Siapa Pengirim Email Pertama? Barang Apa Yang Terjual Pertama di Internet?


Seberapa besar ketergantunganmu terhadap internet? Buat kaum urban, terlebih generasi milenial, kita nggak bisa dilepaskan dari yang namanya internet. Entah itu untuk mengakses situs-situs hiburan macam Selipan, mengakses media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Path, mengirim email, melihat-lihat iklan di suatu situs, transaksi di toko online, atau bahkan menuliskan sesuatu di blog pribadi.

Tapi, di dunia ini pasti ada yang mengawali kemunculan sesuatu untuk pertama kalinya. Termasuk 6 kegiatan yang sudah disebutkan di atas. Pernah nggak sih kamu kepikiran kira-kira apa sih situs pertama kali? Siapa pengirim email pertama kali? Barang apa yang terjual pertama kali di dunia maya? Jangan cuma tinggal pake aja, kalau bisa tahu sejarahnya juga.

Daripada penasaran yuk langsung cari tahu.

1. Situs pertama – TheProject.html

via techno.id

Situs pertama kali yang beralamatkan di http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html ini diluncurkan pada tanggal 6 Agustus 1991. Isi dari situs ini memuat detail mengenai World Wide Web (WWW). Mulai dari penjelasan, bantuan, produk, bibliografi, orang yang terlibat dalam pembuatan WWW, sampai sejarah dari WWW itu sendiri. Situs tersebut masih bisa kamu akses kok sampai saat ini.

2. Media sosial pertama – Geocities

via gizmodo.com

Untuk media sosial pertama bukanlah Myspace, Friendster, apalagi Facebook, melainkan situs bernama Geocities. Situs yang dibuat pada tahun 1994 ini awalnya digunakan untuk menyimpan data-data website, belum dapat digunakan untuk berinteraksi antar pengguna. Namun, kemunculan dari Geocities ini menginspirasi munculnya situs bernama TheGlobe.com pada tahun 1995. Di situs ini para pengguna sudah bisa saling berinteraksi satu sama lain.

3. Pengirim email pertama – Ray Tomlinson

via hashtagarabi.com

Pria yang bernama lengkap Raymond Samuel Tomlinson ini adalah salah satu programmer asal Amerika yang mengimplementasikan program email pertama di sistem ARPANET, pendahulu Internet pada tahun 1971. Bahkan dia sendiri yang mengirimkan email berisi QWERTYUIOP untuk pertama kalinya dan mengenalkan simbol @ sebagai ciri khas email.

Masih ada 3 fakta lainnya di halaman selanjutnya.

Komentar:

Komentar