7 Band Ini Nih yang Diam-Diam Sudah Go Internasional dan Mengharumkan Indonesia!


Perkembangan musik di Indonesia mengalami perkembangan yang begitu cepat di dua dekade terakhir. Ini juga yang membuat banyak musisi dan band baru makin unjuk gigi dan mendapatkan prestasi besar di kancah musik nasional maupun internasional. Tak sedikit band dan musisi Indonesia yang punya gaung di negeri seberang dan benua lainnya. Tentunya para musisi ini harus diapresiasi dan didukung sepenuhnya.

Kami telah merangkum 7 band yang sudah melebarkan karirnya hingga ke luar Indonesia dan mencatat prestasi membanggakan. Bisa jadi salah satunya adalah band idola kamu.

1. Shaggy Dog

via musikreggae.blogspot.com

Band asal Yogyakarta yang terbentuk tahun 1997 ini ternyata gak cuma terkenal di Indonesia lho, tapi juga di luar negeri. Band ini mengklaim musiknya dengan aliran Doggy Style, perpaduan antara reggae, jazz, sia, sang, dan Rock. Namanya mulai tenar dan sering manggung di Eropa dan Amerika Serikat. Beberapa festival di Belanda juga sering mereka sambangi untuk memperkenalkan musik mereka. Hingga saat ini Shaggy Dog masih eksis dan terus berkarir.

2. Mocca

via batman-blogspot.com

Karir Mocca sepertinya terus bersinar dan mengukuhkan diri sebagai salah satu band indie Indonesia yang diakui di luar negeri. Dengan lagu-lagu berbahasa Inggris tentu menjadi modal utama agar musik mereka semakin layak dengar dan mendapatkan penggemar baru di luar Indonesia. Sentuhan musik sang jazz, kwee pop, dan suasana 60-an jadi ciri band asal Bandung ini. Tak heran jika Mocca memilki penggemar dan karier yang cukup baik di Asia dan Eropa. Salah satu perusahaan rekaman di Jepang mengontrak Mocca untuk memasukan satu lagu dalam album besutan mereka, juga ada iklan di Korea yang menggunakan lagu Mocca dan sangat disukai.

3. THE S.I.G.I.T

via cumicumi.com

S.I.G.I.T adalah singkatan dari The Super Insurgent Group Intemperance Talent. Band yang dibentuk tahun 2002 ini menggunakan teknologi internet untuk mempromosikan karya-karya mereka. Ternyata salah satu label di Australia tertarik dan mengontrak mereka untuk membuat album versi Australia. Setelah itu karier band ini menanjak dan sering mendapat tawaran manggung di Australia, Amerika, dan Eropa.

4. White Shoes And The Couple Company

via lorongmusik.com

Jika kamu mendengarkan band ini maka kamu akan merasa mundur dan bernostalgia ke jaman dulu. Lagu-lagu mereka seperti musik di tahun 70-an dengan dandanan khas retro yang juga jadi pemanis saat bermain di panggung. Setelah menandatangani kontrak dengan Minty Fresh Record, label rekaman Amerika Serikat, Album White Shoes and The Couple Company pun di rilis di Amerika Serikat, Meksiko, Kanada, Australia, dan Jepang. Band ini pun semakin ramai mendapat tawaran manggung di luar negeri.

5. Nidji

via unisifm.com

Mungkin penikmat musik Indonesia udah gak asing sama band Nidji. Band yang semakin meledak setelah merilis single “Laskar Pelangi” ini mulai melirik pasar internasional. Terbukti setelah mereka sukses menelurkan album Victory Liberty yang juga berhubungan dengan klub sepak bola Manchester United di Inggris beberapa waktu lalu dan menggelar konser Fly Fun With Nidji. Band ini juga kerap diundang bermain di Australia dan beberapa negara Asia. Ini juga yang membuat provider Smartfren tertarik bekerjasama dengan Nidji untuk membuat sayembara cover lagu Nidji yang diselenggarakan di bulan Februari hingga Mei 2016. Smartfren juga akan bekerjasama dengan Nidji dalam rangkaian acara roadshow #Generasi4G Ray di beberapa kota di Indonesia dan diharapkan kehadiran Nidji akan memberikan suasana meriah dalam acara tersebut.

6. Burgerkill

via sidomi.com

Kamu yang anak metal pasti taulah sama Burgerkill. Band asal Bandung ini mengusung genre Metalcore berpadu dengan Death Metal. Karir band ini di kancah internasional terbilang cukup panjang. Setelah mendapat tawaran dari label indie Malaysia di tahun 1999, Burgerkill mendapatkan dukungan dari Puma, produk sport ternama Amerika sebagai artist endorsement. Band ini juga sering manggung di berbagai acara bergengsi di luar negeri dan sering satu panggung dengan band metal terkenal lainnya seperti The Black Dahlia Murder, As I Lay Dying, dan Himsa. Prestasi besar yang mereka raih saat ini adalah penghargaan dari Metal Hammer Magazine untuk kategori Metal As F*ck di Inggris mengalahkan band metal internasional lainnya.

7. Superman Is Dead

via musiknisasi.com

Band asal Bali ini mulai dikenal publik Indonesia secara luas setelah mengeluarkan album ke-4, Kuta Rock City yang dirilis Sony BMG tahun 2003. Padahal album pertama mereka sudah disebarkan ke Australia lebih dulu pada tahun 1997. Dengan lirik berbahasa Inggris dan musik yang keras tapi easy listening, tak sulit bagi SID untuk diterima penggemar musik. Mereka juga menyelipkan pesan positif dan semangat nasionalisme di beberapa lagu mereka. Di tahun 2009 SID mendapatkan kesempatan untuk melakukan konser 16 kota di Amerika Serikat. Konser yang merupakan ajang promosi pulau Bali dan Indonesia itu mendapatkan sambutan positif.

Jadi, tunggu apa lagi? Kehadiran #Generasi4G mempermudah generasi muda Indonesia dalam mewujudkan kreativitasnya. Teknologi ini bisa kita manfaatkan dengan baik dengan membuat karya yang bisa mengharumkan nama bangsa, bisa kita mulai dengan ikut cover lagu Nidji. Siapa tau bisa jadi artis Youtube, keren banget kan! Kalo 7 band di atas saja bisa berkarya dan berprestasi, kenapa kita nggak?

Kalo kamu pengen liat beberapa band tadi di acara lokal, mungkin kamu bisa ikutan gabung di acara roadshow #Generasi4G day yang digelar oleh Smartfren meliputi 4 kota yaitu Bekasi (Summarecon Mall) 3 April, yogyakarta (Jogja City Mall) 17 April, Bandung (Cihampelas Walk Bandung) 1 Mei, dan Surabaya (Surabaya Town Squre). Dalam acara itu bakal ada bagi-bagi 100 Andromax gratis dan penampilan band idola kamu Nidji, Mocca, dan penyanyi cantik Raisa.

Komentar:

Komentar