16 Perbedaan “Barang Andalan” Generasi 90an dan Sekarang


Ada dua hal yang pasti di dunia ini: (1) setiap generasi memiliki perbedaan yang signifikan dari generasi sebelumnya berkat perkembangan teknologi dan sosial, dan (2) generasi 90an hobi banget nostalgia soal masa lalu.

Inilah 16 hal yang membedakan generasi 90an dengan generasi sekarang:

1. Internet dan Google belum merajai dunia

Kalau sekarang mau mencari jawaban dari pertanyaan “Disebut apakah proses tanaman membuat makanan dari cahaya matahari?” hanya membutuhkan waktu beberapa detik, dulu kita harus membaca buku biologi atau ensiklopedia secara seksama dulu. (Jawaban: fotosintesis, lah!)

 

 

2. “Kerja Sama” via kertas

Bagian gugup menunggu guru membelakangi kita mungkin sama, tapi yang tidak sama adalah mediumnya. Kalau sekarang tinggal cek ponsel masing-masing, dulu kita harus lebih memutar otak supaya suara gemerisik kertas yang dipindahtangankan tidak terdengar, dan gerakan kita tidak mencurigakan.

 

3. Kamera film

Berapa kali kamu selfie atau ambil foto makanan kamu sebelum diunggah ke Instagram–puluhan? Ratusan? Dulu sih mana ada! Foto masih dianggap sesuatu yang sakral dan hanya dibuat di momen-momen tertentu, karena harus dicetak dari film yang membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

 

4. Floppy disk

Berapa kapasitas flash drive produksi baru yang paling kecil? 2GB? 4GB? Bayangkan disket yang dulu kita gunakan, kapasitasnya hanya 720kb. Anak sekolah zaman sekarang mungkin bahkan tidak mengenali benda apa yang mereka klik ikonnya ketika mencoba menyimpan dokumen mereka.

5. VHS

Jauh sekali dari streaming, DVD, dan bahkan VCD, dulu kita menggunakan VHS untuk menonton film-film favorit kita.

 

Next yuk!

Komentar:

Komentar