10 Fenomena Alam ini Pernah Terjadi di Indonesia, Lho. Pernah Lihat yang Mana?

Nggak penasaran, nih? Yakin?

6. Super Blue Blood Moon

Awal 2018 kemarin, ada fenomena yang cukup menyita perhatian masyarakat Indonesia. Tiga gabungan fenomena, yaitu gerhana bulan, bulan purnama, dan ketika bulan di posisi terdekat dengan bumi, menghasilkan fenomena super blue blood moon alias bulan merah purnama raksasa.

Hanya saja kemerahan warna bulan ditentukan oleh lokasi. Kalau kamu berada di Jakarta, warna bulannya tidak begitu merah.

via Rony Muharrman/BBC

Akan tetapi di Pekanbaru bisa berwarna merah beneran.

via Rony Muharrman/BBC

Tapi ada juga beberapa daerah yang mendung tertutup awan sehingga nggak keliatan sama sekali. Ada yang kayak gitu? Poor you.

7. Hujan es batu

Hujan yang terjadi ini bukan sekedar hujan air atau es aja, tapi udah berbentuk es batu. Fenomena yang terjadi pada bulan Maret tahun lalu ini sempat ramai dibicarakan di media sosial dan warung kopi terdekat. Nih ada videonya, tapi jangan fokus ke judulnya, ya.

Nggak hanya Jakarta, tahun lalu hujan es sebesar kelingking manusia juga pernah menghampiri Pagaralam pada bulan Juli.

via wawan septiawan/sripoku.com

Tadahi, cemplungkan ke teh, jadi es teh deh.

8. Salju Gunung Semeru

Semua pasti sudah tahu kalau salju di Indonesia hanya ada di puncak Gunung Jayawijaya yang berada di Papua. Akan tetapi, tahukah kamu kalau di Gunung Semeru juga ada salju? Saljunya bukan salju yang halus dan lembut kayak yang ada di film-film, tapi lebih menyerupai es. ‘Salju’ ini bahkan dapat kamu jumpai di ketika bermalam di Ranu Kumbolo.

via wisataseru.com

Kebayang kan kalau kamu nggak bawa perlengkapan yang layak bakal sedingin apa? Bahkan salju yang ini bisa bikin sakit kalau ditimpuk ke orang.

via linda-indrianti.blogspot.co.id

Mau coba?

9. Salju beneran

via oomph.co.id

Kalau yang ini biasanya muncul di soal-soal IPS jaman old. Nggak tahu ya kalau jaman sekarang. Puncak Jayawijaya memang terkenal sebagai satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki salju. Ya wajar sih, habisnya tinggi banget, sih.

Tapi yang disayangkan, salju di Jayawijaya sekarang sudah nggak sebanyak dulu lagi gara-gara pemanasan global. Kira-kira kalau kamu udah punya anak nanti, saljunya bakal masih ada nggak, ya?

10. Bledug Kuwu

via Nuswantoro/Mongabay Indonesia

Pernah dengar? Bledug kuwu merupakan salah satu fenomena alam yang juga menjadi daya tarik wisata di Kuwu, Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Berbeda dengan lumpur yang ada di Sidoarjo karena kecelakaan dan kelalaian manusia, lumpur di sini terjadi secara alami dan bisa meletup-letup.

Menurut Kepala UPTD Obyek Wisata Disporabudpar Kab Grobogan, Sriyono, fenomena yang biasa disebut dengan gunung api lumpur ini bisa terjadi karena cairan sejenis hidrokarbon dan gas metana berusaha mencapai permukaan dan meletup ketika berada di atas. Siapa yang menyangka air yang ada di lumpur tersebut ternyata mengandung garam, padahal laut jauh.

Komentar:

Komentar