10 Alasan yang Membuat Si Bungsu Lebih Menyenangkan


bungsu

Hampir semua orang mengamini bahwa bungsu identik dengan sifat manja dan kekanak-kanakan karena bungsu memiliki satu orang atau lebih kakak yang hampir diwajibkan untuk memanjakannya. Si sulung identik dengan pemberi aturan dan panutan bagi adik-adiknya, sedangkan si tengah biasanya hanya mengikuti aturan sang kakak saja. Namun dibalik sifat manjanya, bungsu memiliki 10 alasan yang menjadikannya begitu istimewa.

1. Mereka adalah pribadi yang unik

Menjadi bungsu adalah istimewa karena mereka adalah yang termuda dari sebuah kelompok. Bungsu memiliki hak untuk unik dan berbeda dari kakak-kakaknya baik dari segi sifat maupun penampilannya. Tak ada yang akan protes jika si bungsu tampak nyleneh daripada saudara-saudaranya yang lain.

2. Mereka dapat dipercaya

Persaudaraan tak akan pernah luput dari pertengkaran dan konflik. Biasanya bungsu-lah yang mendapat curhatan dari kakak-kakaknya yang sedang menuai konflik. Dan disinilah bungsu mendapat pelajaran dan pengalaman untuk menjaga rahasia kakak-kakaknya, tak heran jika bungsu tumbuh menjadi sosok yang dapat dipercaya dan pandai menjaga rahasia.

3. Mereka cenderung lucu

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bungsu memiliki pribadi yang lebih santai dan humoris. Hal ini dikarenakan bungsu tidak memiliki tanggung jaab dan beban seberat kakak-kakaknya. Bungsu tak dituntut macam-macam oleh siapapun, tak heran jika mereka cenderung lucu dan penuh canda.

4. Mereka belajar bagaimana menjaga diri mereka sendiri

Biasanya anak-anak yang lebih tua sibuk bersaing dengan saudara-saudaranya yang lain, sedangkan bungsu hanya akan menjadi penontonnya. Bungsu tak akan peduli dengan persaingan karena mereka telah lahir sebagai sosok yang lebih menonjol daripada yang lainnya. Inilah yang membuat anak bungsu lebih percaya diri dan tahu bagaimana cara menjaga diri sendiri.

5. Mereka adalah pendengar yang baik

Sebagai pihak yang paling muda, si bungsu sering mendengar berbagai pesan dan petuah yang diberikan oleh orang tua maupun kakak-kakaknya. Mau tak mau, bungsu pun harus menelan seluruh pesan tersebut dan menjadikannya seseorang yang mampu mendengar dengan baik.

6. Mereka tampak menonjol

Dinadingkan dengan saudara-saudaranya yang lain, bungsu akan lebih menonjol karena bungsu tak memikirkan bagaimana cara supaya ia terlihat hebat. Bungsu akan tumbuh dengan kemampuannya sendiri dan kepercayaan diri inilah yang membuat bungsu tampak menonjol.

7. Mereka lebih kreatif

Para orang tua cenderung memberikan ekstra perhatian dan pendidikan ada anak-anak yang lebih tua dan mengabaikan pendidikan si bungsu. Alhasil, bungsu pun tumbuh menjadi anak yang tak terlalu tinggi IQ-nya namun memiliki kreativitas yang tinggi. Bungsu akan berpikir out of the box yang mampu membuatnya berpikir lebih cerdas dan kreatif.

8. Mereka akan mempelajari kehidupan lebih banyak

Belajar dari pengalaman sang kakak, anak bungsu akan lebih siap menghadapi hidup dan kehidupan. Anak bungsu akan menerima semua kebaikan yang dilakukan oleh kakak-kakaknya dan mempelajari apa saja yang membuat saudara-saudaranya gagal.

9. Mereka tidak membutuhkan banyak aturan

Orang tua telai melewati masa trial and error dalam pengasuhan anak-anak tertua sehingga orang tua tak akan terlalu menerapkan banyak aturan pada si bungsu. Orang tua pun akan terlihat lebih lunak pada anak bungsu karena sudah mengetahui bagaimana pola pengasuhan yang terbaik.

10. Mereka akan selalu menjadi bayi

Anak termuda akan selalu terlihat menjadi bayi oleh orang tua dan kakak-kakaknya. Seluruh anggota keluarga akan menikmati seluruh masa yang ditempuh oleh bungsu sehingga menjadikan si bungsu menjadi sosok yang selalu terlihat istimewa.

 

sumber: lifehack.org

Komentar:

Komentar