Tradisional sampai Modern, Yuk Kita Intip 10 Kendaraan Umum Paling Unik di Dunia

via sandspice.com

:

Agar bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain, manusia butuh yang namanya alat transportasi. Untuk itulah manusia menciptakan kendaraan seperti mobil, motor, kereta, kapal, dan pesawat terbang.

Tapi, kalau kamu perhatikan, setiap negara di dunia ternyata punya kendaraan umumnya masing-masing. Jenisnya mulai dari kendaraan mainstream sampai alat transportasi tradisional yang mewakili kearifan lokal. Kira-kira seunik apa ya transportasi umum di berbagai belahan dunia? Tapi sebelum mulai, saya sengaja nggak menyertakan Indonesia di dalam daftar. Alasannya simpel: kamu pasti udah tahu kendaraan unik apa saja yang ada di dalam negeri.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung aja kita mulai daftarnya!

1. Kereta rusa – Finlandia

via owiting.com

Hmm… ternyata kendaraan khas Santa Claus terinspirasi dari dunia nyata lho. Tapi nggak kayak di cerita, kereta rusa yang sebenarnya nggak bisa terbang, hehe.

Kereta rusa biasanya digunakan di kawasan pegunungan bersalju dan merupakan bagian dari kebudayaan kuno Suku Sami di Finlandia. Menyusuri salju dengan kereta rusa sepertinya bisa jadi pengalaman yang menyenangkan, apalagi Finlandia termasuk negara yang terkenal akan pemandangan alam pegunungannya.

2. Gondola – Italia

via getyourguide.com

Ini dia ciri khas yang jadi daya tarik wisatawan di Venesia, Italia. Gondola adalah perahu kecil (bentuknya mirip kano) yang didesain untuk menyusuri kanal-kanal di Venesia.

Selama berabad-abad masyarakat lokal Venesia mengandalkan gondola untuk berpergian di sekitar kota. Tapi seiring bergantinya zaman, kini gondola lebih dikenal sebagai ikon rekreasi bagi turis asing yang berkunjung ke Kota Venesia.


3. Toboggan – Portugal

via ko.videoblocks.com

Toboggan adalah kendaraan tradisional khas Madeiran, Portugal, yang terbuat dari kayu. Jika diperhatikan, Toboggan memilii bentuk seperti keranjang yang dilengkapi roda di bagian bawah. Simpel banget ya?

Alat transpotasi unik ini pertama kali digunakan di awal abad 19 sebagai angkutan umum khusus jalan landai atau menurun. Sementara saat ini, Toboggan lebih sering digunakan untuk menghibur turis asing.

4. Hovercraft – Inggris

via visitisleofwight.co.uk

Di Pulau Wright, Portsmouth, Inggris, masyarakat setempat biasa menggunakan kapal amfibi atau Hovercraft untuk bepergian lintas laut. Buat kamu yang belum tahu, Hovercraft merupakan kendaraan yang bisa melaju di darat maupun air. Di seluruh daratan Inggris, hanya di Pulau Wright-lah Hovercraft dijadikan angkutan umum.

5. Terra bus – Kanada

via mnn.com

Bus yang didesain untuk daratan bersalju ini sangat membantu aktivitas penduduk yang tinggal di kawasan Athabasca, Kanada. Dari desainnya yang “macho”, kelihatan kalau bus ini mampu melaju di dataran ekstrem sekalipun. Bentuknya juga didesain cukup luas untuk menampung banyak penumpang.

Meskipun keren, kayaknya kita nggak bisa mengharapkan kendaraan ini ada di Indonesia deh. Buat apa juga? Kapan di Indonesia turun salju?

6. Coco taxi – Kuba

via hiveminer.com

Taksi yang bentuknya mirip batok kelapa ini berasal dari Kuba dan bisa kamu temukan di wilayah Havana dan Varadero. Sebetulnya taksi ini nggak jauh beda dengan angkutan umum roda tiga alias bajaj. Perbedaannya hanya terletak di desain luarnya saja.

Menurut sejarah, coco taxi pertama kali beroperasi di awal 1990-an untuk mengantar para wisatawan yang berkunjung ke Havana dan Varadero.

7. Kereta anjing – Alaska

via en.wikipedia.org

Secara teknis, kereta ini ditarik oleh satu ekor anjing atau lebih, tergantung berat muatannya. Kereta anjing telah digunakan sejak ribuan tahun lalu oleh masyarakat asli kawasan pegunungan di Amerika Utara, khususnya di Alaska.

Satu hal yang unik tentang kereta anjing ialah cara menyusun tim penarik kereta. Tiap anjing di dalam tim punya perannya masing-masing. Ada yang berperan sebagai pemimpin tim, pengendali stir, dan penarik utama kereta.

8. Barco de Totora – Peru

via pinterest.com

Jika kamu mengunjungi Danau Titicaca di Peru, kamu bakal melihat perahu ikonis kebanggaan masyarakat setempat yang disebut Barco de Totora. Perahu ini terbuat dari tumbuhan totora (sejenis rerumputan) yang hanya hidup di sekitar Danau Titicaca, pantai tengah Peru, dan Pulau Paskah.

Menariknya, masyarakat setempat nggak cuma menggunakan totora untuk membuat perahu eksotis, tapi juga untuk membangun rumah-rumah apung mereka di tepi danau. Barco de Totora merupakan jenis perahu nelayan yang telah ada sejak zaman Suku Inca di Peru.

9. Norry – Kamboja

via visitcamboadia.org

Di kawasan Battambang hingga O Sara Lav di Kamboja, melintang rel kereta yang sering dipakai penduduk untuk hilir mudik. Tapi transportasi yang biasa mereka tumpangi bukanlah kereta api atau kereta listrik nan canggih, melainkan kereta bambu sederhana yang disebut Norry.

Meski sederhana, Norry sudah sejak lama jadi angkutan umum andalan dan daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Battambang. Yah, daripada capek naik sepeda, mending naik Norry sambil nikmatin angin sepoy-sepoy. Tapi kamu harus tetap waspada, sebab kereta yang ditenagai mesin generator ini bisa melaju sampai 40 km/jam.

Ngeri, nggak ada sabuk pengamannya, cuy!

10. Habal-habal – Filipina

via sandspice.com

Habal-habal, atau Skylab adalah kendaraan umum roda dua yang udah dimodifikasi biar bisa ditumpangi lebih dari 3 orang. Bahkan saking abang supirnya pengin cepet dapet untung, nggak sedikit juga habal-habal yang bisa menampung 10 penumpang.

Bayangin tuh, satu motor bonceng 9 orang. Nggak disediain helm pula. Tapi tenang, habal-habal hanya beroperasi untuk mengantar penumpang ke daerah-daerah pedesaan. Mirip ojek pengkolan, cuma beda di kapasitas muatannya aja.

Angkutan umum ini banyak ditemui di berbagai wilayah di Filipina, salah satunya di Mindanao, Filipina Selatan.

Menurut kamu transportasi umum yang mana nih yang paling unik? Nggak kalah unik ‘kan dengan kendaraan umum tradisional yang ada di negara kita?

bayubaharul :