Meski Sepele, 8 Benda Ini Bikin Aksi Pendakianmu Lebih Seru


:

Bersama LISTERINE®, Selipan mempersembahkan artikel ini khusus buat kamu yang suka mendaki gunung.

Kegiatan naik gunung memang bikin ketagihan. Sekali aja kamu ikutan abis itu kamu bakal pengen ngerasain lagi suasana hiking dan nikmatnya berada di pegunungan. Tapi tentu saja persiapan matang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan pendakian. Kalo kamu pertama kali melakukan pendakian pastinya banyak komunitas yang bisa kamu ajak diskusi tentang persiapan standar yang diperlukan untuk naik gunung. Semua persiapan itu tentu harus memenuhi standar operasional agar pendakianmu berjalan lancar dan maksimal.

Nah, kalo perlengkapan standar sudah kamu siapkan, tentunya kamu perlu perlengkapan sekunder yang menunjang aktivitasmu nantinya. Meskipun sekunder, tapi kegunaan barang-barang ini diatas gunung gak bisa diremehkan lho. Berikut ini beberapa item yang bisa kamu siapkan agar aksi pendakianmu tambah seru.

 

1. Slayer

slayer
via bukalapak.com

Slayer ini bisa difungsikan untuk menutup bagian hidung dan mulut atau bagian leher untuk menghindari udara dingin. Biasanya slayer ini difungsikan untuk masker agar udara dingin yang dihirup tidak telalu dingin saat melakukan pendakian. Nantinya setelah kamu berada di atas, maka hidung sudah terbiasa untuk menghirup udara dingin. Kain ini juga nantinya bisa digunakan saat darurat untuk membalut luka atau membungkus sesuatu. Jadi banyak kegunaan yang kamu dapatkan jika membawa slayer saat melakukan pendakian.

 

2. Kamera

via pulsk.com
via pulsk.com

Kamera bisa kamu gunakan untuk mendokumentasikan perjalanan bersama tim. Selain untuk kenang-kenangan bersama rekan sependakian, hasil foto ini juga bisa digunakan untuk memberikan pelajaran dan informasi kepada pendaki lainnya yang akan melakukan pendakian di lokasi tersebut. Pastinya foto-foto yang kamu ambil bisa berguna untuk orang lain. Selain itu ada banyak spot asik yang bisa kamu abadikan di atas gunung sana.


 

3. Obat Kumur

listerine
via canyontrailsfamilydental.com

Melakukan pendakian lebih dari sehari bisa bikin nafas kamu kurang segar, apalagi kalau kamu merasa ribet harus sikat gigi diatas gunung. So, kamu butuh obat kumur untuk menjaga nafas agar tetap segar. Coba deh bawa LISTERINE®, obat kumur yang praktis dan ringan buat dibawa kemana-mana. Kamu cukup berkumur untuk mendapatkan nafas yang segar dan bebas kuman. Dan nafas segar ini bisa tahan sampai 12 jam lho. Kalo nafas udah seger, mood sepanjang pendakian akan lebih bersemangat meskipun gak mandi beberapa hari. Ditambah lagi, percaya diri kamu akan meningkat kalo nafas segar dan wangi. Ya gak sih?

 

4. Survival Kit

survival kit
via mec.ca

Survival kit ini berguna banget buat melakuan hal-hal kecil selama pendakian. Cari aja survival kit yang punya fitur lengkap kayak kompas, pisau, gunting, dan lainnya. Kamu akan butuh peralatan ini nantinya untuk mendukung aktivitasmu di atas seperti mengumpulkan ranting untuk api unggun serta keperluan kecil lainnya. Lebih baik bersiap dari awal karena di atas gunung tidak ada yang menjual dan gak ada yang bisa dipinjemin.

 

5. Cokelat

via farhaki.com
via farhaki.com

Selain bawa makanan primer, kamu juga bisa bawa cemilan kayak cokelat atau permen. Cokelat bisa bikin tubuh jadi hangat dan berenergi. Jadi gak ada salahnya kamu nyelipin beberapa batang cokelat di dalam ranselmu buat cemilan sehat di gunung sana. Emang sih gak bikin kamu kenyang, tapi kan seru juga sepanjang pendakian bisa ngemil, yang penting jangan nyampah ya.

 

6. Tas kresek

via indonetwork.id
via indonetwork.id

Ada banyak hal tak terduga ketika melakukan pendakian. Biarpun kamu sudah menyiapkan segalanya dengan matang, tapi alam tak bisa diterka. Bisa jadi hujan mendera, atau kegiatan lain yang tak terduga di sana. Lebih baik kamu menyiapkan tas plastik untuk menyimpan baju kotor yang basah atau hal lain yang selama perjalanan tak pernah kamu bayangkan.

 

7. Uang

via swayanaka.com
via swayanaka.com

Memang tidak ada toko di atas gunung saja, tapi kamu perlu membawa uang seperlunya untuk kepentingan akses masuk sepanjang perjalanan. Biasanya ada pos atau tiket masuk yang harus kamu bayarkan untuk memperlancar kegiatan pendakianmu dan rekan-rekan. Jadi gak lucu kan kamu udah nyiapin semuanya tapi gak punya uang untuk membayar tiket masuk atau regulasi standar di pintu masuk pendakian.

 

8. Kartu Identitas

via sidomi.com
via sidomi.com

Persiapkan kartu identitasmu saat melakukan pendakian. Kamu gak akan tahu apa yang akan terjadi di atas sana. Kamu juga gak bisa minjem rekan seperjalananmu karena kartu identitas orisinal cuma kamu yang punya. Ini akan memudahkan orang lain untuk mengidentifikasi sosokmu ketika melakukan pendataan saat sebelum berangkat atau saat kembali dari gunung.

Itu dia beberapa benda yang sebaiknya kamu persiapkan supaya pendakianmu semakin seru dan lancar. Kalau salah satu dari benda tersebut lupa kamu bawa, dijamin mood kamu bakalan ngedrop juga deh. Misalnya kelupaan bawa LISTERINE®, gak kebayang kan keadaan nafas dan mulut kamu disana? Bisa gak pede sepanjang jalan tuh, kasian temen-temen disekitarmu juga sih. Hehehe.

Untuk cari tahu varian LISTERINE® yang cocok untuk kepribadianmu, kamu bisa cek di sini.

Komentar:

Komentar