9 Tempat Aneh di Bumi yang Bikin Kamu Serasa Berkunjung ke Dunia Lain

Dan kamu bakal ditemani sama Harry Pantja

:

Hutan-hutan yang gelap, lautan dalam, langit yang luas, dan jalan pikiran perempuan yang rumit merupakan bukti bahwa dunia yang kita tinggali ini dipenuhi misteri yang sekaligus menyimpan keindahan di dalamnya. Contoh nyatanya adalah Segitiga Bermuda. Meskipun ada beberapa penelitian yang menyatakan sudah mengungkap rahasia di baliknya, tapi hey… siapa yang tahu.

Mari lupakan sejenak soal Segitiga Bermuda. Daripada kita cuma berfokus ke Segitiga Bermuda, bumi ini juga punya tempat-tempat lain yang nggak kalah aneh, misterius, sekaligus indah. Seperti 9 tempat yang informasinya udah dirangkum dari berbagai sumber ini.

1. Hutan Hoia Baciu, Rumania

via tribunnews.com

Hutan Hoia ini terletak di Transylvania, Rumania. Apa sih yang kebayang di pikiran kamu kalau dengar kata Transylvania? Vampir? Drakula? Meskipun nggak berhubungan sama Drakula, hutan ini memang terkenal dengan aura-aura mistisnya.

Karena banyaknya kasus misterius yang menghinggapi Hutan Hoia, seperti penampakan-penampakan hantu ataupun UFO hingga kasus orang hilang,  Hutan Hoia sering disebut juga sebagai Segitiga Bermuda-nya Rumania.

Kalau saya sendiri nggak terlalu peduli sama cerita mistisnya, tapi sama pohon di hutan itu yang bentuknya aneh. Ngeri-ngeri sedap.

2. Danau Hillier, Australia

via tripzilla.com

Australia sebenarnya sudah terkenal dengan berbagai tempat unik dan fauna yang terbilang ekstrem. Tetapi hal-hal itulah yang justru jadi salah satu daya tarik bagi turis untuk melihatnya secara langsung.

Walaupun Danau Hillier ini nggak bisa dibilang ekstrem, danau yang satu ini benar-benar unik. Warna airnya itu loh, pink! Para ilmuwan pun berpendapat kalau warna pink di danau ini dipengaruhi oleh alga yang menghasilkan pigmen karotenoid. Pigmen itulah yang membuat warna air sungai menjadi merah muda.


Gara-gara alga juga rasa air danau tersebut menjadi asin. Walaupun tingkat keasinannya tinggi, manusia tetap bisa berenang di sana dengan aman.

3. Kawah Gas Darvaza, Turkmenistan

via sbs.com.au

Tempat ini sering disebut juga Door to Hell atau Gerbang Neraka. Wuihh, dari namanya aja udah kerasa ngeri. Tapi, kamu jangan berharap bakal muncul jin Ifrit seperti yang ada di game Final Fantasy, atau bakal muncul Hellboy dari dalamnya. Nggak, nggak bakalan ada.

Pintu neraka ini terbentuk karena adanya kebocoran gas alam. Untuk mencegahnya menyebarkan racun, para ahli mencoba membakar lubang ini. Dan voila! Lubang ini terbakar terus dari tahun 1971 hingga sekarang, dan terlihat seperti pintu neraka yang terus terbakar.

Pada 2010, presiden Turkmenistan memerintahkan untuk menutup lubang ini untuk umum. Namun, kenyataannya hingga sekarang lubang ini masih bisa dikunjungi masyarakat umum.

4. Pulau Socotra, Yaman

via dxnews,com

Kamu bakal merasakan sensasi seperti berada di luar bumi kalau sedang ada di pulau ini. Gimana nggak, di atas pulau ini ada sekitar 700 spesies flora dan fauna yang nggak bisa kamu temukan di tempat lain! Yup, kamu cuma bisa menemukannya di Pulau Socotra.

Selain itu, pulau ini sangat terpencil karena memang nggak ada jalan yang bisa digunakan kendaraan untuk mencapai pulau ini.

5. Sungai Mendidih, Amazon

via weirdworm.com

Amazon gngak cuma punya fauna yang terkenal mengerikan. Hutan hujan satu ini juga terkenal sebagai tempat yang misterius. Bila kamu menjelajah jauh ke dalamnya, kamu bakal menemukan sungai yang airnya benar-benar mendidih, di mana temperaturnya bisa mencapai 94 derajat Celsius! Udah lebih dari cukup buat masak mie instan secepat kilat.

Hingga kini, para peneliti belum mendapatkan jawaban pasti kenapa sungai ini bisa mendidih. Hmm, menarik.

6. Gua Movile, Rumania

via weirdworm.com

Rumania lagi nih, guys. Kayaknya lumayan banyak tempat di Rumania yang cocok kalau kamu mau wisata misteri, hehehe.

Anyway, Gua Movilla ini benar-benar nggak pernah tersinari oleh cahaya matahari selama 5,5 juta tahun. Bayangkan saja kalau kita punya nasib yang sama seperti gua tersebut, bulukan pasti. Selain itu pula atmosfer dan udara yang ada dalam gua ini berbeda dari dunia luar. Udara di gua ini beracun karena mengandung hidrogen-sulfida dan mengandung karbondioksida 100 kali lebih banyak dari udara normal.

Namun yang lebih anehnya lagi, ada makhluk hidup yang tinggal di dalam gua ini. Mereka hidup dari memakan buih sulfur dari bebatuan. Dan kerennya, spesies yang hidup di Gua Movile bersifat ekslusif lho, alias cuma bisa ditemui di sana.

7. Petrifying Well, Inggris

via weirdworm.com

Salah satu sumber air di Knaresborough, Inggris, ini bisa membuat segala yang disimpan di dalamnya menjadi batu. Ketika kamu meninggalkan sesuatu di sumur ini selama tiga-lima bulan, benda tersebut akan berubah menjadi batu. Hal itu diakibatkan tingginya kandungan mineral di dalam sumber air tersebut.

Bentuknya yang menyerupai tengkorak juga makin membuat sumber air ini semakin mistis.

8. Sungai Catatumbo, Venezuela

via weirdworm.com

Pernah membayangkan jika ada satu tempat yang hujan terus-terusan? Pasti bete tuh. Nah, sekarang bayangkan jika hujannya diganti sama petir. Itulah pemandangan yang akan kamu lihat di daerah Sungai Catalumbo, Venezuela.

Petir akan terus menyambar dari jam 7 malam hingga 10 jam ke depan. Para peneliti percaya bahwa pertemuan antara udara panas dan dingin yang memuaikan metana dan minyak membuat keajaiban semacam ini bisa terjadi. Tapi, hingga sekarang belum ada kepastian yang benar-benar meyakinkan mengenai hal tersebut.

9. Kawah Ijen, Indonesia

via weirdworm.com

Indonesia juga punya cerita nih. Dan cerita itu datang dari Kawah Ijen yang bisa memuntahkan lava berwarna biru.

Sebenarnya itu bukan lava, melainkan sulfur. Ketika gas yang bercampur sulfur dipanaskan oleh gunung api ini, api biru muncul dan berubah menjadi cairan sulfur yang mengalir dari atas gunung. Mungkin bisa dibilang Kawah Ijen ini adalah kompor gas raksasa ya.

Kawah Ijen ini membuktikan bukan cuma arteees- arteees doang yang go international.

Tertarik melihat tempat-tempat misterius di atas dengan mata kepalamu sendiri? Kalau iya, menurut kamu tempat mana sih yang paling menarik untuk dikunjungi?

Komentar:

Komentar