Uniknya Es Krim Anti Leleh yang Ada di Jepang, Penasaran?

Cocok dibawa kalau lagi ke liburan ke gurun nih...

:

Baru-baru ini Jepang dihebohkan oleh penemuan berupa es krim yang beda dari es krim pada umumnya. Kamu yang doyan jajan es krim, pasti tahu kan kalau biasanya es krim akan meleleh cuma dalam waktu singkat, terutama jika suhu udara lagi panas-panasnya. Namun, es krim yang satu ini beda, ia diklaim benar-benar tahan leleh meski dipanaskan dengan mesin pengering rambut selama lima menit!

Dan coba tebak, penemuan hebat ini sebenarnya ditemukan secara nggak sengaja, lho.

via twitter/@kanazawaice

Seperti dilaporkan oleh Quartz, pada awalnya peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi Kanazawa meminta seorang chef pastry untukĀ membuat makanan penutup jenis baru dengan memanfaatkan cairan polifenol yang diekstrak dari stroberi.

Namun, saat itu chef pastry mengeluh bahwa cairan polifenol malah memadatkan krim, sehingga jadi menyulitkan proses pengerjaannya.

Hal itu membuat para peneliti penasaran, dan akhirnya menduga cairan polifenol memang bisa digunakan untuk memadatkan air dan membuat bentuk padat es krim jadi tahan lebih lama. Mereka pun mulai mencoba bereksperimen dengan berbagai bahan, seperti susu, krim, dan konsentrasi polifenol yang berbeda-beda untuk membuat es krim anti leleh. Dan eksperimen mereka ini benar-benar berhasil membuat es krim yang tahan lama lebih lama dari es krim yang biasa kamu beli selama ini.

via hungrygowhere.com

Cairan polifenol memang punya khasiat untuk menyatukan air dan minyak sehingga es krim yang punya dua kandungan itu bakalan bisa mempertahankan bentuk aslinya lebih lama dari biasanya, kata Tomihisa Ota, profesor di Universitas Kanazawa yang juga membantu penemuan es krim “anti leleh” ini seperti dikutip dari MentalFloss.

Atas penemuan yang mengejutkan ini, Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi Kanazawa pun mulai memasarkan produk es krim anti lelehnya di pusat kota Jepang. Bahkan sekarang es krim ini bisa ditemukan di hampir seluruh penjuru Jepang.


via scientifist.com

Setelah baca penjelasan di atas, kita pasti punya pertanyaan yang sama: kapan kiranya kita bisa beli es krim ini dengan gampang di Indonesia?

Komentar:

Komentar