Ternyata, Ada Sebuah Rahasia Di Balik Warna Kuning Telur! Apa Itu?


Ketika kita masak telur, entah itu digoreng ceplok, digoreng dadar, direbus, atau diolah dengan bentuk yang lain, pernahkah kamu memperhatikan warna kuning telurnya?

via haloselebriti.net

Apa makna dibalik kuning telur yang berwarna kuning cerah, kuning biasa, atau jingga cerah? Hmm.. Sebelum membahas lebih lanjut, kita berpetualang mundur dulu 100 tahun ke belakang.

Pada 100 tahun yang lalu, peneliti menemukan bahwa warna kuning telor ditentukan oleh jumlah karotenoid yang terkandung di dalamnya. Pada kuning telur, terdapat antioksidan yang dibantu oleh vitamin A, sehingga dapat meningkatkan kondisi tulang kita. Jadi semakin kaya warna pada kuning telur, maka semakin tinggi kandungan nutrisi sehat di dalamnya.

via s.doctoroz.com

 

Warna kuning telur itu bergantung langsung pada apa yang dikonsumsi oleh si ayam. Jika hanya makan biji-bijian, maka warnanya akan menjadi kuning pucat. Tetapi jika ayam tersebut diberi makan jagung, sayur, dan serangga, maka warnanya akan berubah menjadi lebih jingga.

Asal kamu tahu, peternakan ayam yang besar di luar negeri sana biasa menggunakan diagram kuning telur yang terdiri dari 15 warna untuk menentukan kualitas produk mereka.

via mejorconsalud.com

Pada umumnya, disarankan untuk mengkonsumsi telur yang mempunyai warna jingga cerah karena mengandung bahan dan nutrisi paling banyak yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Pada beberapa kasus, warna kuning pucat mengindikasikan bahwa telur itu berkualitas rendah dan ayamnya sedang tidak dalam kondisi yang sehat. Telur ini tidak akan memberi banyak nutrisi sehat yang berguna untuk tubuhmu.

Ooh ternyata begitu toh. Nah, udah tahu kan maksud dari warna kuning telur? Bagikan ke teman dan keluargamu supaya mereka juga tahu.

61 Shares

Komentar:

Komentar