Pedasnya 10 Sambal Khas Indonesia Ini Siap Membakar Lidahmu


:

Tidak lengkap rasanya jika menyantap hidangan khas Indonesia tanpa kehadiran sambal. Ya, sensasi pedas dari sambal yang berpadu dengan makanan utama dikenal mampu membuat seseorang makan dengan lahap. Indonesia juga terkenal sebagai surganya pecinta makanan pedas karena beragam jenis sambal ada di sini. Sambal-sambal tersebut memiliki keunikannya tersendiri baik dari cara pembuatan ataupun dari bahan yang digunakan. Jika kamu benar-benar pecinta makanan pedas, tidak afdol rasanya jika kamu belum mencicipi 10 jenis sambal ini.

 

1. Sambal Terasi

Jenis sambal yang satu ini sangat populer bagi penggemar masakan Sunda. Terasi yang terbuat dari ikan atau udang rebon yang sudah difermentasikan memiliki cita rasa khas yang nikmat jika terasi sudah digoreng atau dibakar. Kemudian terasi tersebut diulek bersama cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, garam, gula jawa, dan tomat (jika suka). Biasanya sambal terasi dihidangkan bersama ikan atau ayam plus lalapannya, dijamin kamu pasti ketagihan.

 

2. Sambal Matah


 

 

Bali tidak hanya terkenal akan seafood-nya tetapi juga oleh sensasi pedas sambal matah. Dinamakan sambal matah karena dibuat dari bahan mentah berupa irisan segar cabai rawit, bawang merah, serai, daun jeruk, terasi, cuka dan perasan jeruk limau. Jika sambal matah disajikan dengan seafood khas Bali pasti rasanya sangat sempurna.

 

3. Sambal Mbe

Selain sambal matah di Bali juga terdapat Sambal Mbe. Sambal ini dibuat dengan irisan cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih dan perasan jeruk limau. Memang belum sepopuler sambal matah, tetapi cita rasa gurih dan pedas dari sambal mbe pasti membuat para pecinta masakan pedas menikmatinya.

 

4. Sambal Mangga

Suka mangga muda? Kamu pasti menyukai jenis sambal yang satu ini. Ya, sambal mangga memang dibuat dari cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang merah, gula merah dan mangga muda. Rasa asam yang segar berpadu dengan pedasnya cabai menjadikan sambal mangga pendamping yang tepat bagi hidangan yang dipanggang.

 

5. Sambal Cabai Hijau

Jika kamu pergi ke rumah makan Padang pasti ada satu jenis sambal yang selalu menjadi favorit yaitu Sambal Cabai Hijau. Sesuai namanya sambal ini dibuat dari cabai hijau, bawang merah, bawang putih, dan tomat hijau. Jika disajikan bersama rendang, daun singkong dan sayur nangka, rasanya pasti benar-benar lezat!

Komentar:

Komentar