Kamu Gak Akan Menyangka Industri Makanan Ternyata Punya 10 Profesi yang Aneh Ini

Meskipun aneh, 10 profesi di industri makanan ini punya kisaran gaji yang menggiurkan, lho!

:

Industri makanan zaman ini bisa dibilang semakin kreatif. Banyak jenis makanan-makanan baru yang beredar dan menjadi tren kuliner di pasaran. Penggemar kuliner yang up-to-date tentunya tahu betul dong, makanan apa aja yang ngetren di tahun ini? Hehe.

Jenis pekerjaan di industri makanan juga semakin beragam, nih, gak terbatas di chef sama waiters aja. Malah sebagian profesi di industri makanan zaman sekarang bisa dibilang gak biasa, atau bahkan aneh.

Tapi jangan salah, profesi aneh di industri makanan yang bakal kita bahas ini nyatanya cukup menjanjikan, lho, apalagi kalau orang itu udah masuk kategori expert di bidangnya. Dilansir dari Insider, yuk langsung aja kita simak 10 profesi aneh di bidang industri makanan.

1. Penulis Pesan di Kue Keberuntungan

via insidermonkey.com

Mungkin pekerjaan ini dikhususkan buat orang yang bisa ngeliat masa depan, ya? Atau mungkin tidak? Hmm who knows.

Saat perusahaan memproduksi kue keberuntungan, mereka merekrut seorang penulis pesan-pesan yang memprediksi hidup kita di kemudian hari.

Kalau kamu seorang cenayang, cobain deh pekerjaan yang satu ini. Tapi orang biasa juga bisa coba kok. Asalkan punya kreativitas yang tinggi, tata bahasa yang baik, dan tentunya suka makan kue, hehe.

2. Tester Permen Karet

via thisinsider.com

Pernah gak kamu ngunyah permen karet selama 20 detik kemudian menghabiskan 30 menit lagi ngunyah permen karet yang udah tawar? Kalau ini jadi hobi kamu, mungkin kamu bisa coba ngelamar jadi tester di merek permen karet favorit kamu.


3. Tester Makanan Anjing

via thisinsider.com

Yup, profesi ini mengharuskan kamu untuk makan makanan anjing.

Sebenarnya, profesi ini ada untuk memastikan anjing-anjing pelanggannya makan makanan yang lezat, soalnya kepuasan anjing adalah yang nomor satu kalau kamu bekerja di bidang ini.

Tapi tenang aja, makanan anjing yang bakal ditest kelezatannya dan dibuat dari bahan-bahan berprotein, gandum, hingga sayuran berkualitas tinggi. Jadi aman buat dikonsumsi manusia.

Bagi tester yang udah professional kisaran gajinya mencapai angka 400 juta sampai 1.6 milliar rupiah per tahun, lho!

4. Tester Cokelat

via thisinsider.com

Mungkin ini salah satu profesi idaman setiap orang, apalagi para penyuka cokelat. Pekerjaan tester cokelat yaitu membantu pabrik-pabrik cokelat untuk meneliti kelezatan dan kualitas coklatnya. Para tester cokelat memberikan feedback menggunakan faktor-faktor penentu seperti rasa, sentuhan, temperatur, aroma, dan berperan sebagai quality control produk-produk coklat di tempat mereka bekerja.

Profesi ini juga cukup menjanjikan, lho. Tester cokelat profesional bisa dibayar 300 juta sampai 1 miliar rupiah per tahun.

5. Flavor Guru

via thisinsider.com

Tugas flavor guru yaitu menentukan rasa dan selera seperti apa yang bakal disukai orang-orang. Para flavor guru menghabiskan waktu mereka bereksperimen dan meracik campuran bahan-bahan dan kombinasi makanan. Profesi ini membantu perusahaan-perusahaan makanan untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dan menarik bagi konsumennya.

Pengen jadi flavor guru? Hmm, gak segampang itu, lho. Minimal kamu mesti punya gelar pendidikan di bidang makanan atau sains. Terkadang diharuskan juga punya latar belakang sebagai chef atau profesi di bidang kuliner lainnya.

Profesional flavor guru dibayar hingga 750 juta rupiah per tahun.

6. Sensory Panelist

via thisinsider.com

Dikenal juga sebagai tester makanan beku, profesi kuliner ini punya tugas buat memeriksa rasa dan kualitas makanan-makanan yang ditemukan di dalam freezer.

Berminat menggeluti profesi ini? Kamu mesti punya indra pengecap yang kuat dan pengetahuan luas tentang berbagai jenis rasa, biar kamu bisa ngejelasin rasa makanan beku yang kamu makan.

Profesi ini mendapat bayaran 135 ribu rupiah per jam.

7. Pemilah Jenis Kelamin Ayam

via thisinsider.com

Percaya gak? Di luar sana ada orang-orang yang pekerjaannya mencari tau jenis kelamin ayam. Yup, tugas pemilah ayam yaitu memisahkan ayam-ayam di tempat penetasan berdasarkan jenis kelaminnya. Pemilah ayam yang udah profesional biasanya bisa nentuin jenis kelamin ayam hanya dengan intuisi mereka, wow!

Profesi ini punya gaji sekitar 800 juta rupiah per tahunnya.

8. Culinary Trendologist

via thisinsider.com

Apa kamu termasuk orang yang up-to-date dengan tren-tren kekinian? Kalau iya, kamu bisa coba pekerjaan yang satu ini. Culinary trendologist nentuin rasa-rasa baru seperti apa yang cocok untuk dicoba, bahan dan jenis makanan apa yang udah “ketinggalan zaman”, dan makanan seperti apa yang gak bakal sukses lagi di pasaran.

Kalau kamu pengen banget jadi culinary trendologist, kamu mesti hobi baca buku-buku kuliner, rajin ngikutin berita-berita industri makanan, dan tentunya mesti punya passion yang tinggi di dunia kuliner.

9. Pengupas Kulit Telur

via thisinsider.com

Perusahaan-perusahaan penjual telur rebus di luar negeri biasanya merekrut orang buat jadi pengupas kulit telur sebelum produk mereka dijual di toko-toko. Nah, biasanya orang-orang yang udah berpengalaman di bidang ini bisa ngupas 1 telur hanya dalam beberapa detik aja.

Sekadar info aja nih, rekor dunia untuk telur terbanyak yang dikupas dalam 1 menit yaitu 48 butir.

10. Forager 

via thisinsider.com

Setiap restoran pasti ingin menyediakan bahan-bahan dengan kualitas terbaik supaya makanan mereka terasa lezat di lidah pelanggannya. Nah tugas para forager adalah mencari bahan makanan yang masih segar dan terbaik di sekitar restoran tempat mereka bekerja.

Mencari bahan makanan berkualitas seperti daging yang fresh, keju, dan produk lainnya, forager bekerja sebagai mata dan telinga chef di restoran.

 

Nah, itu dia 10 profesi yang gak biasa yang bisa kamu temuin di dunia kuliner. Gimana, apa kamu berminat punya karir di salah satu bidang tersebut? Jangan lupa share ke temen-temen kamu, ya!

Komentar:

Komentar