Hmmm Yummy! 3 Resep Ayam Goreng Dari Seluruh Dunia Ini Bakal Bikin Kamu Ngiler! Nggak Nahan, Cuy!


Duhh, siapa sih yang nggak suka ayam goreng? Makanan favorit hampir semua umur ini emang jadi andalan banget di Indonesia dan negara tetangga Malaysia. Nggak hanya di dua negara ini aja, menurut sebuah survey di negara lain pun ayam goreng masuk dalam daftar 10 makanan terfavorit sepanjang masa. Bedanya kalau di Eropa atau Amerika, biasa disebut dengan “fried chicken”.

Nah, kalau di Indonesia sendiri, resep dan cita rasa ayam goreng bisa aja berbeda-beda, sesuai masing-masing daerah. Tapi kalau di luar negeri gimana ya? Kira-kira bumbu yang dipakai untuk membuat ayam goreng a.k.a fried chicken ini sama kayak punya Indonesia nggak, ya? Penasaran? Yuk, kita intip 3 resep ayam goreng dari berbagai belahan dunia! Siap-siap ngiler, ya!

 

1. Brazilian Chicken Wings

 

brazilianstylewings4-682x1024.jpg (682×1024)
Brazilian Chicken Wings via oliviascuisine.com

Bahan :

10 sayap ayam & drumettes

6 siung bawang putih, cincang halus

2 sendok teh garam

1 sendok teh lada

¼ cangkir air jeruk nipis

1 cangkir tepung 

Minyak untuk menggoreng, jeruk nipis dan daun bawang untuk penyajian.

Cara Buat : 

Campurkan ayam dengan bawang putih, garam, merica, dan air jeruk nipis dalam mangkuk sampai merata.

Tutup dengan cling film dan dinginkan selama sekitar satu jam.

Dip setiap sayap ayam dalam tepung, lalu goreng dalam panci besar.

Goreng setengah dari sayap ayam pada sampai berwarna cokelat keemasan.

Tiriskan  dan sajikan dengan jeruk nipis dan daun bawang!

 

2.  Japanese Popcorn Chicken

 

taiwanese-popcorn-chicken-19.jpg (560×482)
Japanese Popcorn Chicken via googleusercontent.com

Bahan :

3 paha ayam tanpa tulang, cincang menjadi potongan 1-inch

3 siung bawang putih, cincang halus

2 sendok makan jahe, parut halus atau cincang

3 sendok makan kecap

2 sendok makan sake

1sendok makan minyak wijen

1 sdm gula

1 sendok makan

½ tepung cangkir kentang

Minyak untuk menggoreng potongan lemon dan peterseli untuk penyajian.

Cara Buat :

Campurkan ayam dengan bawang putih, jahe, kedelai, sake, minyak wijen, dan gula dalam mangkuk sampai merata dilapisi.

Tutup dan dinginkan selama sekitar 1 jam.

Goreng dalam panci dengan panas tinggi, aduk ayam, lalu masukkan sisa bumbu perendam, kemudian taburi tepung kentang di atasnya.

Goreng terus ayam sekitar 5-7 menit, lalu tiriskan.

Panaskan minyak sampai sekitar 390 ° F, kemudian goreng ayam lagi selama sekitar 2-3 menit sampai berwarna cokelat keemasan.

Tiriskan ayam dan sajikan dengan lemon dan peterseli.

 

3. Butter-milk Fried Chicken

 

3548106.jpg (560×315)
Butter-milk Fried Chciken via allrecipes.com

Bahan :

6 potong paha ayam,

2 sendok teh garam

1 sendok teh lada

1 sendok teh oregano

1 sendok teh paprika

1 sendok teh lada putih bubuk

bawang putih 1 sendok teh

2 cangkir buttermilk breading

Bahan Breading :

2 cangkir all-purpose-flour

1 sendok teh garam

1 sendok teh lada

1 sendok teh paprika bubuk

bawang putih 1 sendok teh

½ sendok teh lada merah

Minyak untuk menggoreng

Cara Buat :

Campurkan ayam dengan semua bahan dan bumbu dalam mangkuk besar.

Aduk dan pastikan setiap potongan ayam terlapisi merata, lalu tutup dengan cling film dan dinginkan selama sekitar satu jam.

Campurkan semua bahan breading dalam mangkuk besar, lalu gulung potongan ayam yang direndam dalam tepung.

Goreng ayam dalam wajan panas tinggi sampai sekitar 350 ° F. selama sekitar 15-20 menit sampai breading berwarna cokelat keemasan gelap.

Tiriskan ayam dan selama sekitar 10-15 menit. Lalu sajikan!

Yummehh!!! Itu dia 3 resep ayam goreng dari beberapa negara di dunia. Hmm, tenyata beda negara, beda lagi cara pembuatan dan bahan yang diperlukan. Jadi gimana nih, besok kamu mau nyoba masak yang nomor berapa? Yuk, komen dibawah!

Komentar:

Komentar