Durian Lovers, Kamu Wajib Mencoba 6 Olahan Durian Ini


:

Siapa yang mampu menolak kenikmatan dari durian. Wangi yang khas dan daging buah yang sangat lembut hingga tidak cukup hanya 1 buah ketika menikmati durian. Tidak hanya dinikmati secara langsung, “sang raja buah” kini telah banyak dikreasikan ke dalam beberapa makanan olah yang tentunya berbahan dasar durian. Mau tahu apa saja makanan olahan durian, yuk kita intip.

1. Pancake Durian

Pancake durian, kue dadar yang sering dijadikan menu sarapan ini beda dari pancake yang biasa. Dalam adonan pancake ini diberi isian durian dan sedikit krim. Perpaduan antara adonan kue dadar yang manis dicampur kelezatan buah durian dan krim yang lembut membuat orang tidak tahan untuk mencobanya. Makanan olahan dari Medan ini kini digilai oleh masyarakat luas.

2. Serabi Durian

Makanan tradisional ternyata juga sangat cocok jika dipadukan dengan durian dan Serabi Durian kini juga telah menjadi icon tersendiri yang banyak diburu pecinta kuliner. Serabi yang dimasak secara tradisional menggunakan tungku kemudian dicampur dengan saus durian yang kental dan manis dijamin memiliki cita rasa yang luar biasa. Apalagi jika diberi topping meses dan keju, pasti tambah nikmat lagi.


3. Kinca Durian

Ketan 1

Makanan yang terbuat dari ketan ini jika dicampur dengan saus durian pasti membuat siapapun yang melihat ingin merasakannya. Ketan dengan tekstur yang legit dan gurih berpadu dengan saus durian yang dicampur gula merah yang manis menjadi sebuah perpaduan yang pas. Agar lebih sempurna, pesanlah secangkir teh atau kopi.

4. Tempoyak Durian

Mungkin masih agak asing di telinga, tetapi makanan yang banyak ditemukan di Sumatera Selatan ini merupakan masakan yang dibuat dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak sering disajikan sebagai pendamping nasi dan dicampur dengan sambal. Rasa asam yang khas jika dimakan dengan nasi pasti menghadirkan sebuah cita rasa yang berbeda.

5. Keripik Biji Durian

Sekarang tidak hanya daging buah durian saja yang bisa dinikmati, biji durian ternyata juga bisa diolah menjadi keripik. Caranya cukup iris tipis biji durian kemudian direndam bersama air kunyit dan campurkan beberapa rempah-rempah khas. Setelah bumbu-bumbu meresap kemudian tinggal digoreng di minyak yang panas. Rasa yang manis dan sama sekali tidak meninggalkan bau menyengat khas durian ini menjadi ciri khas tersendiri dari keripik biji durian.

6. Lempok Durian

Lempok durian atau dodol durian merupakan makanan olahan durian yang juga banyak digemari masyarakat Indonesia. Makanan yang bisa di temukan di daerah Pontianak, Kalimantan ini juga menjadi oleh-oleh favorit karena rasa yang manis dan lembut serta wangi khas durian yang menggoda.

 

Nah, bagaimana durian lovers tertarik untuk mencoba kelezatan 6 makanan olahan durian ini? Pastikan kamu mencicipinya jika ada kesempatan menikmatinya. Enjoy the delight of “Sang Raja Buah”!

Komentar:

Komentar