Bukannya Kenyang, Ternyata 6 Makanan dan Minuman Ini Malah Bikin Kamu Tambah Lapar


Coba tanya ke setiap orang tujuan kenapa kita makan, pasti jawabnya untuk mengenyahkan rasa lapar atau supaya kita kenyang. Tapi ternyata, ada beberapa makanan dan minuman yang alih-alih bikin kenyang malah membuat nafsu makan kita semakin menjadi-jadi. Yup, kamu nggak akan merasa kenyang dalam waktu yang lama setelah menyantap makanan dan minuman ini, dan akhirnya kamu jadi memburu lebih banyak asupan makanan. Nggak usah buang waktu lagi, langsung aja deh cek daftar makanan serta minuman yang dihimpun dari berbagai sumber ini.

1. Bagian Putih Pada Telur

putih-telur
via sidomi.com

Pasti bingung deh kenapa bagian putih pada telur masuk dalam daftar ini. Nyatanya, kandungan protein di dalamnya terhitung rendah dan nggak ada lemaknya. Perlu diketahui, selain serat, protein dan lemak adalah komponen penting dalam makanan yang bisa membuat kamu kenyang.

Jadi solusinya, suka nggak suka kamu harus makan putih telur beserta kuning telur yang ada di tengahnya, hehehe.

2. Susu yang Rendah Lemak

milk
via oasisofhealth.net

Nah, buat yang lagi diet atau mengurangi berat badan, minuman yang satu ini biasanya jadi salah satu pilihan utama. Sesuai namanya, susu ini kandungan lemaknya sedikit. Tapi, efeknya bisa berimbas pada perut kamu yang bakal keroncongan nggak lama setelah mengonsumsi susu jenis ini.

3. Roti

roti-gandum
via necturajuice.com

Selama ini roti dikenal juga sebagai pengganti nasi, tapi kok bisa ya roti membuat kamu lapar dengan cepat? Ini karena kandungan serat atau karbohidrat dalam roti itu nggak sealami seperti yang terkandung dalam nasi.

Siasati aja dengan mengombinasikan roti dengan makanan lain, seperti telur atau selai kacang.

- Advertisement -

4. Makanan yang Mengandung MSG

MSG-060816
via epicurious.com

Ini pilihan dilematis. Alasan kenapa orang-orang suka menambahkan MSG atau vetsin pada makanan itu supaya rasa makanannya lebih enak dan tajam di lidah. Kalau kamu termasuk orang yang suka dengan tambahan MSG dalam makanan, batasi penggunaannya, jangan terlalu berlebihan.

Tapi bukannya MSG itu punya efek negatif selain bikin perut cepat lapar? Well, itu masih jadi bahan perdebatan sih. Tergantung opini atau teori mana yang lebih kamu percayai.

5. Fast Food

theplantbasedblogger_com
via blavity.com

Hayo ngaku, siapa nih yang suka sama makanan jenis ini? Pernah ngerasa nggak kalau makan makanan cepat saji nggak efektif buat mengatasi rasa lapar? Mungkin kamu ada benarnya, karena makanan ini bisa menyebabkan kamu kebayang-bayang terus sama makanan yang tinggi akan kandungan lemak dan gula.

Mungkin rasa lapar kamu bakal hilang setelah makan hidangan jenis lain. Tapi bagaimana kalau kamu mencoba menghilangkan rasa lapar dengan memakan lebih banyak makanan cepat saji? Ya rasa kenyang kamu nggak akan bertahan lama, dan kamu bakal kepengen makan terus.

6. Aneka Jus Buah

best-fruit-juices1
via mindfuljuicing.com

Jus itu menyehatkan dan punya banyak manfaat lainnya sekaligus bikin kamu cepat kelaparan karena kaya akan gula, tapi minim asupan serat dan protein. Kalau kamu nggak masalah dengan hal ini, silakan saja meminumnya. Tapi kalau sebaliknya, cari alternatif minuman lain yang lebih mengisi perut kamu, kayak smoothies misalnya.

Apa ada makanan atau minuman di atas ini yang jadi favorit kamu? Well, ada baiknya juga kamu konsumsi makanan dan minuman dengan bijak. Karena itu tadi, kita makan supaya perut kita kenyang, kan? Hehehe.

- Advertisement -
Shares 69

Komentar:

Komentar