Bikin Mata Terbelalak, Ini Dia 5 Bahan Makanan Termahal yang Ada di Dunia

Harga makanan nomor lima bisa dipake buat beli motor keren.

:

Makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Tetapi, setiap orang tentu memiliki perbedaan jenis makanan yang dikonsumsi tergantung dari kemampuannya masing-masing. Ya, seiring berjalannya waktu memang makanan menjadi salah satu simbol tingkat sosial seseorang.

Kaya atau tidaknya seseorang bisa dilihat dari jenis makanan apa yang dimakannya sehari-hari. Ada yang sehari hanya menghabiskan sepotong tempe seharga 2000 perak saja, tapi ada juga yang bermewah-mewahan dengan makanan mahal. Dirangkum dari boombastis.com, inilah 5 makanan termahal yang pernah ada di dunia. Harganya bisa bikin mata terbelalak!

1. Safron – rempah seharga Rp. 25 juta

via pexels.com

Sekilas memang terlihat seperti rempah biasa, namun harganya luar biasa. Satu pon safron dibandrol dengan harga yang bisa mencapai Rp 25 juta. Makanan ini mahal karena rempah ini harus dipisahkan serat-seratnya dengan tangan. Artinya, butuh proses panjang dan teliti untuk bisa membuat rempah ini siap dijual. Nggak heran kalau harganya jadi selangit!

2. Fugu – ikan buntal khas Jepang yang sekilonya mencapai Rp. 3 juta

Tokyo, Kanto, Japan, North-East Asia, Asia – Person Holding a Puffer Fish via gettyimages.dk

Fugu atau ikan buntal merupakan bahan makanan yang sangat populer di Jepang. Tetapi, hanya orang-orang ahli saja yang boleh mengolah ikan ini untuk dijadikan masakan. Kenapa? Ternyata, jika salah dalam pengolahannya, ikan ini bisa menyebabkan si konsumen meninggal akibat racun yang terkandung dalam ikan fugu. Inilah yang membuat ikan ini jadi mahal mencapai Rp 3 juta per kilogramnya.  Apakah rasanya yang, katanya, enak ini sebanding dengan risikonya?

3. Foie gras – harganya Rp. 2 Juta per kilogram

via pexels.com

Menu hati bebek ini hanya ada di resto-resto ternama atau hotel-hotel berbintang bertaraf internasional. Pasalnya, bahan baku bebek ini sangat mahal mencapai Rp 2 juta perkilogramnya. Hati bebek ini jadi mahal karena sebelum dipotong dan dimasak, bebek ini akan dipaksa makan banyak terlebih dahulu supaya beratnya mencapai angka tertentu.

Makanan dimasukkan langsung ke tenggorokan bebek dengan cara kasar karena pasti akan ada penolakan. Sulitnya proses ini membuat foie gras dibandrol dengan harga yang kurang masuk akal.

Editor’s Pick


Bikin Sendiri Telur Orak-Arik ala Gordon Ramsay di Kosan, yuk!

Buat yang Suka Makan di Resto Fast Food, 9 Rahasia Ini Harus Kamu Tahu

Nasi Sisa Jangan Dibuang, Kreasikan Jadi 4 Menu Lezat Ini, Yuk!

4. Matsutake – jamur seharga Rp. 25 juta

via beritasatu.com

Jamur yang konon katanya enak ini tergolong langka. Tiap tahun persediannya semakin menurun, entah apa penyebabnya. Kelangkaan bahan pangan ini membuat matsutake dihargai sangat mahal yaitu mencapai Rp. 25 juta per kilonya. Saking mahalnya, jamur ini hanya digunakan sebagai hadiah atau persembahan untuk petinggi-petinggi saja.

5. Beluga caviar – telur ikan yang dibandrol Rp 60 juta

via kaskus.co.id

Sekilas bahan makanan ini tampak seperti mutiara. Namun jika ditilik lagi rupanya makanan ini adalah beluga caviar yang merupakan telur ikan Sturgeon yang hanya ditemukan di perairan tertentu. Populasi ikan ini sangat dilindungi karena terancam punah jadi penangkapan ikan ini sangatlah dibatasi secara ketat. Telur ikan ini memiliki warna yang bervariasi mulai dari hitam, ungu sampai putih. Semakin pucat warnanya, semakin mahal pula harganya. Sekilo saja bisa dihargai sampai Rp. 60 juta, lho. Wow!

Itu dia 5 makanan termahal di dunia. Menurut kamu, apakah harganya sebanding dengan makanannya?

Komentar:

Komentar