10 Makanan Aneh di Dunia yang Harus Kamu Coba Minimal Sekali Saja

Tarantula goreng, tarantula goreng, tarantula goreng... Neng, mau tarantula goreng?

:

Apa yang terlintas di benak kamu kalau dengar kata makanan aneh? Mungkin terbayangnya sesuatu yang nggak lazim dimakan, tapi ternyata bisa diolah jadi sebuah hidangan. Contohnya di Kamboja, di sana tarantula goreng jadi kudapan primadona masyarakat lho. Katanya sih, rasanya enak banget.

Seenak-enaknya tarantula goreng, tetap nggak kebayang sama saya jika di Indonesia ada orang yang masuk restoran, terus bilang: “Mas, saya pesan tarantula goreng dua porsi. Dibikin krispi kriuk-kriuk gitu ya. NPL, nggak pakai lama.”

Tapi tunggu dulu, yang namanya makanan aneh itu nggak selamanya berbentuk ekstrem atau menjijikan kok. Ada juga kuliner yang bahan dasar atau cara masaknya unik, tapi penampilannya menarik. Bikin kamu penasaran pengen foto-foto dulu sebelum nyicip, terus diunggah ke media sosial dengan caption  “jangan lupa makan guys…”

Biar kamu percaya kalau makanan aneh yang saya maksud itu ada, cek di bawah ini.

1. Udara goreng

via odditycentral.com

Biasanya makanan yang digoreng itu daging unggas atau binatang air. Beda kasusnya dengan menu yang ada di salah satu restoran Feva di Italia. Di tempat itu mereka menyajikan menu fried air atau udara goreng.

Kok bisa ya udara digoreng? Oh… ternyata bahan dasar dari makanan aneh ini adalah kulit tapioka yang dipanggang lalu digoreng, setelah itu baru deh diinfuskan ozon selama 10 menit. Itulah kenapa makanan ini dinamakan fried air atau udara goreng.

Tapi kalau diperhatikan, mirip sama makanan khas Garut yang dibuat dari kulit domba ya?


2. Steak semangka

via facebook.com/Ducks Eatery

Vegetarian pasti bakal menolak mentah-mentah kalau ditawari steak yang berbahan dasar daging hewan. Tapi ada kabar gembira nih buat kamu para vegetarian, sekarang steak ada yang dibuat dari buah semangka.

Ide awal dari makanan aneh ini berasal dari Will Horowitz, pemilik restoran Ducks Eatery di New York, Amerika Serikat. Ia menemukan cara memasak semangka supaya sama persis dengan daging yang dipanggang. Mulai dari bentuk, aroma, dan rasa semuanya sama.

Usut punya usut, untuk mendapatkan tekstur semangka yang empuk butuh proses yang cukup lama lho. Semangka harus direndam selama empat hari di air yang sudah diberi garam dan rempah-rempah. Lalu, setelah diasapi lagi selama delapan jam, barulah semangka tersebut bisa disajikan sebagai satu porsi steak semangka yang menggugah selera.

3. Air hot dog

via instagram.com/sassy77

Di tengah maraknya minuman sehat yang menawarkan kesegaran dengan berbagai macam rasa, ada satu minuman yang unik bin ajaib hasil penemuan pria bernama Douglas Evans. Pasalnya minuman botolan yang dibuatnya itu berisikan sosis. Nggak heran kalau minuman ini dikasih nama hot dog water.

Penampakannya memang aneh luar biasa. Dari 10.526.621 orang di dunia, mungkin cuma satu orang yang kepikiran buat memasukkan sosis ke dalam minuman.

Tapi, jangan salah. Biarpun aneh, air ini juga punya khasiat lho. Di setiap tegukannya kamu bisa meningkatkan fungsi otak, menambah cairan tubuh, membantu menurunkan berat badan, terlihat awet muda, dan mbl (masih banyak lagi). Kurang apa lagi coba. Bikin sehat iya, menghilangkan dahaga sekaligus rasa lapar juga iya.

4. Ayam goreng berbalut emas

via facebook.com/The Ainsworth

Proses memasak ayam goreng emas ini hampir mirip sama cara masak ayam goreng yang dibuat Ibu kamu di rumah. Pertama-tama ayam dibumbui dengan madu, mentega kelapa, dan chipotle (cabai super pedas Meksiko). Beres dibumbui, ayam kemudian didiamkan selama 24 jam. Setelah itu ayam digoreng lalu dilumuri saus emas berkilauan yang pastinya bisa dimakan.

Kalau kamu mau coba bikin di rumah, cari tahu dulu ya bahan saus emasnya itu apa saja. Jangan pakai kalung emas Ibu kamu. Bisa-bisa kamu ditendang dari rumah.

5. Susu kecoak

via youtube.com/The CheNews

“Iyuh… apaan tuh susu kecoak!”

Eits, jangan jijik dengar kata susu kecoak. Tahukah kamu, menurut beberapa ilmuwan susu kecoak merupakan salah satu zat paling bernutrisi sejagat raya. Sampai-sampai mereka mengatakan kalau susu kecoak ini bisa masuk dalam kategori superfood, menyusul telur dan sayuran berdaun hijau.

Jangan salah lho, kecoak yang dipakai bukan asal kecoak. Ini bukan kecoak yang sering mangkal di rumah-rumah, tapi kecoak kumbang pasifik yang bisa menghasilkan susu. Nggak menutup kemungkinan di masa depan nggak cuma susu sapi atau susu kedelai yang ada di supermarket, tapi  juga susu kecoa.

6. Saus lembaran

via kickstarter.com/Slice of Sauce

Zaman makin maju, segalanya makin praktis. Sampai ke urusan saus pun sekarang kamu gak perlu repot mukul-mukul botol kalau sausnya susah keluar. Perusahaan Bo’s Fine Foods di Amerika Serikat membuat saus tomat lembaran yang diberi nama Slice of Sauce.

Dalang di balik pembuatan saus ini adalah Emily, pendiri Bo’s Fine. Idenya berawal ketika Emily tengah iseng mengolah sisa sayuran dari bahan saus barberque dari restoran milik keluarganya. Ia pun menngolah sisa sayuran dengan saus lalu mengeringkannya. Nggak disangka, ternyata eksperimen keisengan Emily malah menghasilkan inovasi baru lewat saus lembaran yang bisa kamu makan dengan burger.

Slice of Sauce masih terus dipromosikan melalui situs Kickstarter. Wah… semangat deh buat Emily, dunia ini butuh orang-orang kreatif sepertinya.

7. Kopi bawang

via odditycentral.com

Apa jadinya kalau kopi yang beraroma wangi digabung dengan bawang yang baunya menyengat hidung? Kalau pengen tahu, coba beli kopi bawang buatan Yokitomo Shimotai, seorang pemilik kedai kopi di Jepang.  Kopinya bener-bener terbuat dari bawang asli, tanpa dicampur biji kopi sedikit pun.

Yokitomo memanggang bawang sampai hangus, lalu menggilingnya sampai bubuk. Jadilah bubuk bawang hangus yang persis seperti kopi. Yang membedakan kopi ini dengan yang lainnya, kopi bawang sama sekali nggak mengandun kafein. Jadi lebih aman, sehat, dan… bau bawang.

8. Paan api

via odditycentral.com

Paan adalah camilan penuh khasiat menyehatkan khas India. Makanan ini terbuat dari aneka rempah, buah kering, mukhwas, dan gula, kemudian dibungkus dengan daun betel. Syah Rukh Khan dan kawan-kawan sebangsa dan setanah airnya biasa memakan paan dengan cara mengunyah daun beserta isinya.

Belum nemu keanehannya? Terusin dulu bacanya…

Camilan ini pun berinovasi jadi makanan yang unik. Inovasinya bukan kayak makanan kekinian yang jadi ditambahi rasa red velvet atau matcha. Sesuai namanya, fire paan atau paan api bikin paan harus dimakan saat api masih menyala.

Itu ngemil apa debus ya?

9. Coklat pereda nyeri menstruasi

via frauenmond-chocolate.com

Rasa keram di perut, itu adalah hal paling menyebalkan buat kaum hawa yang lagi datang bulan. Kadang kalau udah parah, buat menghilangkan rasa sakitnya orang sampai terpaksa minum obat atau jamu yang rasanya nggak enak banget.

Tapi dalam waktu dekat, kejadian kayak gitu mungkin hanya bakal jadi sejarah masa lalu buat perempuan. Pasalnya perusahaan coklat di Swiss berhasil membuat Frauenmond, coklat dengan khasiat meredakan nyeri haid.

Frauenmond terbuat dari dark choclate, 12 macam tanaman herbal, magnesium, zat besi, dan minyak mandarin. Bahan-bahan yang ada di dalamnya diklaim bisa menghilangkan nyeri saat menstruasi. Sungguh produk coklat yang patut diberi penghargaan dari semua perempuan di muka bumi *standing applause*.

10. Mie neon

via twitter.com/@reraku

Mie (instan) biasanya identik sama makanan anak kos-kosan di akhir bulan, pas dompet lagi kering-keringnya. Beda lagi sama mie yang satu ini: neon noodle. Namanya juga mie neon, jadi warnanya kayak lampu neon yang menyilaukan mata.

Adalah Kurare Raku, seorang penulis topik kuliner asal Jepang yang jadi otak di balik terciptanya udon yang bisa menyala dalam gelap. Pria yang dijuluki ilmuwan gila tersebut memang sengaja membuatnya, untuk kemudian membawa karyanya itu ke pembukaan Festival Sains di Osaka. T

Buat kamu yang doyan berburu kuliner, merasa tertantang nggak nih buat mencicipi makanan-makanan aneh di atas? Kalau bisa sekalian bikin ulasannya ya.

Komentar:

Komentar