Indonesia itu identik dengan keindahan alamnya dan berbagai tempat yang menakjubkan mata. Saking banyaknya destinasi wisata semacam itu, jangan heran kalau kamu menemukan orang yang bingung mau berlibur ke mana. Ujung-ujungnya, dia diam saja di rumah.

Sayang, ‘kan? Hidup ini cuma sekali. Tak ada salahnya kamu membahagiakan diri sendiri dengan berkunjung ke tempat-tempat yang sanggup membuat kamu bergidik takjub. Untuk rekomendasinya sendiri, sudah pernah dengarkah kamu tentang Kepulauan Tanimbar? Di sana banyak banget tempat indah dan deretan hidden paradiseย (wisata alam yang masih asri dan jarang dikunjungi) yang bisa kamu nikmati.

Untuk tiba di Kepulauan Tanimbar (Maluku Tenggara Barat), kamu harus transit dahulu di Ambon sebelum melanjutkan perjalanan dengan pesawat atau kapal. Tak usah khawatir merasa bosan di perjalanan, mata kamu bakal segera dimanjakan dengan panorama alam Kepulauan Tanimbar.

Kira-kira apa saja kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan sesampainya di Kepulauan Tanimbar? Coba kamu intip rekomendasi kegiatan seru berikut ini.

1. Menjelajahi keindahan Pulau dan Pantai Nustabun

via pesonatanimbar.com

Hamparan pasir putih, susunan bebatuan, dan biota laut yang masih terjaga keasriannya membuat Pulau Nustabun begitu menarik untuk disambangi. Usahakan kamu datang waktu siang hari, dan kamu bakal mengerti kenapa tempat ini sangat direkomendasikan!

Bayangkan jika kamu bisa berjalan-jalan di sekitar pantai sambil menikmati pemandangan serba biru yang dipancarkan langit dan laut dengan tenang. Jernihnya air di laut pasti bakal bikin kamu tak bisa menahan hasrat untuk berenang di sana.

Dan kalau kamu termasuk orang yang malas berenang atau basah-basahan, tak perlu khawatir. Sejauh mata memandang, hamparan pasir putih yang keindahannya seperti berasal dari planet lain akan menemani kamu. Hmm… kayaknya pengalaman kamu liburan ke Pantai Nustabun bakal lebih berkesan deh kalau perginya bareng pasangan. Betul?

Oh ya, selain Pantai Nustabun, satu pantai lain yang direkomendasikan adalah Pantai Matakus, satu pantai dengan panorama indah yang terletak di Pulau Matakus.

2. Menikmati matahari terbenam di Batlosa, ‘pintu batu’ di pinggir pantai

via pesonatanimbar.com

Di Desa Latdalam ada formasi batu unik pinggir pantai yang disebut Batlosa (bahasa setempat yang artinya ‘pintu pantai’). Di sana kamu bisa menikmati matahari terbenam lewat celah ‘pintu’ di batu tersebut. Jangan lupa ambil foto kenang-kenangan di Batlosa sebelum kamu beranjak ke destinasi selanjutnya.

3. Menyelam sambil menikmati terumbu karang di pulau Asatubun dan pulau Angwarmase

via pesonatanimbar.com

Liburan di Kepulauan Tanimbar belumlah lengkap rasanyaย kalau kamu belum melihat keindahan terumbu karang di sana. Untungnya, Tanimbar punya beberapa spot menarik untuk aktivitas snorkling, di antaranya Pulau Asatubun dan Pulau Angwarmase.

via pesonatanimbar.com

Kalau kamu mendatangi Pulau Asatubun dan Pulau Angwarmase, jangan lupa juga ya buat mengambil foto tebingnya. Tebing di sana keren banget!

4. Menyambangi deretan sungai dan air terjun Saumlaki yang masih terjaga keasriannya

Kalau kamu sudah puas menjelajahi wisata pantai Kepulauan Tanimbar, nggak ada salahnya kamu coba sambangi desa-desa untuk menikmati deretan sungai dan air terjun yang masih jernih. Sungai di Desa Kabiarat misalnya, cocok banget buat dijadikan spot bersantai maupun berenang.

View this post on Instagram

Siang basudara dong, su tau spot ini belum?? Ini adalah air terjun ASALUTNYIWAU Di desa tutukembong, Kecamatan Nirunmas. Untuk sampai disana kita harus baerjalan kaki sekitar 200 meter dari jalan raya. Tapi rasanya akan terbayarkan kalo udah sampe di air terjun ini…๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š Air nya deras dan segar, batuan nya yang tinggi serta nuasa alam nya yang bikin sejuk mata dan hati.๐Ÿ˜ Air terjun ASALUTNYIWAU Ini merupakan salah satu sumber mata air bagi desa tutukembong, jadi buat basudara yang datang ke sini tetap jaga kebersihan lingkungan ee… Ingatang pepatah seorang petualang, Tidak mengambil apapun kecuali GAMBAR, TIDAK meninggalkan apapun JEJAK, dan Tidak membunuh apapun selain WAKTU ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜ Happy Weekend Basudara… – – – Photo by : @yourizbatlolona014 @denotleatemia – – #genpi #genpimaluku #instanimbar #tanimbarlensaphotograph #menduniakanmaluku #pesonaindonesia #pesonamaluku #pesonatanimbar #malukutenggarabarat #saumlaki

A post shared by InsTanimbar (@instanimbar) on

Kamu juga bisa berenang sambil melihat pemandangan air terjun Asalutnyiau di Dea Tutukembong. Air terjun ini dinaungi oleh pepohonan hijau yang jadi pelengkap keeksotisan alam Tanimbar. Hmm… keasrian wisata air Tanimbar pas banget buat kamu yang ingin menyegarkan badan sekaligus pikiran.

5. Tak hanya keindahan alamnya saja, budaya dan kearifan lokal Kepulauan Tanimbar juga layak untuk kamu jelajahi

Perahu batu Fampompar dan tangga batu karya leluhur masyarakat Desa Sangliat Doi/via pesonatanimbar.com

Masyarakat Tanimbar tergolong masih melestarikan budaya leluhur mereka. Jadi tak heran jika banyak situs budaya dan tradisi Tanimbar yang sayang untuk kamu lewati begitu saja. Misalnya, di Desa Sangliat Doi ada perahu batu Fampompar serta tangga yang juga terbuat dari batu. Konon, situs tersebut adalah warisan leluhur yang dibangun dengan metode kuno zaman megalitikum.

Tradisi memasak dengan cara bakar batu/via sharontravelogue.com

Ada pula teknik memasak tradisional masyarakat Tanimbar, ‘Bakar batu’ yang masih dipertahankan sampai sekarang. Memakan ikan hasil tangkapan laut yang dimasak dengan cara bakar batu pasti bisa memberi pengalaman berharga saat kamu berkunjung ke Tanimbar.

Kapan nih jadinya kamu mau pergi ke Kepulauan Tanimbar? Kepoin lebih lanjut surga dunia ini diย Pesonatanimbar.com, yuk!

- Advertisement -
Shares 25