Eh, Udah Tahu Belum, 6 Hal ini Wajib Banget Kamu Ketahui Kalau Pengen Jalan-jalan ke Jepang

Ada yang berencana mau ke Jepang? Kuy disimak

Masih ingat arti dari peribahasa “di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung?” Kalo sampai lupa kebangetan banget lah ya. Nah, karena adanya perbedaan budaya, kadang apa yang kita anggap biasa di sini, ternyata dapat diasumsikan berbeda di tempat lain, sekalipun kita nggak bermaksud buruk. Masih ingat kasus dua kakak beradik dari Arab yang dirundung netizen karena dianggap LBGT padahal nggak? Itu salah satu dari sekian banyak contohnya.

Oleh karena itu, sebelum pergi ke tempat yang budayanya sama sekali berbeda, kita wajib mengetahui apa saja yang sekiranya boleh dan tidak boleh. Apalagi kalau kita berkunjung ke negara yang menjunjung tinggi sopan santun seperti Jepang. Hmm, kira-kira apa saja ya sih yang perlu kamu ketahui sebelum jalan-jalan ke Jepang?

1. Beri ruang di tempat umum

via wikihow.com

Ketika berada di tempat umum, cobalah untuk memberi jarak saat berada di dekat orang asing, entah itu di jalan, subway, atau restoran. Jaga jarak sekitar 30-90 cm supaya kamu tidak terlihat mengikuti dia atau terlalu agresif.

2. Lepas sepatu ketika memasuki ruangan

Image titled Visit Japan Step 20

Melepas sepatu ketika masuk ke dalam rumah mirip dengan budaya di Indonesia, namun ada beberapa kantor dan bangunan lain yang mengharuskan kamu untuk melepas sepatu dan menggantinya dengan sepatu atau sandal yang khusus dipakai dalam ruangan. Kalau kamu lupa melepas sepatu, nggak perlu panik, cukup meminta maaf dan kembali ke depan pintu untuk melepas sepatumu.

3. Perhatikan sikap ketika berada di tempat suci

Image titled Visit Japan Step 21

- Advertisement -

Jepang terkenal memiliki banyak kuil, oleh karena itu perhatikan sikapmu selama berada di sana. Berbicaralah dengan suara pelan, jangan berteriak ketika memanggil seseorang, dan ambil gambar seperlunya. Mirip-mirip ketika kita berada di masjid, gereja, wihara, pura, atau tempat ibadah lainnya di Indonesia. Mungkin kamu bisa menyewa pemandu supaya tahu bagaimana cara bersikap di sana.

4. Membungkuk ketika menyapa orang lain

Image titled Visit Japan Step 22

Kalau kamu sering baca manga, nonton anime atau drama, pasti tahu kebiasaan satu ini. Mereka biasa membungkuk ketika bertemu, berpisah, berterima kasih, dan ketika memberi selamat. Untuk membungkuknya sendiri ada caranya, bungkukkan pinggang sampai 45 derajat, jaga punggung dan kaki tetap lurus, tatapan mata mengarah ke bawah. Tarik nafas seiring kamu mulai membungkuk, hembuskan ketika kamu menahannya, dan tarik nafas lagi ketika kamu angkat. Kalau kamu berinteraksi dengan orang yang sudah cukup akrab, kamu nggak perlu terlalu formal, cukup anggukkan kepala atau membungkuk secara singkat.

5. Jangan menusukkan sumpit ke dalam nasi

Image titled Visit Japan Step 23

Ada satu alasan mengapa kebiasaan ini jangan sampai kamu lakukan ketika sedang makan. Kebiasaan ini biasa dilakukan oleh orang Jepang ketika upacara pemakaman. Selain itu, jangan sampai mengambilkan makanan untuk orang lain dengan menggunakan sumpit, langsung ambil piring/mangkoknya dan berikan ke orangnya.

 

6. Tutupi tato ketika ke onsen

Image titled Visit Japan Step 24

Meski nggak semua, ada beberapa onsen (pemandian air panas) untuk umum yang mengharuskan pelanggannya untuk menutupi tato ketika akan pergi berendam. Kalau kamu ragu, kamu bisa menanyakan ke pegawai onsen tersebut apakah tato di tubuhmu perlu ditutupi atau nggak.

Itu dia 6 hal yang harus kamu ketahui ketika berada di Jepang. Apa ada yang terlewat? Kamu bisa menulisnya di kolom komentar.

- Advertisement -
Shares 53

Komentar:

Komentar