Apa Kamu Termasuk Orang yang Senang Memanjakan Mata? Kamu Wajib Lihat Keindahan yang Ada di 6 Festival Ini


:

Apa yang dimaksud dengan indah atau keindahan itu?

Wah, walaupun ada definisi baku dari KBBI, tapi setiap orang punya selera masing-masing jika membicarakan tentang sesuatu yang elok dan enak dipandang. Artikel ini sendiri akan membahas tentang keindahan yang termanifestasikan dalam bentuk festival, atau dengan kata lain dibuat dengan campur tangan manusia. Lalu, apa yang membuat enam festival ini layak disebut indah?

Well, salah satu buktinya bisa dilihat dari jutaan orang yang datang ke festival tersebut setiap tahunnya. Dari berbagai alasan kedatangan para pengunjung itu, nggak bisa dipungkiri lagi kalau mereka pengen dimanjakan oleh keelokan yang tersaji dalam kemeriahan festival. Untuk sedikit buktinya, kamu bisa lihat sendiri lewat foto beserta informasi yang udah dirangkum dari berbagai sumber di bawah ini.

1. White Nights Festival/Festival Hari Putih (Rusia)

via emlii.com

Festival yang rutin digelar saat musim di mana matahari masih terlihat di tengah malam ini bukanlah festival yang digelar hanya dalam waktu sehari. Itu karena acaranya banyak banget. Dari mulai tarian balet, musik, sampai opera jadi andalan festival ini untuk menghibur hadirin yang umumnya didominasi pelajar dan mahasiswa. Tapi nih, puncak kemeriahan dariĀ White Nights Festival ada pada Scarlet Sails.

Seperti ditunjukkan namanya (scarlet sails=layar merah), dalam momen itu kamu bisa melihat kapal besar yang bermandikan warna merah berlayar mengarungi Sungai Neva, lengkap dengan dentuman dan percikan kembang api yang menghiasi langit.

via metaspoon.com

Festival ini cocok didatangi pas masa liburan. Apalagi kalau kamu udah lulus sekolah, berbaur dengan para pelajar lokal Rusia dan mancanegara bisa bikin kamu serasa muda lagi.

2. Winter Light Festival/Festival Cahaya Musim Dingin (Jepang)

via commons.wikimedia.org

Festival ini diadakan setiap musim dingin, sekitar bulan November hingga Maret, di kebun raya/taman bunga Nabana no Sato. Dengan koleksi bunganya yang udah sanggup memanjakan mata, pemandangan di kebun raya itu makin dipercantik dengan cahaya dari jutaan lampu LED.


Lampu-lampu yang sumber energinya berasal dari tenaga surya itu dinyalakan secara bersamaan di malam hari, menciptakan pemandangan yang bisa membuat setiap pasang mata terpaku kagum menatapnya.

via flickr.com

3. Sapporo Snow Festival/Festival Salju Sapporo (Jepang)

via pinterest.com

Awal mula festival ini bisa dilacak pada tahun 1950. Yup, saat itu hanya ada enam patung dari salju yang dibuat oleh para siswa SMA setempat. Dari yang semula terdengar seperti keisengan remaja, Sapporo Snow Festival kini menjadi salah satu acara tahunan terbesar di Jepang, dengan jutaan orang berduyun-duyun mendatangi festival ini “hanya untuk” berdecak kagum melihat buah karya dari salju.

via wonderslist.com

Ajang ini digelar saban tahun di bulan Februari. Asyiknya, kamu bisa mengagumi keindahan patung dan hasil pahatan selama seminggu penuh!

4. Festival Lentera di Angkasa (Asia)

via commons.wikimedia.org

Sebenarnya banyak wilayah di Asia yang menyelenggarakan festival lentera. Di antaranya adalah Tiongkok, Taiwan, Jepang, dan negara-negara di Asia Tenggara.

Dari Asia Tenggara sendiri, festival yang paling dikenal adalah Yi Peng di Chiang Mai, Thailand. Pada bulan ke-12 kalender lunar tradisional, warga Thailand biasa merayakannya saat bulan purnama tengah terlihat. Saat itu pula mereka menghiasi jalanan, rumah, dan kuil dengan lentera.

via flickr.com

Tapi, puncak keindahannya adalah ketika melihat lentera itu dilepaskan dan menghiasi langit malam. Belum lagi jika mengingat waktu pelaksanaan festival Yi Peng bertepatan dengan festival Loi Krathong. Dalam festival itu, krathong (semacam wadah terbuat dari batang pohon pisang atau roti) yang menyala diambangkan di atas sungai, sehingga membuat kombinasi cahaya spektakuler dengan lentera Yi Peng yang melayang di angkasa.

5. Carnivale di Venezia/Karnaval Venesia (Italia)

via pixabay.com

Festival (atau lebih tepatnya carnivale, hehe) yang sudah dimulai sejak abad 12 ini cocok buat kamu yang demen sama kostum dan topeng bergaya eksotis. Festival dimulai, jalanan pun menjadi penuh dengan kumpulan orang yang memakai topeng. Kostum-kostum yang seolah berasal dari abad lampau pun terpasang di tubuh mereka. Nuansa eksotik semakin komplet dengan jalanan bergaya vintage yang bisa kamu temui di berbagai sudut kota Venesia.

via emlii.com

Karnaval ini nggak cuma soal topeng. Ada pula pertunjukkan musik dan pertunjukkan jalanan lainnya yang bisa kamu nikmati. Dan jangan lupakan juga kanal-kanal yang memikat perhatian banyak turis mancanegera itu.

6. Rio Carnival/Karnaval Rio (Brazil)

via dailymail.co.uk

Dan inilah festival yang kerap disebut sebagai festival terbesar sejagat. Per harinya saja festival ini bisa menyedot animo sekitar dua juta pengunjung. Itu baru satu hari, karena festival ini biasa diselenggarakan selama lima-enam hari.

Dan apa yang paling menarik perhatian dari Rio Carnival?

Tentu saja goyangan sambanya. Selama beberapa hari, pengunjung bakal dihibur oleh tarian dan pernak-pernik kostum unik dari para penari yang berparade.

Kebukti kan kalau festival-festival ini sedap dipandang mata? Hehe, kalau mau datang langsung ke lokasinya berarti kita harus siap-siap ngerogoh kocek cukup dalam. Atau… jangan-jangan kamu udah pernah ke sana?

Komentar:

Komentar