9 Sekolah Ini Nggak Kalah Keren dari Hogwarts, Lho!


:

Kamu yang pernah membaca novel atau nonton film Harry Potter, pasti pengen banget kan sekolah di Hogwarts yang super keren. Bukan cuma soal pelajaran sihirnya, Hogwarts juga membagi para siswa sesuai bakat dan minatnya hingga mereka dapat belajar dengan lebih baik.

Nah, 9 sekolah ini nggak kalah keren dari Hogwarts, lho. Ada di dunia nyata pula!

1. Makoko Floating School (Makoko, Lagos, Nigeria)

sk1
via brightside.me

Gimana ya rasanya punya sekolah yang mengapung? Tanya deh sama siswa di Makoko. Meski terlihat kecil, sekolah ini memiliki ruang kelas dan tempat bermain yang bisa menampung hingga 100 orang.

2. ├śrestad Gymnasium (Copenhagen, Denmark)

sk2
via brightside.me

Dari tampilan, sama sekali tak nampak suasana sekolah, kan? Ini sengaja, lho, biar siswa merasa nyaman dan bisa mengekspresikan diri mereka.

3. Big Picture Learning (Rhode Island, United States)

sk3
via brightside.me

Keterampilan merupakan kunci penting untuk meraih cita-cita. Nah, sekolah ini hanya memberikan pelajaran sesuai bakat dan minat siswa. Siswa yang datang juga bisa memilih dengan bebas pelajaran mereka.

4. Carpe Diem Innovative School (Ohio, USA)

sk4
via brightside.me

Sekolah ini nggak kenal yang namanya kelas. Seluruh siswa berada dalam satu ruangan yang tersekat-sekat layaknya kantor.

5. Brightworks (San Fransisco, California)

sk5
via brightside.me

Orang tua biasanya menjauhkan anak-anaknya dari bahaya. Tapi, sekolah ini memiliki prinsip yang berbeda. Siswa diperbolehkan bersentuhan langsung dengan api dan peralatan lain yang dianggap berbahaya. Di sekoah ini para muridnya belajar tentang inovasi dan pembangunan dengan cara aplikasi langsung.


6. Pendidikan Yang Tak Mengenak Gender (Stockholm, Swedia)

sk6
via brightside.me

Sekolah ini sama sekali tidak mengenal gender. Semua siswa diijinkan tumbuh menjadi dirinya sendiri. Bahkan, tak ada panggilan ‘she‘ atau ‘he‘ di sini, semua panggilan diganti dengan panggilan ‘hen’┬áyang bisa digunakan siapapun.

7. Terraset Elementary School (Toronto, Canada)

sk8
via brightside.me

Pergi ke sekolah pasti untuk belajar, bukan? Tapi, sekolah yang satu ini sama sekali nggak punya mata pelajaran. Siswa juga dibebaskan untuk melakukan apapun selama jam sekolah. Tujuan sekolah ini adalah untuk mengasah kreatifitas muridnya.

8. Saunalahti School (Espoo, Finlandia)

sk9
via brightside.me

Selama pembelajaran, biasanya guru melarang siswa untuk ngobrol dengan temannya tapi di sekolah yang mengedepanan atmosfir tanpa stress, muridnya bisa berekspresi sesuka hatinya. Nggak cuma itu, siswa juga diijinkan untuk tiduran di sofa ketika merasa lelah. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, mulai perpustakaan, gym, aula, serta komunitas untuk para siswa.

9. Steve Jobs School (Amsterdam, Belanda)

sk7
via brightside.me

Sekolah untuk anak usia 4-12 tahun ini difokuskan untuk mengembangkan bakat, minat, serta kemapuan anak. Setiap siswa memiliki rencana belajar berbeda yang akan dievaluasi tiap enam minggu oleh siswa, orang tua, dan pengajar.

Gimana? Jadi pengen pindah ke sana aja, kan?

Komentar:

Komentar