Mau 7 Tips Liburan Hemat Yang Ngga Bikin Kantong Kalian Jebol Tapi Tetep Asyik?


Sebentar lagi musim libur lebaran tiba nih, guys. Kalian udah rencana mau liburan kemana? Eiittss..Tapi inget ya, kalian juga harus pintar mengatur keuangan kalian. Jangan sampai uang gaji kalian yang sudah dialokasikan untuk hal lainya jadi terpakai juga. Seperti contohnya, perencanaan yang matang, dan juga tujuan liburan yang jelas bisa bikin liburan kalian makin asyik dan juga terkontrol pengeluaranya.

Nah, untuk jelasnya, agar liburan kalian tetap asyik dan juga hemat, yuk ikuti tips dan trik liburan berikut ini. Siap-siap deh liburan asyik dan ga bikin kantong jebol.

1. Survei secara detail

via deltarank.com

Survei tempat yang akan kalian datangi. Hali ini penting karena akan membantu kalian memiliki bayangan soal berapa banyak budget yang harus kalian siapkan. Siapkan juga berbagai keperluan lainya sebelum berangkat. Semisal tempat menginap, tempat yang akan dikunjungi, dan juga tempat makan agar kegiatan kalian semakin lancar.

2. Siapkan uang cadangan

via pixabay.com

Walaupun kalian sedang liburan hemat, kalian harus tetap mempersiapkan uang cadangan ya! Jangan sampai kalian kehabisan uang dan tidak bisa kembali ke rumah. Tetapi ingat, uang itu hanya untuk keadaan darurat. Tetap stay pada rencana budget awal di tahap survei tadi ya!

3. Pilih transportasi yang paling efesien

via londonpartners.co.uk

Transportasi adalah salah satu point yang harus kalian perhatikan. Selama kalian bisa menggunakan transportasi yang murah, usahakan jangan memaksakan menggunakan yang mahal. Untuk contoh, perjalanan dari Jakarta atau Bandung ke Jogja akan lebih murah ditempuh dengan kereta atau bus dibanding pesawat, walaupun waktu sampainya lebih lama. Tak apa lama, yang penting pengalaman liburannya kan?

4. Gunakan kendaraan pribadi

via 123rf.com

Masih masalah transportasi. Kenapa point ini dipisahkan, karena mobil atau motor pribadi memiliki beberapa kelebihan lain dibanding kendaraan umum seperti kereta dan bus. Dengan menggunakan mobil pribadi kalian bisa menekan pengeluaran. Untuk bahan bakar kalian bisa patungan bersama teman-teman kalian apabila kalian liburan bersama teman-teman. Selain itu, dengan menggunakan kendaraan pribadi kalian bisa banyak beristirahat di berbagai tempat yang kece untuk sekedar berfoto. Asyik kan!

Masih ada 3 tips lainnya di halaman selanjutnya.

44 Shares

Komentar:

Komentar