7 Tempat Wisata Indonesia yang Serupa dengan Tempat di Negara Lain


Pesona alam Indonesia tak kalah dari negara-negara lain. Begitu banyak tempat wisata di Indonesia yang menawarkan eksotisme keindahan alam. Berikut beberapa tempat yang dapat dijadikan referensi untuk kamu jelajahi.

1. Air Terjun Moramo vs Air Terjun Niagara

Air Terjun Moramo terletak sekitar 60 kilometer dari Kendari. Wisata ini menyerupai Air Terjun Niagara. Bedanya, di Air Terjun Maromo, kamu bisa menyusuri tebing-tebingnya dan merasakan derasnya air yang mengalir di kaki kamu. Eits, hati-hati ya, untuk tidak tergelincir dan jatuh ke dalam derasnya air yang mengalir.

air-terjun-moramo

Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara via gocelebes.com

menikmati-sensasi-air-terjun-niagara

Air Terjun Niagara, Amerika Serikat via merdeka.com

2. Candi Sukuh vs Chichen Itza

Candi Sukuh terletak di lereng Gunung Lawu atau tepatnya berada di Dukuh Berjo, Desa Sukuh, Karanganyar. Sukuh merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit yang tidak menghadap ke arah matahari seperti candi Hindu lainnya. Candi ini justru menghadap ke arah Barat. Uniknya lagi, Candi Sukuh memiliki bentuk yang mirip dengan Chichen Itza yang berada di Meksiko.

candi-sukuh

Candi Sukuh, Jawa Tengah via wisatanesia.co

site_0483_0001-750-0-20080528123637

Chichen Itza, Meksiko via whc.unesco.org

3. Taman Nasional Wasur vs Kanguru Australia

Ingin melihat kanguru Australia tetapi gak mau jauh-jauh ke luar negeri? Di Taman Nasional Wasur terdapat spesies hewan yang hidup di bagian timur Indonesia. Salah satunya adalah kanguru yang mirip dengan kanguru Australia. Kemiripan ini menjadi bukti bahwa dulunya Benua Australia pernah menjadi satu daratan dengan Indonesia.

045434300_1443871004-5

Taman Nasional Wasur, Papua via terselubung.in

045549900_1443871004-6

Kanguru Australia via terselubung.in

4. Green Canyon

Nama tempat wisata yang satu ini sama-sama Green Canyon tetapi letaknya sangat jauh, yang satu berada di Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat sedangkan satunya lagi berada di Amerika Serikat. Keindahannya pun tidak kalah dengan yang di Amerika Serikat. Di sini, kamu bisa menyusuri sungai yang airnya tampak berwarna hijau dengan perahu. Selain itu, kamu bisa berenang dan memancing juga di kawasan wisata ini.

jadi

Green Canyon, Jawa Barat via gemanusatravel.com

grand-canyon-river

Green Canyon, Amerika Serikat via permanadyan.wordpress.com

5. Parang Kusumo vs Gurun Sahara

Di Indonesia ada gurun pasir? Serius? Yap! Gurun pasir di Indonesia ini, terletak di yogyakarta dan bernama Parang Kusumo. Keindahannya menyerupai keindahan Gurun Sahara. Sepanjang mata memandang kamu dapat melihat hamparan pasir hingga 15 kilometer.

Gumug-Pasir-Parangkusumo-jogja

Parang Kusumo, Yogyakarta via jogja.co

Gambar-Padang-Pasir-Gurun-Sahara

Gurun Sahara, Afrika via pernikdunia.com

6. Gunung Padang vs Machu Picchu

Tempat wisata yang satu ini menyajikan batu-batu yang membentuk suatu runtuhan bangunan dan terletak di puncak gunung. Situ Gunung Padang sangat mirip dengan Machu Picchu yang berada di Peru.

liputan6

Gunung Padang, Jawa Barat via jejakku.co

winawayna

Machu Picchu, Peru via tripadvisor.com

7. Taman Nasional Baluran vs Alam Lepas Afrika

Ternyata di Pulau Jawa terdapat wilayah yang menyerupai Afrika. Taman Nasional Baluran menyuguhkan hamparan savana yang dihuni oleh hewan-hewan liar. Pemandangan yang kamu lihat begitu menakjubkan layaknya kamu berwisata ke Afrika.

baluran1

Taman Nasional Baluran, Jawa Timur via myhotelmyresort.com

A local child carries a ball while playing soccer at a dirt field in Soweto, Johannesburg June 7, 2010. The 2010 FIFA Soccer World Cup kicks off on June 11. REUTERS/Siphiwe Sibeko (SOUTH AFRICA - Tags: SPORT SOCCER WORLD CUP SOCIETY IMAGE OF THE DAY TOP PICTURE)

Alam Lepas Afrika via blogs.reuters.com

Walaupun letaknya yang jauh berbeda, tempat-tempat wisata tersebut memiliki kemiripan jika dilihat dan tentu saja keindahan yang ditawarkan pun tidak kalah dengan yang lain.

sumber: Terselubung

Komentar:

Komentar