5 Wisata Air Panas Hits Di Pulau Jawa yang Bisa Kamu Kunjungi Kalau Sedang Butuh Relaksasi

Dari 5 tempat ini, mana yang belum pernah kamu kunjungi?

Berendam dengan air panas memang memberikan sensasi dan kenikmatan tersendiri. Badan yang tadinya pegal dan pikiran yang tadinya suntuk pun hilang begitu saja. Makanya tempat wisata air panas ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, entah sendirian, bareng pasangan, atau bareng keluarga. Bahkan ada yang bela-belain berkunjung meski mereka dari luar daerah.

Tempat mana aja sih yang sering jadi jujugan para wisatawan tersebut? Ada 5 tempat di sekitara Pulau Jawa yang akan dibahas pada artikel kali ini, mana saja?

Jawa Barat

Tirta Sanita – Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Parung, Bogor, Jawa Barat 16330

Lokasinya yang berada di kota hujan membuat wisata air panas ini tambah terasa nikmat. Bayangin aja, bagian atas terasa dingin karena diguyur hujan, bagian bawah terasa hangat karena dibuat berendam. Combo yang sempurna, bukan?

via warungmisterius.co.id

FYI, panasnya air di Tirta Sanita ini mengandung belerang dan garam, sehingga dipercaya bisa mengobati penyakit, khususnya penyakit kulit, dan membantu menghaluskan kulit. Nah, daripada tiap minggu perawatan ke dokter kulit, mending dijadwalin aja ke tempat ini.

Pemandian Air Panas Sari Ater – Jl. Raya Ciater, Nagrak, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat 40154

Selain Tirta Sanita, pemandian air panas yang cukup hits di daerah Jawa Barat adalah Pemandian Sari Ater yang terletak di Ciater, Subang. Kalau kamu berkendara dari Bandung, butuh sekitar 3 jam untuk sampai ke tempat ini. Dengan catatan kamu nggak mampir dulu ke Tangkuban Perahu karena memang satu arah.

via tripadvisor.co.id

Tapi kalau kamu berkendara dari Jakarta, pilihlah rute tol Cikampek terus ambil rute tol Cipali, setelah itu keluar melalui tol Subang supaya nggak kena macet di daerah Lembang. Di tempat ini ada dua jenis pemandian, yaitu yang gratis dan yang berbayar. Kalau kesini pas weekend, dijamin deh pasti di tempat gratisannya bakal rame dan penuh.

Jawa Tengah

Air Panas Guci – Jl. Objek Wisata Guci, Kalengan, Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah 52466

Bergeser sedikit ke bagian tengah pulau Jawa, sekarang kita mampir ke daerah Tegal. Tempat ini merupakan salah satu pemandian air panas yang menjadi jujugan wisata keluarga karena harga masuknya sangat-sangat terjangkau, nggak sampai 10 ribu!

via travelingyuk.com

Ada yang unik dari pemandian air panas ini, yaitu keberadaan 6 mata air dan 10 air terjun, jadi kamu bisa mencoba satu-satu mata air dan air terjunnya. Selain itu fasilitasnya juga cukup wow karena selain ada  penginapan, juga lapangan tenis, tempat kemah, waterboom, dan sepeda udara.

Lokawisata Baturraden – Lokawisata, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

Selain Tegal, di daerah Banyumas juga ada pemandian air panas yang mantap abis. Pemandian air panas di tempat ini terbagi menjadi dua lokasi, yaitu pancuran pitu dan pancuran telu. Maksutnya pancuran pitu sama pancuran telu apa? Jadi ya sesuai namanya, ada air yang mengalir dari tujuh bagian, dan ada yang mengalir dari tiga bagian.

via wisatabagus.net

Oh iya, kabarnya suhu air panas di sini bisa mencapai 60 derajat Celcius, lho. Wow. Bandingkan aja sama Ciater yang ‘hanya’ di kisaran 43-46 derajat Celcius

Jawa Timur

Pemandian Air Panas Cangar – Tulungrejo, Bumiaji, Sumber Brantas, Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65336

Setelah jalan-jalan ke Pulau Jawa bagian barat dan tengah, sekarang kita nyambangi daerah timur. Pemandian air panas yang terletak di ujung Kota Batu ini berada di kaki Gunung Arjuno dan Welirang. Jadi nggak usah dibayangkan dinginnya diapit dua gunung seperti apa. Bahkan kamu juga bisa mendaki Gunung Arjuno dan Welirang lewat sini.

via nahwatravel.co.id

Air panas di tempat ini dibagi menjadi tiga level (bukan pedes aja yang ada levelnya), yaitu level panas, hangat, dan agak hangat. Jadi kalau kamu belum berani langsung terjun ke kolam yang panas, bisa main-main dulu di kolam yang agak hangat sambil membiasakan diri. Yang bikin lebih mantap lagi, habis berendam dan bilas paling enak langsung nyeruput kopi panas dan menyantap tape ketan hitam. Slurp.

Sebenarnya masih ada sih beberapa tempat pemandian air panas yang lain, mungkin kalau banyak yang request bisa dibuatkan bagian keduanya. Gimana?

- Advertisement -
Shares 36

Komentar:

Komentar