5 Menu Takjil dari Tanah Minang Ini Bikin Ngiler, Bro!


:

Karena cita rasanya yang menggoda hidung dan menggelitik lidah, kamu dapat menemukan banyak tempat makan yang menjual makanan khas Minang seperti rendang, gulai, atau semacamnya. Tapi, mumpung momen puasa nih, pernah nyobain menu takjil dari tanah Minang nggak?

Buat kamu yang belum pernah tahu, coba lihat 5 menu ini. Awas! jangan berbuka sebelum waktunya, ya.

1. Lamang Tapai

via kaskus.co.id

Makanan ini terbuat dari ketan putih yang dibakar dan diberi tapai/tape yang terbuat dari ketan hitam. Cara bikinnya, siapkan ruas bambu muda yang sudah dilapisi daun pisang, kemudian masukkan beras ketan ke dalamnya, baru setelah itu dituangin santan dan dibakar.

2. Lapek Sagan

via kaskus.co.id

Makanan ini banyak dijual saat bulan puasa seperti ini. Lapek Sagan biasanya dibuat dari pisang kepok, beras ketan, dan kelapa muda. Cara masaknya yaitu bahan-bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang, dan setelah itu dikukus sampai matang.

3. Katupek Pical

via kaskus.co.id

Arti kata dari katupek pical itu ketupat dari kata katupek, dan pecel dari kata pical. Makanan ini dibuat dari sayur, ketupat, dan mie kuning khas katupek pical. Nantinya, sayur, ketupat, dan mie kuning tersebut akan disiram dengan kuah kacang khas Minangkabau dan diberi kerupuk. Hmm… Yummy.

4. Aia Aka

via kaskus.co.id

Kalo yang dibahas dari tadi makanan, sekarang bahas minuman. Minuman yang satu ini bahan utamanya cincau yang diberi kuah campuran dari gula merah yang telah dicairkan dan santan yang telah dimasak. Rasanya seger-seger endeus.

5. Bubur Kampiun

via kaskus.co.id

Makanan yang satu ini juga bisa kamu temui dengan mudah di pabukoan atau tempat jual takjil. Bubur ini dibuat dari ketan putih yang dikukus, bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang/ubi, bubur kacang hijau dan bubur candil. Tiap daerah biasanya punya variasi sendiri, ada yang nasi ketan diganti lupis ketan putih, atau bubur candilnya diganti dengan bubur delima. Rasanya? Sama-sama enak!


Nah, itu dia 5 menu takjil khas tanah Minang. Buat kamu yang sedang di tanah perantauan, nggak kangen buka puasa sama salah satu diantara 5 menu di atas?

Sumber : Kaskus

Komentar:

Komentar