21 Jalan Ini Harus Kamu Taklukan Di Sepanjang Hidupmu


Apakah kamu tahu bahwa cara terbaik untuk mengenal sebuah negara adalah dengan menyusuri jalanan yang dimiliki? Mulai dari jalan-jalan raya di pesisir hingga jalanan pegunungan yang berkelok-kelok menembus keindahan taman nasional hingga melewati jembatan panjang yang seolah membelah lautan dan menghubungkan dari satu negara ke negara lainnya.

Setelah dilakukan survey terdapat 21 jalan yang bisa dikategorikan sebagai jalan paling indah, paling menantang, dan tidak terlupakan yang tersebar di penjuru dunia. Ke 21 jalan ini mungkin bisa menjadi inspirasi kamu yang sedang merencanakan perjalanan.

1. Highway 1 – Big Sur, California

bixby-bridge-highway-1-big-sur-california

State Route 1 merupakan jalanan utama di negara bagian utara-selatan yang membentang sepanjang garis pantai Pasifik di negara bagian Carolina. Jalan ini terkenal akan garis pantainya yang indah yang mengarahkan destinasinya sebagai sebuah All-American Road.

Highway 1 memasuki wilayah Big Sur dengan melewati San Carpoforo Creek di selatan batas Monterey County. Sepanjang 90 mil (140 km) dari San Carpoforo Creek menuju Carmel River, jalannya sangat berangin dan dikelilingi oleh tebing Big Sur. melewati beberapa taman pesisir di area tersebut. Jalan raya ini nantinya akan menjauhi kawasan pantai dan memasuki wilayah hutan Redwood di lembah Big Sur River. Bagian dari jalan raya ini dibangun antara tahu 1919 dan 1937, dan juga melewati beberapa jembatan bersejarah termasuk Bixby Creek Bridge seperti yang ada di gambar.

2. Furka Pass – Switzerland

furkapassroute-in-switzerland-as-seen-from-grimselpassroute

Furka Pass (ketinggian. 2429 m) merupakan perlintasan di pegunungan tinggi Swiss Alpen yang menghubungkan Gletsch, Valais dengan Realp, Uri. Furka Pass juga dijadikan lokasi shooting film James Bond Goldfinger.

3. The Atlantic Road – Norwegia

atlantic-road-norway-aerial-photograph-from-above

The drunk bridge / Il ponte ubriaco

Didirikan pada 7 Juli 1989, Atlantic Road merupakan National Tourist Route (Rute Turis Nasional) dan meraih penghargaan Norway’s Contructions of the Century di tahun 2005. Atlantic merupakan bagian dari Country Road 64 sepanjang 8.3 kilometer (5.2 mil) yang berada pada kota Kristiansund dan Molde, dua pusat populasi di More og Romsdal, Fjord, Norwegia. Jalan ini dibangun di atas pulau-pulau kecil dan pulau karang yang kemudian dihubungkan dengan beberapa dermaga, viaduk, dan delapan jembatan.

4. White Rim Road – Canyonlands National Park, Utah

white-rim-road-canyonlands-national-park-utah

White Rim Road yang berjarak 100 mil merupakan jalan yang memutar di sekitar dan di bawah pulau Mesa atas dan jalan ini menyuguhkan pemandangan luas yang ada di sekitar area. Perjalanan biasanya membutuhkan dua hingga tiga hari dengan menggunakan kendaraan roda empat atau tiga hingga empat hari dengan sepeda gunung. Semua kendaraan dan sepeda harus berada pada jalur jalan. Penggunaan ATV dan motor trail tidak diperbolehkan. Membawa binatang peliharaan juga dilarang bahkan jika di dalam mobil sekalipun.

Bahkan di saat kondisi cuaca yang menguntungkan saja, White Rim Road termasuk kategori sulit untuk mobil 4WD sekalipun. Kecuraman dari bagian terbuka Shafer Trail, Lathrop Canyon Road, Murphy’s Hogback, Hardscrabble Hill, dan Mineral Bottom switchback membuat putaran White Rim  sebuah tantangan untuk sepeda gunung dan membutuhkan perhatian ekstrim untuk dua kendaraan dan sepeda selama periode cuaca buruk.

5. Tianmen Mountai Road – Hunan, Cina

Tianmen Mountain National Geopark winding mountain road_3

Road to Tianmen mountain

Tianmen Mountain merupakan sebuah pegunungan yang berlokasi di area Tianmen Mountain National Park, Zhangjiajie, di barat laut provinsi Hunan, China. Cable car beroperasi dari dekat stasiun kereta Zhangjiajie ke bagian puncak pegunungan. Terdapat 98 mobil dengan total panjang 7,455 meter dan pendakian 1,279 meter. Gradient tertinggi sangat tidak biasa pada 37 derajat. Masih ada lagi jalan berjarak 11 km dengan 99 tikungan yang mencapai puncak pegunungan dan membawa pengunjung ke gua Tianmen, sebuah lubang alami di pengunungan dengan tinggi 131.5 meter.

6. Seven Mile Bridge – Florida Keys

seven-mile-bridge-florida-united-states

Seven Mile Bridge merupakan jembatan terkenal yang berada di Florida Keys di Monroe County, Florida, Amerika Serikat. Jembatan ini menghubungkan Knight’s key (bagian dari kota Marathon, Florida) di Middle Keys ke Little Duck Key di Lower Keys. Di antara jembatan terpanjang yang dibangun, itu adalah salah satu dari banyak jembatan di US 1 di Keys yang mana jalan tersebut dinamakan Overseas Highway.

7. Chapman’s Peak Drive – Cape Town, South Africa

Chapman's Peak Drive

Chapman’s Peak Drive membentangkan jalannya diantara Noordhoek dan Hount Bay di pesisir Atlantik ujung barat daya Afrika Selatan. Di rute 9 km dengan dengan 114 “kurva” belokannya menghiasi garis pantai di Chapman’s Peak (593m). Jalan yang dikenal sebagai “Chappies” dan menawarkan pemandangan 180° yang menabjubkan dengan banyak area di sekitar rute dimana kamu bisa berhenti dan menikmati pemandangan.

8. Stelvio Pass – Alpen Timur, Italia

stelvio-pass-eastern-alps-italy

Stelvio Pass yang berada di Italia pada ketinggian 2757 m (9045 kaki) adalah jalan pegunungan beraspal tertinggi di Alpen Timur dan kedua tertinggi di pengunungan Alpen, sedikit di bawah Col de l’Iseran (2770 m, 9088 kaki). Stelvio juga terpilih sebagai “greatest driving road in the world” oleh program otomotif Inggris Top Gear, meskipun survey hanya dibatasi di Eropa saja. Keputusan ini diambil setelah tim Top Gear yang mencari jalur yang mampu memuaskan setiap fantasi mengemudi “petrolhead” dalam premier season ke-10. Top Gear kemudian memutuskan Transfăgărăşan Highway di Romania memiliki kemungkinan menjadi jalanan mengemudi yang superior.

9. Col de Turini – Perancis

Untitled

Col de Turini (ketinggian 1607m) merupakan perlintasan tinggi di pegunungan Alpen pada bagian Alpes-Maritimes di Perancis. Jalan tersebut berada di dekat Sospel, antara komuni Moulinet dan La Bollène-Vésubie di Arrondissement of Nice. Jalan ini terkenal sebagai tempat ajang Monte Carlo Rally yang diadakan di jalanan sempit dengan banyak belokan tikungan. Col de Turini juga tampil sebanyak tiga kali di Tour de France (1948, 1950, dan 1975) dengan rata-rata 7.2% lebih 15.3 km ketika dimulai dari Timur di bagian lembah sungai Vésubie.

 

10. Guoliang Tunnel Road – Cina

guoliang-tunnel-china

Guoling Tunnel “diukir” bersisian dan melewati pegunungan di Cina. Terowongan bawah tanah ini berlokasi di Pegunungan Taihang yang berada di Provinsi Henan, Cina. Jika kamu ingin mencapainya, kamu harus memulai perjalanan dari Xinxiang. Kemudian berjalan meninggalkan kota ke arah utara Huanyu Avenue (S229). Setelah 13 mil berkendara, kamu akan memasuki kota Huixian. Tetap berada di S229 sepanjang 15 mil sampai kamu mencapai persimpangan S228. Belok kiri dan tetap mengikuti S229. Setelah 8 mil kamu akan mencapai desa Nanzhaizen. Belok kiri lagi dan ikuti arah ke Guoliang, 8 mil kemudian.

 

Lihat foto-foto jalanan yang menakjubkan lainnya di halaman selanjutnya..

Komentar:

Komentar