20 Tempat Wisata di Bandung yang Bikin Kamu Betah Liburan di Kota Kembang

Liburan yuk! Lupakan saja soal kerjaan

:

Bandung selalu jadi salah satu destinasi favorit buat menghabiskan waktu liburan. Bukan cuma untuk orang-orang yang tinggal di daerah dekat Bandung, orang yang tinggal di Jakarta sering menjadikan Bandung sebagai destinasi favorit. Mungkin itu karena suhu udara Jakarta dan Bandung yang cenderung bertolak belakang ya.

“Bandung itu cuma jadi lokasi wisata favorit apa cuma karena suhunya yang adem?”

Nggak lah. Tempat wisata di Bandung pun banyak dan beragam jenisnya. Mau wisata alam? Ada. Mau wisata sejarah? Ada. Belanja? Ada. Wisata kuliner? Ada.

Atau kamu ke Bandung karena pengin memenuhi feed Instagram? Waduh… tempat yang Instagrammable di Bandung nggak kehitung sama jari saking banyaknya.

Buat kamu yang berencana liburan ke Kota Kembang, mending simak dulu nih daftar tempat wisata di Bandung yang ada di bawah ini. Jadi pas waktunya liburan, kamu nggak bingung lagi mau pergi ke mana.

1. Gunung Putri, Lembang

via kaskus.co.id

Destinasi yang satu ini letaknya ada di Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di daerah Jayagiri, Lembang. Gunung Putri memiliki ketinggian 1587 meter di atas permukaan laut. Dan dari ketinggian itu kamu bisa menikmati pemandangan Kota Bandung yang indah. Nggak usah terlalu pedulikan.

“Perginya mending pagi, siang, atau malam nih?”

Nggak usah terlalu pedulikan pertanyaan kayak gitu. Pemandangan dari Gunung Putri selalu memanjakan mata kamu, nggak peduli kapan waktunya.

Sebelum masuk ke tempat wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani RPH Lembang ini, kamu harus membeli tiket seharga Rp10.000. Cukup murah ‘kan untuk bisa bikin rileks otak yang penat?

2. Curug Tilu Leuwi Opat

via curugtiluleuwiopat.com

Curug dalam bahasa Indonesia artinya air terjun, sedangkan leuwi artinya sungai. Jadi, Curug Tilu Leuwi Opat itu sebuah kawasan memiliki empat curug (salah satunya disematkan jadi nama tempat wisata ini) dan empat sungai. Nama-nama air terjun dan sungainya antara lain Curug Tilu, Curug Aseupan, Citulang, dan Cilaki. Lalu ada Leuwi Gentong, Baeud, Bagong, dan Kacapi.

Tempat ini lokasinya di Ciwangun, Parongpong, Kabupaten Bandung. Harga tiketnya juga ramah di kantong lho, cuma Rp10.000.

3. Bukit Gantole Cililin

via travelbos.id

Lagi, destinasi wisata yang bisa mengantar kamu menikmati pemandangan alam Kota Bandung dari ketinggian. Nama tempatnya adalah Bukit Gantole Cililin. Lokasinya ada di Kampung Pasirpanjang, desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

Awalnya tempat ini digunakan untuk perlombaan cabang olahraga gantole atau layang gantung pada PON ke-19 di Jawa Barat. Sekarang ia beralih fungsi jadi kawasan wisata karena tempatnya yang  memikat orang untuk datang dan menikmati suasana Bandung dari ketinggian 392 meter.

4. Sendang Geulis Kahuripan

via isrina.com

Masih di Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Ganjarsari, Cikalong Wetan, Sendang Geulis Kahuripan adalah mata air yang sangat jernih di wilayah pegunungan. Saking jernihnya, masyarakat sekitar masih menggunakan mata air itu untuk mencuci dan melakukan aktivitas rumah tangga lainnya.

Oleh karena itu pula, warga setempat lebih mengenal air mata ini dengan nama Talaga Cikahuripan atau Sirah Cai Kahuripan yang artinya air untuk kehidupan.

Buat para wisatawan, kamu harus merogoh kocek Rp10.000 buat masuk ke kawasan mata airnya. Kalau bawa kendaraan pribadi, kamu juga harus bayar biaya parkir Rp5000 untuk mobil dan Rp3000 untuk motor.

5. Kawah Putih

via Instagram.com/ @chepybennington

Dari Bandung Barat, sekarang kita beralih ke Bandung bagian selatan. Di sana juga banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi lho, salah satunya Kawah Putih di daerah Ciwidey. Siapa sangka, kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha ini bisa memikat para wisatawan untuk menikmati keindahannya.

Untuk tiket masuk harganya beragam, tergantung tempat parkirnya. Parkir di bagian atas akan lebih mahal karena kamu akan lebih dekat dengan destinasi.

Lain lagi kalau di bawah. Harga tiket jadi lebih murah, tapi kamu harus naik angkutan khusus yang tarifnya dipatok seharga Rp13.000.

6. This Is Me

via Instagram/@sindyaprianti

Nggak bisa dipungkiri lagi, perkembangan media sosial membawa dampak yang besar pada tempat wisata. Tempat wisata This Is me yang berlokasi di Jl. Cihampelas No. 106 ini buktinya.

Di sana, mata kamu bakal dimanjakan oleh dekorasi ruangan-ruangan yang unik. Misalnya spot pantai buatan yang dihiasi flamingo dan ruangan yang ditata seperti minimarket dengan nuansa biru dan merah muda. Cute banget deh pokoknya.

Dengan hanya membayar Rp35.000, kamu sudah bisa foto sepuasnya dan mendapatkan hasil yang Instagramable.

7. Amazing Art World

via amazingworld.co.id

Buat kamu yang suka dengan karya seni, mungkin Amazing Art World bisa jadi salah satu destinasi yang bisa kamu singgahi. Lukisan-lukisan tiga dimensi yang realistis memenuhi bangunan seluas ± 2 ha ini. Tempat ini dibagi ke dalam beberapa zona, seperti fantasy zone, animal zone, horror zone, dan videography zone.

Tempat ini buka dari jam 09.00 sampai 20.00. Untuk harga tiketnya ada perbedaan antara hari biasa dan akhir pekan. Senin-Jumat harga tiketnya Rp55.000. Sedangkan Sabtu-Minggu dan hari libur nasional, kamu harus bayar Rp75.000.

8. China Town

via wisatakaka.com

Setelah menikmati wisata alam dan seni, baiknya kamu sempatkan diri melancong ke Jalan Kelenteng yang ada di daerah Andir. Daerah itu terkenal dengan adanya China Town, kawasan pecinan yang sudah dipercantik oleh pemerintah.

Kelenteng yang usianya mencapai 130 tahun masih berdiri kokoh dan menghiasi tempat ini. Ditambah lagi dengan pernak-pernik yang bernuansa oriental membuat China Town cocok banget untuk dijadikan tempat berswafoto sambil nongkrong bareng teman.

Sebelum masuk, siapkan dulu uang sebesar Rp10.000 jika kamu datangnya pas weekday. Untuk weekend, tarfi masuknya naik jadi Rp20.000. Kalau pengin ngemil plus ngopi, kamu bisa membelinya di kedai yang ada di dalam China Town.

9. Floating Market Lembang

via tempatwisatadibandung.info

Di Thailand, ada floating market atau pasar terapung yang jadi destinasi wisata yang cukup terkenal. Kalau kamu pengin juga merasakan berbelanja di pasar terapung, nggak usah jauh-jauh ke Thailand, di Bandung juga ada lho. Tepatnya di Floating Market Lembang.

Floating Market Lembang nggak cuman menyuguhkan pengalaman jajan dari kedai yang mengapung di danau, tapi masih ada beberapa wahana kayak taman kelinci, taman miniatur kereta api, wahana kano, dan wahana sampan.

Biaya masuknya hanya Rp20.000 per orang. Biaya parkir mobil Rp30.000 dan parkir motor Rp5.000.

10. Centrum Million Balls

via wisatakaka.com

Tepat pada 26 Juli 2018, dibuka sebuah wahana selfie di tengah Kota Bandung bernama Centrum Million Balls. Mampir saja ke Jl. Belitung No. 10, dan kamu bakal menemukan Centrum Million Balls.

Mirip dengan This Is Me, tempat ini juga menawarkan spot-spot lucu nan unik buat berswafoto. Yang jadi andalannya adalah kolam bola berwarna oranye yang sangat besar. Makanya tempat ini dinamakan Centrum Million Balls.

Kamu harus merogoh kocek lebih dalam nih buat masuk ke Centrum Million Balls ini. Harga tiket normal Rp80.000 sedangkan akhir pekan Rp100.000. Gak apa-apa lah ya, yang penting feed Instagram jadi aesthetic.

11. Trans Studio Bandung

via transstudiobandung.com

Trans Studio Bandung menjadi wahana bermain indoor terbesar di Kota Kembang. Lokasinya cukup strategis, karena menyatu dengan pusat perbelanjaan yang ada di tengah kota. Beberapa wahana di dalamnya, seperti Vertigo, Yamaha Racing Coaster, Giant Swing, dan Negeri Liliput nggak boleh dilewatkan jika kamu suka menguji adrenalin.

Harga tiket Trans Studio Bandung berkisar Rp180.000 sampai dengan Rp280.000. Tips buat kamu, sering-sering cek websitenya, siapa tahu lagi ada promo. Misalnya promo potongan harga untuk pelajar atau pemilik kartu tanda penduduk Kota Bandung.

Lumayan kan sisanya bisa buat jajan di mal.

12. Farm House Lembang

via tempatwisatadibandung.info

Lembang memang terkenal dengan banyaknya destinasi wisata, dan Farm House Lembang hanyalah salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang keren.

Yang menjadi daya tarik tempat ini adalah suasananya yang dibuat ala Eropa. Selain itu, kamu bisa menikmati pemandangan dan hawa sejuk sambil meneguk segelas susu sapi gratis yang didapat setelah menukar tiket masuk.

Ngomong-ngomong tentang tiket masuk, ini nih harganya: cuma Rp20.000 per orang. Kalau bawa mobil, tambah biaya parkir Rp10.ooo, sedangkan motor Rp5000.

Siapa tahu akhir pekan ini kamu mau datang ke Farm House Lembang.

13. Dago Dream Park

via dagodreampark.co.id

Tempat wisata di Bandung ternyata nggak hanya menarik wisatawan lokal, tapi juga wisatawan internasional. Contohnya di Dago Dream Park yang pernah masuk ke program jalan-jalan di televisi Korea Selatan. Wajar sih, tempat berswafotonya unik banget. Contohnya ada sepeda terbang dan karpet terbang ala Aladdin yang bisa kamu naiki.

Tiket masuknya sendiri diharga Rp20.000. Tapi itu masih belum mencakup wahana lainnya dan biaya parkir. Siapkan kocek yang cukup ya kalau mau menjamah semua wahananya.

14. Tebing Keraton

via liputan6.com

Jangan kira kawasan ini merupakan tempat yang sakral gara-gara ada kata keratonnya. Sejatinya, tempat wisata yang ada di daerah Desa Ciburial ini merupakan hasil inisiatif dari seorang warga bernama Ase. Ia ingin membuat tempat wisata yang menyajikan keindahan alam Kota Bandung. Atas dasar itulah, Pak Ase menamakannya dengan Tebing Keraton yang artinya kemewahan/keindahan/kemegahan alam.

Tertarik buat pergi ke sana? Per kepala dikenakan bayaran Rp11.000. Seperti biasa, biaya itu belum termasuk biaya parkir. Kalau mau bawa kendaraan pribadi, kamu harus bayar Rp5000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

15. Museum Kota Bandung

via tribunnews.com

Ada yang baru nih dari Kota Peyeum. Sekarang sudah dibuka satu museum yang khusus menceritakan sejarah Kota Bandung. Letaknya ada di Jl. Aceh, gedungnya persis berada di belakang kantor Wali Kota Bandung. Museum Kota Bandung ini diresmikan pada 31 September 2018 lalu oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Tempat yang sangat berfaedah buat menghabiskan akhir pekan bareng keluarga. Selain dapat edukasi, kamu juga bakal lebih mengenal Kota Bandung. Selain itu, masuk ke Museum Kota Bandung ini sama sekali gak dipungut biaya. Mantap ‘kan?

16. Jalan Asia Afrika

via infobdg.com

Jika menyebut jalan yang paling terkenal di Kota Bandung, pasti salah satunya ada nama Jalan Asia Afrika. Jalanan ini terkenal karena jadi saksi bisu peristiwa besar yang menyatukan dua benua, Konferensi Asia Afrika.

Nuansa jadul masih melekat pada bangunan-bangunan yang berdiri di jalan tersebut. Trotoar jalan pun dipercantik, membuat wisatawan gatal untuk mengabadikan momen lewat jepretan kamera.

Nggak cuma itu, kamu juga bisa mempelajari lebih lanjut tentang Konferensi Asia Afrika di museumnya yang juga terletak di jalan yang sama. Sambil berswafoto ria bisa sekalian menambah ilmu juga deh…

17. Jalan Braga

via destinasibandung.co.id

Dari Jalan Asia Afrika, kita bergeser sedikit ke Jalan Braga. Kawasan ini juga merupakan salah satu titik ikonik Kota Bandung. Daya tarik tempat ini adalah adanya beberapa bangunan tua yang masih berdiri walaupun sudah beralih fungsi. Salah satunya Toko Buku Djawa yang terkenal sebagai toko buku tertua di Bandung. Tapi sekarang, toko itu sudah beralih fungsi menjadi kedai kopi dengan nama yang sama.

Berbagai macam restoran dengan konsep-konsep yang unik juga berjajar di jalan ini. Jadi kamu bisa sekalian wisata kuliner sambil menikmati suasana Bandung tempo dulu.

18. Observaturium Bosscha

via bosscha.itb.ac.id/Muhammad Yusuf

Anak angkatan 90-an pasti familiar sama tempat ini. Itu lho yang jadi salah satu lokasi film Petualangan Sherina. Ingat nggak adegan Sherina dan Sadam terkpaksa harus sembunyi karena dikejar-kejar penculik? Tempat mereka sembunyi itu adalah Observaturium Bosscha, bangunan untuk pengembangan ilmu astronomi yang dikelola oleh Institut Teknologi Bandung.

Observaturium Bosscha merupakan tempat wisata edukasi yang cocok bagi semua kalangan. Tapi nggak ada salahnya juga kok kalau kamu hanya berniat menikmati indahnya hamparan bintan-bintang di angkasa. Teropong itu nggak murah, jadi kenapa nggak melakukannya di Observaturium Bosscha?

Kalau kamu mau berkunjung, lihat dulu baik-baik jadwal yang ada di laman bosscha.itb.ac.id. Pasalnya, ada waktu-waktu tertentu kapan kamu bisa datang dan masuk ke dalam observaturiumnya.

19. Glamping Lakeside Ciwidey

via tempatwisatadibandung.info

Tempat wisata dengan suasana alam selalu jadi incaran bagi mereka yang sehari-harinya bekerja di wilayah perkotaan. Tapi selain pemandangan dan suasana yang asri, nggak semua tempat wisata alam itu menawarkan pengalaman yang unik.

Naah, jika kamu pengin merasakan pengalaman wisata alam yang unik, Glamping Lakeside adalah pilihan yang pas.

Tempat wisata yang berlokasi di Jalan Raya Ciwidey Situ Patengan Km. 39 ini menawarkan beberapa tipe penginapan yang bisa kamu pilih buat relaksasi. Kalau nggak mau menginap, kamu bisa juga makan Pinisi Resto, restoran berbentuk kapal Pinisi.

Mengisi perut dengan makanan enak sambil memanjakan mata dengan pemandangan hamparan kebun teh, inilah yang disebut kenikmatan hidup.

20. Pasar Baru

via swiss-belhotel.com

Puas bermain-main di beberapa tempat wisata, nggak lengkap rasanya kalau belum beli buah tangan atau belanja keperluan sendiri. Solusinya, kunjungi saja Pasar Baru. Tempat wisata belanja yang selalu ramai ini ada di Jalan Otto Iskandar Dinata.

Di sana, kamu bisa belanja mulai dari pakaian, pernak pernik khas Bandung, sampai alat kebutuhan rumah tangga dengan harga yang miring. Bisa-bisa kamu kalap nih belanjanya.

Sekadar saran, jika belanja di Pasar Baru, belilah oleh-oleh seperti pakaian dan pernak-pernik. Buat apa jauh-jauh datang ke Bandung buat beli alat rumah tangga?

Gimana, ada tempat wisata di atas yang belum pernah kamu kunjungi? Begitu sampai di sana, jangan lupa tetap jaga kebersihan ya. Jangan sampai destinasi-destinasi yang kece itu jadi rusak gara-gara sampah yang berserakan. Oke?

4 Shares

Komentar:

Komentar