Berhati-hatilah saat Melancong ke Luar Negeri! 13 Modus Penipuan Turis Ini Paling Umum Terjadi di Berbagai Negara

Harus waspada ya, guys!

Siapa sih yang gak mau jalan-jalan ke luar negeri? Saya yakin semua orang pasti pengen, termasuk kamu. Ya, sekali-kali jadi turis asing ‘kan asyik, tuh. Soalnya ngeliat turis atau bule di negara sendiri mah nggak aneh lagi, hehe.

Tapi di sisi lain, dengan status sebagai turis asing, itu berarti kita bisa jadi sasaran penipuan di negara yang dikunjungi. Ya, kamu juga pasti udah tahu turis nggak jarang menjadi korban penipuan. Dan di setiap negara, ternyata para penipu punya modus penipuan yang berbeda-beda pula.

Coba deh kamu liat 13 modus penipuan turis paling umum yang terjadi di berbagai negara di bawah ini. Dihimpun dari Lifehacker, yuk langsung aja kita liat daftarnya.

1. Jasa foto

1
via shutterstock.com

Lokasi: Eropa

Jangan sembarangan mintain orang buat motretin kamu dan teman-temanmu saat berkunjung ke luar negeri, khususnya di benua Eropa. Sebab, modus penipuan yang satu ini cukup populer di sana.

Pelaku biasanya mengincar sepasang kekasih, atau rombongan, yang lagi kebingungan mengabadikan momen keseruan mereka dalam satu frame. Kemudian pelaku menawarkan jasa foto kepada calon korbannya. Setelah memotret, pelaku biasanya meminta uang imbalan untuk jasa foto tadi. Bahkan bisa lebih buruk lagi: membawa kabur smartphone dan kamera korban.

2. Menodai baju

youtubecom
via youtube.com

Lokasi: Buenos Aires (Argentina), Rio de Janeiro (Brazil)

Pelaku dengan sengaja menumpahkan sesuatu ke pakaian korban dengan cara bersenggolan, atau menabrak tubuh korban. Kemudian dia bakal minta maaf dan menawarkan diri untuk membersihkan noda dari pakaian korban.

Eits, tapi ingat, itu cuma akting, lho. Soalnya barang-barang seperti uang, dompet, atau ponsel bisa raib tiba-tiba setelah pelaku pura-pura ngebersihin baju korban.

3. Hotel yang tutup

vanishingnewyork.blogspotcom
via vanishingnewyork.blogspot.com

Lokasi: Eropa 

Modus penipuan ini biasanya dilakukan oleh supir taksi dan pemilik hotel di Eropa.

Supir taksi bakal meyakinkan turis kalau hotel tempat dia akan menginap sedang tutup karena renovasi, lalu merekomendasikan hotel lain. Kalau turis setuju, supir taksi bakal mengantar mereka ke hotel yang kecil tapi tarifnya selangit. Lokasinya pun biasanya ada di tempat terpencil di pinggiran kota.

Bahkan beberapa hotel “penipu” meniru nama hotel-hotel terkenal buat meyakinkan para turis kalau mereka udah sampai di tempat yang tepat.

4. Polisi gadungan

planetradio.co.uk
via planetradio.co.uk

Lokasi: Bogota (Colombia), Mexico City (Meksiko), Bangkok (Thailand), Bucharest (Rumania)

Beberapa polisi palsu bakal menghampiri turis dan ngejelasin kalau di negaranya kasus peredaran uang palsu sedang meningkat, lalu meminta korban menyerahkan dompetnya untuk diperiksa. Secara diam-diam mereka bakal mengambil sebagian uang korban sebelum dompetnya dikembalikan.

Bahkan ada kemungkinan polisi gadungan itu minta izin untuk memeriksa paspor atau visa turis. Setelah itu mereka bakal ngasih tau kalau paspor turis itu bermasalah, dan meminta sejumlah uang supaya mereka bisa menyelesaikan masalah tersebut.

5. Permainan jalanan

misses.org
via misses.org

Lokasi: Paris (Perancis), London (Inggris)

Seorang pria di sisi jalan melakukan permainan seperti menebak bola di dalam gelas pelastik, atau melakukan aksi sulap sambil dikerumuni sekelompok orang yang berpura-pura sebagai turis asing. Calon korban yang merasa penasaran akan menghampiri dan ikut menyaksikan pertunjukkan tersebut.

Tetapi ketika korban sedang asyik menonton, beberapa orang di kerumunan udah bersiap-siap buat nyopet barang-barang korban.

6. Tarif taksi yang mahal

indiewire
via indiewire.com

Lokasi: di seluruh dunia

Kalau kamu ke luar negeri dan kebetulan lagi apes ketemu supir taksi yang punya niat kurang baik, mungkin kamu bakal ngalamin kejadian kayak gini: dibawa muter-muter dan macet-macetan dulu sebelum ke sampai ke tujuan.

Kenapa? Karena dengan begitu, tarif taksi bakal lebih mahal. Supir taksi bisa manfaatin ketidaktahuan kamu tentang rute jalan di negara yang kamu kunjungi. Bahkan banyak juga supir taksi yang tega memodifikasi argometer mereka untuk mendapatkan uang lebih banyak.

7. Panggilan hotel palsu

imgurcom
via imgur.com

Lokasi: di seluruh dunia

Seorang pencuri bakal menelepon kamar hotel korban dan berpura-pura menjadi resepsionis. Kemudian dia akan menjelaskan bahwa ada masalah pada transaksi korban dan meminta korban untuk mengkonfirmasi detail kartu kreditnya.

Panggilan telepon palsu itu biasanya dilakukan saat tengah malam ketika korban merasa lelah dan malas turun ke lobby untuk menyelesaikan masalah tadi.

8. Dompet jatuh

huffingtonpostcom
via huffingtonpost.com

Lokasi: Roma (Italia), Ukraina

Pelaku modus penipuan ini dengan sengaja menaruh dompet kosong di jalan, sambil mengamati orang-orang yang melewatinya. Orang yang lewat dan kebetulan ngeliat dompet itu biasanya bereaksi dengan memeriksa dompetnya sendiri dan memastikan apakah dompet miliknya aman.

Nah, pelaku yang sedang mengamati dari jauh bakal mengingat di mana orang itu memeriksa dompetnya, dan kemudian bersiap-siap untuk mencopetnya.

9. Gelang pertemanan

via groupon.com

Lokasi: Paris (Perancis), Roma (Italia), Barcelona (Spanyol), Kairo (Mesir)

Pelaku menghampiri turis dan menawarkan friendship bracelet, atau gelang pertemanan. Gak peduli apapun yang turis itu katakan, pelaku bakal mencoba merenggut tangan turis, membuat gelang, kemudian meminta bayaran.

Cara ini juga bisa digunakan sebagai kedok: ketika korban dibikin repot oleh pelaku, temannya diam-diam mencuri barang berharga korban.

10. Tukang semir sepatu

fromwayuphighcom
via fromwayuphigh.com

Lokasi: Istanbul (Turki)

Tukang semir dengan sengaja menjatuhkan sikatnya, saat seseorang membantu mengambilkannya, tukang semir akan berterima kasih dengan menawarkan jasa semirnya.

Tapi pada akhirnya, tukang semir tadi akan tetap meminta bayaran, hmm…

12. Bus satu malam

bootsnallcom
via bootsnall.com

Lokasi: Bangkok (Thailand)

Pelaku (lebih dari seorang) bakal nawarin bus satu malam dengan tarif murah kepada para traveler untuk menemani perjalanan mereka dari kota ke kota. Tapi sebenernya tarif murah itu palsu, soalnya saat korban lengah atau tertidur, pelaku bakal menggeledah tas-tas yang disimpan di bagasi kompartemen dan mengambil barang-barang yang berharga.

Yup, biaya bus itu lebih mahal dari yang kamu kira.

12. Murid bahasa asing

youtube
via: youtube.com

Lokasi: Shanghai, Beijing, dan Xian (Tiongkok)

Seorang gadis lokal akan “menguping” percakapan turis yang bicara pakai bahasa Inggris, kemudian mereka menghampiri turis tersebut dan minta untuk diajari bahasa Inggris. Kalau turis itu setuju, si gadis bakal berterima kasih dengan mengajak makan atau minum kopi di kafe favoritnya.

Setelah makanannya habis, gadis itu bakal pura-pura ke toilet dan melarikan diri, ninggalin si turis yang terpaksa membayar semua hidangan yang mereka nikmati tadi.

Sebenernya masih banyak lagi modus-modus penipuan turis dari berbagai negara lainnya. Tapi kayaknya lebih baik jika kamu sesuaikan langsung sama negara yang pengen kamu tuju, hehe. Semoga bermanfaat ya guys!

- Advertisement -
Shares 7

Komentar:

Komentar