10 Tempat Indah yang Paling Terpencil di Muka Bumi, Cocok Dikunjungi Petualang Sejati!

Nggak ada teman buat ke sananya? Ajak aja Sun Go Kong, Pat Kai, dan Wujing

:

Bumi ini begitu luas. Saking luasnya, mungkin kamu nggak akan punya cukup waktu buat menjelajahi seluruh isi bumi. Belum lagi jika kita menghitung beberapa tempat menakjubkan yang begitu terpencil, jauh dari peradaban modern dan hiruk pikuk kota. Mendengar namanya aja mungkin kamu belum pernah.

Maka dari itu, kali ini Selipan pengin ajak kamu berkeliling melihat tempat-tempat indah yang paling terisolasi di berbagai penjuru dunia. Kalau ada kesempatan, apa kamu berminat mengunjungi destinasi menarik berikut ini?

1. Tristan da Cunha

via orangesmile.com

Ini dia pulau berpenghuni paling terpencil di dunia. Lokasi Tristan da Cunha terletak sejauh 3.218 kilometer dari Amerika Selatan dan 2.735 kilometer dari Afrika Selatan. Pulau ini dihuni oleh kurang lebih 297 penduduk, dan di dalamnya terdapat gunung berapi.

Pulau ini nggak punya hotel, restoran, atau bandara. Jadi untuk sampai ke tempat ini, kamu mesti menempuh perjalanan dengan perahu boat selama 7 hari. Itulah mengapa Tristan da Cunha cocok banget dikunjungi para petualang sejati.

2. Motuo, Tibet

via twitter.com

Kawasan Motuo di Tibet dihuni oleh sekitar 12.000 penduduk. Tapi jangan salah, kamu nggak akan bisa menemukan akses jalan (raya) ke kawasan ini. Satu-satunya cara untuk sampai ke Motuo ialah dengan mendaki beberapa gunung selama empat hari, sambil sesekali beristirahat di desa-desa kecil di sepanjang perjalanan. Ibarat kata, mengunjungi Motuo itu bikin kamu serasa kayak Tong Sam Cong, biksu yang harus melewati berbagai rintangan saat melakukan perjalanan ke barat.

Tapi jerih payah selama di perjalanan bakalan terbayar begitu kamu sampai di Motuo. Di sana, pengunjung bakal disuguhkan pemandangan alam pegunungan yang masih terjaga keasliannya, juga hewan-hewan liar pegunungan yang hidup berdampingan dengan masyarakat Tibet.

Motuo dalam bahasa Tibet artinya “Teratai Tersembunyi”. Wilayah ini dianggap sebagai tanah suci oleh penganut Budha Tibet.


3. Ittoqqortoormiit, Greenland

via silversea.com

Ittoqqo.. tokur… itoooqur… Blah, susah banget sih nyebutnya. Ittoqqortoormiit merupakan tempat terindah selanjutnya yang paling terisolasi dari dunia luar. Terletak di bagian pantai timur Greenland, daerah ini adalah rumah bagi beruang kutub, walrus, anjing laut, dan serigala kutub.

Di sana juga ada satu desa kecil yang hanya dihuni oleh sekitar 450 penduduk. Satu-satunya akses ke Ittoqqortoormiit yakni dengan menaiki helikopter dari Bandara Nerlerit Inaat Airport.

Jika kamu kepengin bertandang ke Ittoqqortoormiit suatu hari nanti, saya sarankan mulai belajar mengeja namanya dari sekarang.

4. Easter Island/Pulau Paskah, Chile

via gq.com

Pulau menakjubkan yang satu ini begitu kental akan peradaban kuno suku Rapa Nui. Pulau Paskah adalah salah satu pulau yang paling menarik perhatian arkeolog. Di dalamnya terdapat deretan patung kepala yang dipahat oleh penduduk lokal ratusan tahun silam. Untuk sampai ke Pulau Paskah, kamu mesti naik pesawat dari Bandara Santiago di Chile.

5. Kepulauan Kerguelen

via orangesmile.com

Di Kepulauan Kerguelen kamu bisa melihat pegunungan batu dan gletser yang mungkin nggak bisa kamu jumpai di belahan bumi mana pun. Kepulauan terpencil ini terletak di selatan Samudra Hindia, dengan 50-100 ilmuwan dan peneliti asal Prancis yang jadi penghuninya.

Pengin datang ke pulau ini? Kamu harus booking tiket kapal terlebih dahulu, sebab jadwal keberangkatan kapalnya hanya empat kali setiap satu tahun.

6. Pulau Socotra, Yaman

via nationalgeographic.com

Saking terpencilnya Pulau Socotra, satu pertiga dari seluruh spesies tanaman di pulau ini nggak bisa ditemukan di bagian bumi mana pun. Konon katanya, setibanya di Pulau Socotra, kamu pengunjung seolah merasa sedang berada di planet lain. Nggak heran jika pulau ini kerap dijuluki “Pulau Alien” dan jadi salah satu pulau yang dilindungi UNESCO. Yup, keindahan Pulau Socotra terletak pada keragaman hayati yang nggak bisa ditemukan di pulau lain.

7. Oymyakon, Siberia

via popularmechanics.com

Oymyakon yang terletak di dataran salju Siberia dikenal sebagai desa paling dingin di dunia. Bayangkan saja, suhu rata-rata di kawasan ini mencapai -28 derajat celcius.

Tapi hal itu pula yang jadi daya tarik Oymyakon. Wisatawan yang datang umumnya penasaran akan kehidupan penduduk desa di bawah tekanan suhu ekstrem. Selain itu, Oymyakon juga punya lanskap alam yang mempesona, khususnya saat musim panas di mana salju mulai mencair.

8. Danau Baikal, Rusia

via explorersweb.com

Danau Baikal terletak di selatan-tengah Siberia, tak jauh dari perbatasan Mongolia. Danau ini  dikelilingi oleh pegunungan, hutan, dan sungai-sungai yang cukup deras. Dengan kata lain, medan yang mesti kamu tempuh untuk sampai ke Danau Baikal cukup ekstrem.

Tapi usahamu itu nggak akan sia-sia. Menikmati pesona Danau Baikal bakal jadi pengalaman langka yang nggak bisa kamu bandingkan dengan danau mana pun di dunia. Danau Baikal merupakan danau tertua dan terdalam di dunia, mengandung 20% air tawar yang ada di seluruh permukaan bumi.

Para ilmuwan memperkirakan Danau Baikal terbentuk sekitar 25 juta tahun yang lalu.

9. Svalbard, Norwegia

via matadornetwork.com

Terletak di antara daratan Norwegia dan Kutub Utara, Svalbard adalah salah satu kawasan berpenghuni di ujung utara dunia. Di kawasan inilah banyak wisatawan yang berkunjung untuk menyaksikan northern lights atau aurora. Selain itu, di musim panas, matahari di Svalbard sama sekali nggak terbenam meski waktu menunjukkan tengah malam. Fenomena ini terjadi antara tanggal 20 April dan 22 Agustus setiap tahun.

Di Svalbard kamu juga bisa bertemu hewan-hewan khas Kutub Utara seperti beruang kutub, walrus, dan narwhal.

10. Pulau Deception, Antartika

via gadventures.com

Sepi dan sunyi, itulah dua kata yang paling pas untuk menggambarkan suasana di Deception Island. Agak berbeda dari pulau lain dalam daftar, Deception Island adalah pulau tak berpenghuni yang terletak di Kepulauan Shetland Selatan, Antartika.

Di tahun 1931 dan 1969, pernah ada stasiun perburuan paus yang bermarkas di pulau ini, tapi kemudian beberapa kali ditinggalkan karena letusan gunung berapi. Yup, pada dasarnya Deception Island merupakan bagian cincin kaldera dari gunung berapi bawah laut yang masih aktif hingga kini.

Tapi jangan salah, meski terkesan menakutkan, Deception Island kerap jadi destinasi menarik bagi wisatawan mengikuti pelayaran Antartika. Di pulau ini terdapat beberapa kolam pemandian air panas alami. Dan jika beruntung, kamu bisa berendam sambil melihat kawanan penguin berjalan di sekitar pulau.

Fun fact ngasal: jika dibahasaindonesiakan, Deception Island bisa dialihbahasakan jadi Pulau Pemberi Harapan Palsu atau Pulau PHP. Jadi secara teknis, sebenarnya kamu bisa aja bilang ke teman kamu, “Liburan ke Pulau PHP yuk.”

Meskipun, teman kamu itu pasti nggak mudeng. Bingung dia!

Tuh kan, bumi yang kita huni ini luas banget. Masih banyak tempat menakjubkan di penjuru bumi yang menunggu untuk kita datangi. Dari 10 tempat indah paling terpencil di atas, mana yang paling menarik perhatianmu? Jangan lupa tulis komentarmu di bawah, ya!

Komentar:

Komentar