10 Pulau Eksotis Ini Adalah Destinasi Tepat Untuk Liburan Sempurnamu


Setiap hari sibuk dengan rutinitas sehari-hari pasti sangat melelahkan. Setumpuk pekerjaan yang seperti tidak ada habisnya ditambah kemacetan kota yang kian parah semakin membuat seseorang cepat stress dan bosan. Maka dari itu tidak ada salahnya jika kamu ‘melarikan diri’ sejenak ke pulau-pulau indah yang ada di Indonesia. Ke 10 pulau ini menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin lari dari keramaian dan menikmati indahnya alam Indonesia.

 

 

1. Pulau Seram

seram

 

Seram merupakan pulau terbesar yang ada di Kepulauan Maluku dan dahulu pulau ini pernah dikenal sebagai pulau rempah. Pulau ini dikelilingi beragam pegunungan (sampai 3000 m tingginya) yang membentang hingga ke pantai yang masih murni. Pulau ini benar-benar hijau dengan tanah yang hijau dan beragam hewan endemik pulau Seram seperti Kakatua Seram dan Nuri Raja Maluku yang bisa kamu temukan.

 

2. Pulau Rote

 

Rote+Island+1

 

Sebuah pulau yang menjadi bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Timur ini wajib kamu catat sebagai destinasi wajib favoritmu. Pulau yang masih sepi ini memilih banyak pantai yang indah dan di pesisir bagian barat merupakan destinasi favorit bagi pecinta surfing. Tidak hanya alamnya saja yang menggoda melainkan budayanya juga seperti kesenian musik Sasando dan topi Ti’l Langga wajib dicoba.

 

3. Pulau Weh

Weh+Diving

 

Di bagian barat Sumatera terdapat sebuah pulau gunung berapi kecil bernama Weh. Banyak para wisatawan yang khusus mendatangi pulau ini untuk eksotisme bawah lautnya dan semenjak Pemerintah Indonesia telah melindungi pulau dan perairan di sekitarnya banyak para penyelam dan pecinta snorkeling mendatangi pulau ini. Mulai dari terumbu karangnya, hutan mangrove, hingga ke tanah pegunungan berapinya – pulau ini sempurna sebagai tempat pelarian sejenak.

 

4. Pulau Karimunjawa

karimun

 

Sebenarnya Karimunjawa merupakan gugusan pulau yang terdiri dari 27 pulau dimana 5 pulau telah dimiliki secara pribadi dan 22 sisanya telah dilindungi oleh Kementrian Laut dan Perikanan dan kini ada di bawah naungan Taman Nasional Karimunjawa. Semenjak saat itulah Karimunjawa menjadi tempat favorit untuk menyelam. Kamu juga bisa menikmati lokasi penangkaran hiu juga loh di sini!

 

5. Pulau Bunaken

bunaken

 

Bunaken sudah menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari wisata bawah laut yang menabjubkan. Ingin bertemu dengan penyu, hiu, ikan duyung, barakuda dan ratusan bahkan ribuan hewan laut indah lainnya? Cukup dengan membayar Rp. 50.000 untuk tiket masuk Taman Nasional Bunaken dan kamu bisa menikamati surga kecil Indonesia ini.

 

6. Pulau Wakatobi

Wakatobi-Top-View

 

Wakatobi sebenarnya merupakan singkatan dari 4 pulau yang berada dalam satu gugusan: Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Pulau Wakatobi berada di lepas pantai Sulawesi Tenggara dan masuk ke dalam Coral Triangle (Segitiga Terumbu Karang) yang memiliki 942 spesies ikan dan 750 terumbu karang. Setelah Great Barrier Reef Australia, Wakatobi merupakan gugusan terumbu karang terluas di dunia. Sehingga para divers sangat menggilai tempat ini. Penasaran kan seperti apa pulaunya?

 

7. Pulau Morotai

morotai

 

Pulau Morotai merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia dan paling jauh dari kepulauan Maluku. Morotai memiliki bentangan besar pasir putih dan laut biru, kehidupan desa yang menarik dan sejarahnya. Semasa Perang Dunia ke 2, tentara Jepang menginvasi tapi sekutu mengambil alih kembali dan kini sisa-sisa peninggalan perang tersebut telah tersebar di pulau seperti meriam dan tank. Terdapat pula spot surfing tersembunyi bagi yang tidak ingin keramaian dan pulau-pulau kecil di Morotai juga sudah memanjakan mata.

 

8. Pulau Belitung

belitung

 

Pulau yang dijuluki “pulau di balik pelangi” ini berada di lepas pantai timur Sumatera dan merupaka pulau surga kecil yang sempurna. Air yang transparant, pasir berwarna putih emas dan pantai yang dihiasi formasi batu granit – semua itu membentuk keindahan Belitung. Menikmati lepas pantai Belitung, snorkeling, dan wisata mercu suar tua merupakan sedikit dari sekian banyak hal yang bisa kamu lakukan di Belitung ini. Belitung juga semakin populer setelah pulau ini menjadi salah satu tempat shooting film Laskar Pelangi.

 

9. Pulau Kakaban

kakaban

 

Beralih ke Kalimantan Timur, sebuah pulau kecil bernama Kakaban yang merupakan sebagian kecil dari indahnya Kepulauan Derawan. Pulau ini dikelilingi tebing kapur dan hutan tebal yang mayoritas menutupi tanah Belitung. Perairan sekitar merupakan surga bagi para penyelam tetapi sesungguhnya perairan dalam itulah yang paling menarik. Wisatawan mengenalnya sebagai danau ubur-ubur. Dikelilingi hutan mangrove yang lebat, ribuan ubur-ubur tinggal di danau tersebut dan fakta yang mengejutkan selanjutnya adalah mereka tidak memiliki sengat. Artinya? Kamu bisa berenang santai bersama ubur-ubur tanpa khawatir disengat oleh mereka. Benar-benar luar biasa.

 

10. Pulau Moyo

moyo

 

Surga kecil terakhir yang bisa kamu kunjungi berada di provinsi Nusa Tenggara Barat tepatnya di Sumbawa. Terdapat sebuah pulau bernama Moyo dan di dalamnya telah didirikan Taman Nasional untuk melindungi makhluk-makhluk eksotis yang ada di sana. Sekedar kata “indah” tidak cukup mendeskripsikan betapa luar biasanya pulau Moyo ini. Dikelilingi perairan yang masih biru dan murni kemudian berpindah ke vegetasi hijau gelap yang mengintip di balik bentangan pantai. Pulau Moyo seperti mini Afrika dimana kamu bisa melihat babi hutan, kijang, kera ekor panjang, rubah terbang dan burung-burung eksotis. Terdapat pulau air terjun yang jatuh membentuk danau yang bisa dicapai dengan menembus hutan yang lebat. Moyo menjadi sebuah miniatur Indonesia dimana dalam satu pulau kamu bisa menemukan kekayaan, keragaman, warna-warni, dan keunikan Indonesia.

 

Tunggu apa lagi? Ambil kalender-mu lalu langsung persiapkan rencanamu mengunjungi pulau-pulau eksotis tersebut!

Sumber: wowshack

Komentar:

Komentar