Yuk Belajar Bahasa Inggris Gratis! Siapa Mau?


Hari gini nggak bisa bahasa Inggris? Aduh, kamu ke mana aja?

Bahasa Inggris adalah bahasa universal yang digunakan oleh banyak orang untuk berkomunikasi dengan mereka yang berasal dari negara berbeda. Di zaman global begini, menguasai bahasa Inggris merupakan salah satu hal paling krusial yang harus kamu miliki di Curriculum Vitae kamu.

Bukan hanya untuk sekadar mengerti buku teks saat kuliah atau memperluas kesempatan kamu dalam mendapatkan pekerjaan setelah kuliah, bahasa Inggris juga berguna banget untuk menemukan persahabatan dengan orang-orang yang baru yang berbeda budaya dengan kita. Kita juga bisa menikmati lebih banyak buku dan film yang belum diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Kenapa harus nunggu terjemahan kalau bisa baca versi bahasa aslinya, iya nggak?

Nah, di bawah ada beberapa tips untuk belajar bahasa Inggris gratis via Internet. Simak, ya!

1. Website

Gambar via British Council
Gambar via British Council

Di Internet, ada banyak banget sumber belajar bahasa Inggris yang berupa website, kayak misalnya British Council. Saran saya sih belajar grammar dari situs-situs seperti ini, karena belajar grammar lewat percakapan, meskipun dengan native speakers, lebih susah dan agak canggung. Mungkin karena grammar adalah dasar dari bahasa, ya.

2. Video

maxresdefault
Gambar via British Council

Ada banyak juga video-video yang memperkenalkan bahasa Inggris di YouTube. Beberapa bahkan mengajari kamu tentang grammar, jadi bisa dijadikan pilihan alternatif kalau menurut kamu situs-situs belajar bahasa Inggris itu kurang efektif untuk gaya belajar kamu. Dari banyaknya video-video ini, pilihlah yang paling sesuai untuk kamu.

3. Aplikasi

Gambar via techneptune.com
Gambar via techneptune.com

Untuk kamu yang memiliki ponsel pintar, saya sangat menyarankan untuk unduh dan pasang aplikasi seperti Duolingo. Aplikasi ini memperkenalkan cara belajar bahasa asing yang sangat menyenangkan, dengan target-target yang membuat kamu merasa seperti sedang bermain game.

4. Video Call

Gambar via macupdate.com
Gambar via macupdate.com

Hanya mampu membaca dalam bahasa Inggris saja belum cukup, kamu juga harus bisa berbicara dan memiliki percakapan dalam bahasa Inggris untuk mendapatkan keuntungan penuh dari bahasa ini. Satu-satunya cara untuk melatih kemampuan percakapan kamu adalah dengan sungguh-sungguh berlatih bercakap-cakap dengan orang lain dalam bahasa Inggris. Kamu bisa menemukan orang-orang lain yang juga ingin belajar bahasa Inggris di Internet, dan berlatih bersama mereka via video call seperti Skype.

5. Situs Klub Bahasa Inggris

Gambar via segitiga.net
Gambar via segitiga.net

Kalau kamu tidak merasa nyaman berlatih via video call dengan orang-orang yang tidak kamu kenal, kamu bisa cari informasi soal klub bahasa Inggris yang ada di kotamu via Internet. Saya yakin ada banyak sekali klub seperti ini di Indonesia, seperti American Corner dari US Embassy. Carilah klub yang lokasinya bisa kamu jangkau dan waktunya sesuai dengan waktu luang kamu.

6. Blog

Gambar via douglaserice.com
Gambar via douglaserice.com

Sama seperti melatih kemampuan percakapan, kamu juga harus melatih kemampuan menulis kamu dalam bahasa Inggris dengan menulis. Kamu bisa memilih untuk memulai sebuah blog di mana kamu bercerita tentang apa saja yang kamu sukai dalam bahasa Inggris.

Itulah beberapa kiat belajar bahasa Inggris secara gratis di Internet. Cara mana saja yang sudah kamu coba? Good luck!

- Advertisement -
Shares 9

Komentar:

Komentar