Wajib Baca Nih! 5 Fakta Simpel Ini Bisa Nyelamatin Hidupmu Di Kemudian Hari!


:

Hidup kadang sulit banget untuk ditebak. Bisa aja hari ini kamu sehat, tapi siapa yang tau besok atau lusa ada yang terjadi denganmu. Entah itu kecelakaan, sakit ringan seperti masuk angin, atau hal-hal lain yang bsia bikin keselamatan kamu terancam. Terkadang hal-hal yang kamu anggap remeh sekalipun bisa buat kamu dalam bahaya. Itulah kenapa orang-orang pada bilang “safety first”.

Nah, berikut adalah beberapa hal sederhana yang bisa nyelamatin hidupmu saat dalam kondisi darurat. Yuk kita intip satu persatu!

 

1. Jangan Main Hp Sewaktu Lagi Berjalan

BN-MQ444_0217pt_P_20160217110433.jpg (749×499)
using hp via wsj.net

Para konsultan kesehatan dan keselamatan mengatakan kalau main hp saat sedang berjalan membuat otak harus bekerja ektra. Akibatnya kamu bisa hilang kontrol terhadap lingkungan sekitar. Nantinya kamu bisa nggak sadar saat ada mobil ataupun motor yang melaju dengan kencang di depanmu,

 

2. Gunakan Baju Yang Tepat Sewaktu Musim Hujan

maxresdefault.jpg (2048×1150)
using sweater via ytimg.com

Saat musim hujan kan suasananya dingin tuh, sebaiknya kamu pakai baju yang terbuat dari bahan yang punya daya hangat tinggi. Misalnya seperti baju-baju yang terbuat dari wool ataupun sejenisnya. Tapi kalau untuk berkendara, kamu bisa menggunakan jas hujan atau jaket dengan bahan waterproof supaya airnya tidak masuk ke dalam jaket.

 


3. Heimlich Manuever Sebagai Penyelamat Saat Tersedak

Heimlich_maneuver-1024x693.jpg (1024×693)
heimlich manuever via cloudfront.net

Heimlich Manuever adalah salah satu pertolongan pertama pada kasus tersedak. Ingat ya, tersedak itu bisa mengancam nyawa, lho. Berikut cara melakukannya:

  • Pertama, berdiri di belakang korban. Lingkari perut korban dengan tanganmu. Buat kepalan dengan tangan dominan, jempol harus mengarah ke dalam kepalan tangan. Letakkan kepalan ini tepat di atas pusar korban dan di bawah tulang dada. Bungkus dengan kuat kepalan tangan kamu dengan tangan yang lain. Pastikan kamu ngejauhin jempol dari tubuh korban, untuk menghindari cidera di tubuhnya.
  • Tarik ke arah dalam dan ke atas, menekan ke dalam perut korban dengan dorongan ke atas, menggunakan kekuatan yang cukup. Buat gerakan seperti huruf “J” – ke dalam, kemudian ke atas.
  • Lakukan dorongan dengan cepat dan kuat, seperti kamu mencoba ngangkat korban dari lantai.
  • Lakukan dorongan ke perut 5 kali dengan cepat. Ulangi dorongan hingga objek lolos dan terlempar keluar. Korban akan terbatuk mengeluarkan objek yang menutup jalan pernapasannya apabila tindakan ini berhasil.

 

4. Antihistamin Nggak Boleh Ketinggalan

wpc-jun-2012-1b-antihistamine.jpg (283×212)
antihistamine via poison.org

Buat kamu yang mengidap alergi, kamu nggak pernah tau kapan alergi bakal menyerang. Jadinya kamu harus selalu bawa anti-alergi atau antihistamin ke mana-mana., khususnya kalau kamu sedang bepergian.

 

5. Tubuhmu Terbatas Pada 3 Hal Ini

12530886_493062710895200_1425564254_n.jpg (640×640)
survival rules of 3 via amazonaws.com

Ingat ya, penelitian membuktikan kalau tubuhmu hanya bisa bertahan kalau 3 menit tanpa udara, 3 hari tanpa air, 3 minggu tanpa makan, dan kalau lebih dari itu kamu bakalan kolaps.

Itu dia 5 fakta yang keliatannya sederhana tapi berguna banget buat kamu. Kita nggak pernah tau kapan kecelakaan bakal datang, tapi kita harus punya 1001 cara untuk menghindarinya. Selamat mencoba!

Sumber : brightside.me

Komentar:

Komentar