Wadaw! Ternyata 5 Kebiasaan Ini Yang Bikin Usia 20an Punya Kantong Tipis!


Nggak bisa dipungkiri lagi kalau di awal umur 20an, kebanyakan anak muda baru ngerasain gaji dari pekerjaan pertamanya. Sebagai anak muda tentunya masih punya kecenderungan bersenang-senang berlebihan, sehingga bikin kebutuhan masa depan agak terkesampingkan.

Apalagi buat kamu-kamu yang masih single a.k.a belum berkeluarga, kebutuhanmu tentunya belum kompleks dan masih bisa bebas ngeluarin budget untuk diri sendiri seenak jidat. Eits, tapi inget! Kalau kamu lebih ngutamain keinginan ketimbang kebutuhan, lama-lama kamu bakal punya gaya hidup konsumtif yang bikin tekor, lho. Duhh, atut!

Hmm, kira-kira kebiasaan apa aja sih yang bisa jadi masalah keuangan buat kamu yang masih berusia awal 20-an? Yuk, kita intip biar kamu bisa membasminya dari jauh-jauh hari!

 

1. Berlomba-lomba Punya Gadget Yang Paling Terbaru

 

tumblr_inline_ngjskeTK9x1skgd1k.jpg (428×385)
gadget via tumblr.com

Tau nggak sih, kalau ngikutin perkembangan gadget nggak bakal ada habisnya. Yup, tentunya karena inovasi yang dilakukan perusahaan-perusahaan penyedia produk mobile phone terus berkembang.

Banyak banget anak muda yang berlomba-lomba memiliki gadget terbaru dengan fitur-fitur yang menggoda. Akhirnya, banyak uang yang harus dikeluarkan untuk hal yang nggak perlu ini. Maka dari itu, kamu harus janji sama diri sendiri untuk stop ngikutin perkembangan barang yang satu ini!

 

2. Hobi Nongkrong Di Tempat Gaul Biar Dibilang Kekinian

 

tumblr_static_tumblr_static_1od0b5impi74c888o008c04so_640.jpg (640×359)
coffee time via tumblr.com

Nah, ini nih virus yang menjangkit anak jaman sekarang. Yap, nongkrong di tempat gaul. Padahal nongkrong di tempat ini nggak jarang bikin kamu terpancing ngeluarin uang banyak. Beuh, yang lebih “bahaya” lagi kalau hal ini dibarengi dengan kebiasaan traktir teman. Boleh sih punya tempat tongkrongan, tapi nggak setiap hari juga dong nongkrongnya!

 

3. Online Shopping, Oh Online Shopping!

 

0d89d6025b7e30dc496323f7e8b75b7f.jpg (500×500)
shopping via tumblr.com

Perkembangan jaman emang menawarkan berbagai kemudahan. Salah satunya jual beli online. Kemudahan layanan jual beli online saat ini banyak menggoda orang untuk berbelanja di mana aja dan kapan aja. Kamu bakal tergoda menggunakan kartu kredit atau debit untuk memudahkan pembayaran. Nah, nah, hati-hati lho, tagihannya! That’s why lebih baik sebelum berbelanja, kamu pikir dua kali, barang mana yang benar-benar kebutuhan dan barang mana aja yang hanya keinginan semata. Think smart!

 

4. Super Boros Dalam Keseharian

 

0b6eeee058aef8b6269c9010b9814d35.jpg (610×610)
food via pinterest.com

Sebenarnya hemat uang itu nggak susah, lho. Contoh yang paling sederhana bisa dengan mengirit pemakaian kebutuhan sehari-hari, mulai dari makanan sampai pemakaian kendaraan. Jangan semua makanan yang dibeli untuk persediaan bulanan dihabisin cuma dalam waktu seminggu. Bisa tekor bandar nih!

 

5. Belum Kenalan Dengan Yang Namanya Investasi

 

tumblr_mq5dgabIuo1svlooao1_500.jpg (500×333)
save money via tumblr.com

Masih kurang paham dengan investasi? Padahal investasi ini bakal kamu rasakan manfaatnya di masa depan. Semakin cepat berinvestasi, maka semakin banyak dana yang bisa kamu kumpulin. Investasi itu ada banyak jenisnya, seperti emas, saham, tabungan di bank, properti, barang koleksi, sampai obligasi, dan lainnya.

Keuntungan investasi saham ini adalah saat perusahaan tempat kamu menanam saham untung, kamu juga bakal dapet keuntungan. Tapi, kamu juga perlu siap mental kalau suatu waktu harga saham jeblok!

Nah, itu dia 5 alasan utama kenapa usia 20an sering terkena kanker a.k.a kantong kering. Sayang banget kan, kalau sedari muda nggak peduli, maka di masa tua kelak bakal kesusahan. Nggak ada salahnya sih, menikmati masa muda. Tapi inget, kamu juga bakal hidup di masa tua. So, yuk bersikap hemat dan cermat mulai dari sekarang!

Komentar:

Komentar