Upss, Kamu Lagi Nggak Punya Banyak Uang? Ini 9 Sisi Baiknya!


:

Kamu lagi nggak punya uang? Atau lagi kesusahan karena butuh uang? Tenang, kamu nggak perlu merasa sedih ataupun bimbang, apalagi sampai menghalalkan segala cara untuk dapetin uang.

Layaknya hukum alam, kita nggak bakal selalu berada di atas, kadang ada waktunya kita harus merasakan pahitnya kehidupan. Bisa aja kamu yang dulunya hidup bermewah-mewahan tiba-tiba harus hidup sederhana, harus membatasi pengeluaran dan bahkan mulai kesusahan untuk memenuhi kebutuhan hidup sekalipun.

Meski kamu nggak bisa lagi nongkrong di Starbucks, menginap di hotel berbintang, dan shopping di mall mewah, masih banyak sisi positif yang bisa kamu syukuri. Maria Stenvinkel, seorang penulis di tinybuddha.com, bakal berbagi pengalaman tentang bagaimana dia memaknai keadaan sewaktu nggak punya uang sama sekali sampai pada akhirnya ia sadar bahwa punya uang sedikit itu banyak sisi positifnya.

Yuk kita intip 9 sisi positif punya uang sedikit ala Maria Stenvinkel,

 

1. Kamu Bakal Makin Dekat dengan Orang-orang

Helping others via care2.com

Saat kamu nggak punya uang, tentu kamu lebih bergantung dengan orang lain. Kamu bakal berusaha menghubungi siapapun orang-orang untuk meminta bantuan, dan secara nggak langsung ini berarti kamu mempererat kedekatan dengan mereka.

Kamu akan menceritakan gimana susahnya hidupmu yang sekarang, kamu membiarkan orang-orang terdekatmu untuk membantu, ikut merasakan penderitaan kamu, dan disaat itulah hubungan kamu dengan mereka bakal makin erat.


 

2. Kamu Bakal Sadar Kalau Ketakutan Kamu Ternyata Berlebihan

Overthinking via wordpress.com

Nggak punya uang adalah salah satu hal yang paling ditakuti manusia. Kamu bakal berfikir kalau tanpa uang, kamu nggak bisa melakukan apapun. Nggak bisa membayar sewa rumah, bakal tinggal di jalanan, bakal kelaparan dan lama-kelamaan bakal meninggal.

Nggak! Itu nggak bener. Semuanya hanya ketakutan kamu aja yang berlebihan, dan banyak yang membuktikan kalau nggak punya uang nggak bakal membuat kamu mati, kok! Intinya adalah kenyataan nggak bakal seburuk imajinasi kamu.

 

3. Kamu Bakal Terlatih Menjadi Manusia Kuat

Strong woman via everydaypowerblog.com

Saat hal-hal di sekitar kamu nggak meyakinkan dan kondisinya nggak stabil, kamu nggak selamanya bisa bergantung pada apapun atau siapapun kecuali diri sendiri. Kamu harus percaya bahwa kamu kuat menghadapi semua masalah ini.

Orang-orang di sekitar kamu bisa saja memberikan bantuan, tapi nggak ada yang tahu, mungkin suatu saat mereka akan mengecewakan kamu atau mereka berada di luar kendali kamu. Itulah kenapa kekuatan diri sendirilah yang bisa kamu andalkan, karena satu-satunya hal yang cuma ada di dalam kendali kamu adalah diri sendiri.

 

4. Kamu Bakal Lebih Bersyukur

Drink coffee via authoritynutrition.com

Dengan isi kantong yang pas-pasan, kamu akan lebih menghargai setiap hal yang kamu beli. Bisa membeli sebotol air mineral saja rasanya sudah cukup untuk menghilangkan haus. Tapi coba ingat-ingat, saat kamu punya banyak uang, kamu cenderung membeli apapun sesuka kamu, dan kamu nggak menghargainya sama sekali.

 

5. Kamu Bakal Sadar Bahwa Hidup Kamu Sangat Berkecukupan

Grateful via viralnovelty.net

Saat kamu nggak punya banyak uang, kamu bakal mensyukuri nikmat yang Tuhan sudah berikan. Hal-hal kecil tapi sangat berharga yang sebelumnya nggak pernah kamu pikirkan sama sekali. Matahari yang terbit setiap pagi, burung-burung yang bersiul, berbagai macam makanan di bumi, berjalan di sepanjang taman bersama orang-orang terdekat adalah contoh hal-hal kecil yang harus kamu syukuri.


Komentar:

Komentar