Jangan Lepaskan! Ini 11 Cara Untuk Mempertahankan Hubunganmu Dengan si Dia


:

Pernahkah kamu merasa selalu gagal dalam menjalin hubungan? Hubungan yang sekian tahun dibangun dan dijaga akhirnya kandas tak berbekas. Padahal kamu merasa bahwa kamu sudah dewasa, sudah berusaha menjadi pasangan yang baik dan hal-hal yang kamu anggap baik lainnya. Jangan sombong!

 

Jika kamu sedang menjalani suatu hubungan, kamu akan mempunyai pemikiran yang sama sekali berbeda, kamu akan menghadapi semua masalah sebagai tim, bukan sepasang individual. Kamu akan lebih memahami dan menerima pasanganmu, bukannya menggerutu atau komplain terhadap pasanganmu. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa lihat 10 hal ini.

 

1. Kesalahpahaman tidak dapat dihindari

 

Via elitedaily.com

 

Yang namanya salah paham dalam hubungan itu pasti terjadi. Jika pasangan anda mengatakan sesuatu, cobalah lihat dari sisi lain, jangan hanya melihat dari satu sisi saja. Hal inilah yang dapat membuat kita salah paham. Apalagi kalau kita selalu mengungkit-ungkit apa yang pasangan kita katakan, hal itu malah bakal memperburuk hubungan kalian.


 

Hal yang sebaliknya mungkin juga mungkin terjadi, terkadang pasangan kita akan salah memahami atau bahkan tidak memahami apa yang kita katakan dan kita lakukan. Jika hal itu sampai terjadi, maka janganlah marah atau frustasi. Abaikan saja hal itu atau jika kalian tidak tahan, jelaskan secara perlahan maksud kalian sebenarnya. Kesalahpahaman akan menjadi masalah apabila kalian malah memperbesarnya.

 

2. Belajar untuk percaya

Via elitedaily.com

 

 

Belajarlah mempercayai pasanganmu. Bagaimana kamu bisa berkata sehidup semati kepada pasanganmu kalau percaya sama dia saja enggak? Duh.. jika kamu nggak yakin kalau dia itu setia, jujur, perhatian, atau hal baik lainnya, itu tandanya hubungan kalian nggak sehat lho. Hubungan yang sehat dimulai dari kepercayaan, bahkan ketika masalah menghampiri hubungan kalian berdua, maka kepercayaan itulah yang akan selalu mengikat kalian.

 

3. Kangen itu perlu dan harus

Via dickysupriatna.wordpress.com

 

Mentang-mentang sedang jatuh cinta kemana-mana ga harus selalu berdua kan? Makan berdua, nonton berdua, belajar berdua, entar malah pup berdua? #ups

 

Ketika kamu berpisah dengan pasanganmu, kamu akan merasakan pengalaman yang sama sekali berbeda.

 

Ketika masing-masing dari kalian menghabiskan waktu bersama teman, keluarga atau sahabat, kalian akan punya waktu untuk dirimu sendiri, hal itu sangat penting karena kalian akan punya hal lain untuk diomongkan ketika kalian bertemu. Rasa kangen membantumu memahami apa arti dari hubungan kalian dan membuat kalian sangat bersemangat ketika akan bertemu.

 

4. Mendukung untuk berubah menjadi lebih baik.

Via elitedaily.com

 

Hubungan yang sehat akan membuatmu dan pasanganmu sama-sama mendukung satu sama lain untuk berubah menjadi lebih baik, bukan berubah menjadi Power Ranger atau semacamnya ya!   Entar malah bertengkar siapa yang pengen jadi Satria Baja Hitam #salahfokus

 

Yang dimaksud disini adalah misal ketika pasanganmu ingin keluar dari tempat kerjanya yang sekarang atau ingin melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi, dukung dia!

 

Saling mendukung selama untuk berubah menjadi lebih baik sangat diperlukan dalam suatu hubungan. Cobalah saling mendukung untuk menemukan hobi atau teman baru agar kalian mempunyai sudut pandang baru dalam hidup.

 

5. Berkompromi itu untuk orang yang kuat.

Via blog.relationship-architecture.com

 

Berkompromi itu tidak sama dengan menyerah ataupun kalah. Justru sebaliknya, coba pikir baik-baik, ketika apa yang kamu pikir itu benar dan apa yang pasanganmu pikir itu benar berseberangan satu sama lain apa yang terjadi? Ya, adu argumen dan debat yang tidak ada untungnya.

 

Coba mundur sejenak dan ajak pasanganmu berpikirlah secara diplomatis. Jika pasanganmu yang benar maka akui kalau kamu salah, namun jika pasanganmu yang salah maka besarkan hatinya. Yang penting adalah bukan siapa yang benar, tapi menjaga agar hubungan kalian tidak ada masalah dan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

 

6. Akui kelemahanmu.

Via elitedaily.com

 

Superhero sekalipun punya kelemahan lho, contohnya gambar diatas. Apalagi manusia, semua orang punya kelemahan yang mungkin tidak dia tunjukkan di hadapan pasangannya karena takut jika pasangan mereka tahu maka hubungan mereka akan berakhir.

 

Namun hal itu justru sebaliknya, untuk menjaga hubungan tetap sehat dan awet biarkanlah pasanganmu tahu apa kelemahanmu. Sehingga pasanganmu akan berhati-hati untuk tidak mengekspos titik lemahmu dan membantumu memperbaiki kelemahanmu.

 

7. Terima apa adanya, bukan memperbaikinya.

Via elitedaily.com

Setiap orang punya masa lalu yang terkadang menjadi beban mereka sampai saat ini. Kamu pasti punya, begitupun dengan pasanganmu. Tapi dapatkah kita kembali ke masa lalu dan menghapus semua itu? Tentu saja tidak!

 

Apa yang terjadi terjadilah, dan kamu harus menerimanya. Mungkin ada sebagian dari mereka yang mampu memperbaikinya, tetapi terkadang hal itu tidak bisa diperbaiki lagi. Kamu tidak bisa membuat masalahmu atau masalah pasanganmu menghilang begitu saja. Terima dirinya apa adanya, jadikan itu sebagai pelajaran untuk membangun masa depan bersama-sama.

8. Belajarlah untuk memaafkan.

Via ireneastridl.wordpress.com

 

Setiap kali kamu bertengkar dengan pasanganmu, jangan pedulikan siapa yang menang dan siapa yang kalah. Cobalah mengambil pelajaran dari pertengkaran kalian, entah apa yang memulai pertengkaran itu atau bagaimana pertengkaran itu terselesaikan. Dengan begitu kamu akan dapat menghindari pertengkaran dengan masalah yang sama.

 

Tapi itu saja belum cukup. Jangan lupa untuk selalu memaafkan pasanganmu dan memaafkan dirimu sendiri. Pertengkaran itu pasti ada dan jangan sampai berlarut-larut. Memendam dendam hanya akan membuat masalah yang seharusnya hilang menjadi muncul kembali.

 

9. Berhenti berharap.

Via elitedaily.com

 

Bukan, ini bukan lagunya Sheila On 7. Yang dimaksud berhenti berharap disini adalah kadangkala kita ingin pasangan kita mengerti apa yang kita pikirkan, dan ketika mereka tidak seperti itu kalian langsung update status “Dasar ga peka! Huffft!”

 

Jangan pernah berharap pasanganmu akan mengerti apa maumu. Kuncinya adalah komunikasi. Pastikan pasanganmu tahu apa yang kamu inginkan dari hubungan kalian. Dengan begitu mereka akan paham apa yang kamu inginkan. Sekali lagi, jangan pernah berharap!

 

 

10. Ungkapkan perasaanmu padanya.

Via nitariway.blogspot.com

 

Jangan pernah bermain-main dengan perasaan pasanganmu. Jangan menggoda pasanganmu. Jangan pernah menunjukkan kasih sayangmu dan perhatianmu sebagai hadiah karena dia bersikap baik padamu. Pastikan pasanganmu selalu merasa bahwa dia selalu kamu cintai.

 

Entah sedang senang atau sedang marah, yang jelas kamu harus tetap membuat dia merasa dicintai olehmu, bukan pria lain #eh. Bukan berarti kamu tidak boleh marah atau ngambek, tapi meski marah atau ngambek tetap tunjukkan rasa sayangmu kepada pasanganmu. Sehingga mereka tidak akan salah paham (poin #1).

 

Nah, sudah tahu kan apa saja 10 hal itu? Kalau sudah dipraktekkan, share dong di kolom komentar tentang cerita cintamu!

 

Sumber : TheMindUnleashed

Komentar:

Komentar