Pengin Bikin Orang Nurut sama Apa yang Kamu Katakan? Coba Ikuti 9 Trik Psikologi Ini

Tapi jangan sampai kelewatan ya!

:

Membuat orang lain setuju atau nurut padamu sama artinya dengan mempengaruhi orang tersebut. Tapi jangan nyamain trik ini dengan cara manipulatif licik yang biasa dilakukan seorang psikopat ya.

Makanya, jangan berlebihan memakai tips ini. Sangat nggak disarankan pula untuk melakukan sesuatu yang bisa merugikan orang lain, lho. Tips ini bisa berguna buat kamu saat kamu bener-bener butuh orang lain agar melakukan apa yang kamu mau (demi kebaikan).

Oke, udah siap? Baca dan aplikasikan tips yang dihimpun dari berbagai sumber ini.

1. Minta pertolongan dan orang yang dimintai tolong itu akan menyukaimu

Do-me-a-favor
via funnyand.com

 

Caranya, kamu tinggal minta orang lain buat melakukan sesuatu yang simpel untukmu. Misalnya, kamu bisa meminjam barang (jangan dihilangin barangnya, kalau nggak kamu harus ganti rugi).

Perbuatan sesederhana ini sebenernya punya efek kuat lho, karena orang yang berbaik hati mengulurkan bantuan itu pasti bakal mau melakukannya lagi buat kamu.

Alasannya, kamu itu udah dianggap sebagai orang yang layak diberikan pertolongan. Orang itu juga menganggap dirinya berguna buat kamu, serta merasa kalian udah menjadi teman..


2. Lakukan mimikri yang nggak berlebihan

mirroring-who-1024×389
via yayayagetarty.com

Menurut KBBI daring, mimikri berarti “tindakan meniru”. Yup, kamu bisa mendapat keuntungan dari meniru orang lain. Misalnya dengan meniru bahasa tubuh, perilaku serta kebiasaan, atau logat.

Ambil contoh, apa kamu pernah liat orang dari suatu wilayah tertentu meniru bahasa daerah dan logat lawan bicaranya yang sama sekali berbeda dari bahasa di wilayahnya? Coba perhatikan bagaimana respons si lawan bicara kepada si peniru ini, pasti ia disambut lebih hangat.

Hasilnya, jika seseorang udah merasa nyaman sama kamu, pasti ia akan senang hati membantu. Tapi yang mesti diingat, perbuatan meniru ini harus melibatkan rasa suka dan respek yang tulus pada apa yang kamu tiru. Jangan terlihat seolah kamu lagi mengejek.

3. Ditolak saat pertama kali, dan selanjutnya kamu akan diterima

asking-questions-mediation-denver-part-2
via mediationworks2.com

Kamu lagi pengen pergi ke suatu tempat, tapi nggak ada orang yang bisa nemenin kamu. Lalu kamu minta temen kamu buat nemenin kamu meskipun kamu tahu ia bakal menampik permintaan kamu.

Jangan berhenti sampai di situ, ulangi lagi permintaan kamu beberapa saat atau beberapa hari kemudian.

Temen kamu itu nggak mungkin terus-terusan menolak kamu karena ia manusia; ia pasti punya rasa bersalah dan perasaannya bakal nggak enak. Yah, walaupun ia sebenernya nggak 100% mau nemenin kamu.

Atau kalau kamu nggak mau pakai cara ini, ada cara alternatifnya…

4. Buat mereka ‘berutang’ sama kamu

1a606f05b4f18115d0f1598043a080a0
via uk.pinterest.com

Kamu pasti tahu trik ini kalau pernah nonton film The Godfather: “Make an offer they can’t refuse/Buat penawaran yang tak bisa ditolak”.

Di sini bukan berarti kamu harus menyandera seseorang atau menodongkan pistol. Cukup dengan membuat mereka seolah berutang sama kamu, hingga akhirnya mereka nggak akan berdaya untuk memenuhi permintaan kamu.

Contohnya, kamu bisa menolong seseorang saat mereka lagi kesulitan banget. Emang sih, kedengerannya kamu kaya minta balas budi. Tapi itu nggak dosa, kan?

Atau kamu juga bisa membuat orang lain merasa terikat dengan suatu hal. Misalnya, kamu pengen temen kamu yang pelit buat menyumbangkan uangnya buat orang yang kurang mampu. Kamu bisa beberkan fakta gimana beratnya kehidupan yang harus dijalani mereka, sampai sedetail-detailnya, sampai teman kamu merasa simpati.

Lalu tunggu minimal dua sampai empat hari, sebelum kamu meminta teman kamu untuk menyumbang. Ini lebih efektif kan ketimbang kamu langsung nyerocos “Mereka butuh bantuan, kamu harus nyumbang!”

5. Manfaatkan rasa lelah!

tired-lady
privyskincare.com

Ketimbang meminta tolong pada orang yang tengah semangat dan berenergi, ada baiknya kamu tunggu sampai orang itu capek. Kemampuan dan kecepatan berpikir orang yang lelah tentu bakal menurun seiring kondisi fisik mereka.

Dan di sinilah kamu datang dengan tugas-tugas yang akan kamu serahkan padanya…

Mereka bisa aja menjawab/menerima permintaan kamu dengan ogah-ogahan. Tapi jika orang itu punya tanggung jawab (mereka udah bersedia melakukan apa yang kamu minta), mau nggak mau mereka harus mengerjakannya.

6. Buat mereka takut akan konsekuensi

nightmarefearfactory2
via weather.com

Nggak ada orang yang mau menghadapi konsekuensi berat. Kamu bisa manfaatkan itu dengan mengatakan apa yang akan orang itu terima jika ia nggak mau melakukan apa yang kamu minta.

Sebutlah kamu butuh seseorang buat mengisi kuisioner milik kamu. Kalau orang itu ngisi secara asal, kamu bisa bilang kalau kamu nggak akan menyembunyikan identitas dan data pribadi orang tersebut.

7. Jangan terlalu sering mengkritik

Dealing-with-Criticism-to-Grow-Into-a-Better-Human-Being
via chelseakrost.com

Kritik (yang membangun) itu bagus. Tapi kalau kamu selalu mengkritik setiap saat, orang juga bisa muak lama-lama.

Tapi… oke, sebutlah kondisi yang lagi kamu hadapi membuat kamu harus melempar kritikan. Karena di sini, kamu mengkritik demi menunjukkan kesalahan yang diperbuat seseorang, dan kamu mau ia menuruti nasihat kamu.

Jangan langsung bilang, “Kamu salah!” atau kalimat lain yang bermakna sama. Cerna dulu sudut pandangnya, dan (pura-pura) nyatakan persetujuan kamu dengan perasaannya. Lalu terakhir, kamu beberkan pandangan alternatif yang kamu miliki sembari berusaha merubah pendapatnya. Tentunya dengan cara yang halus dan sedikit manipulatif.

8. Yakinkan kalau bukan kamu saja yang bakal dapet keuntungan

How-to-convincing-others
via techwiser.com

Cara klasik, tapi ampuh. Kalau kamu pingin orang lain melakukan apa yang kamu mau, tentu kamu yang dapet keuntungan. Tapi kamu juga bisa merubah sudut pandang ini dengan memberi tahu orang yang kamu mintai tolong apa yang akan mereka dapat jika membantu kamu.

Contoh kecilnya, kamu pengen ngopi tapi lagi males belanja ke luar. Kamu bisa minta temen kamu belanja dengan bilang, “Ada penjaga warung baru yang cantik, lho.” Kalau kamu nggak mau bohong, kamu bisa traktir temen kamu itu. Jadi kamu nggak asal nyuruh ia doang.

Contoh lain, kamu mau ngejual barang ke temen. Ketimbang langsung nyebutin harganya tanpa tedeng aling-aling, kamu bisa bilang kalau harga barang itu CUMA sekian rupiah. Dengan kata lain, kamu ngejual barang itu lebih murah daripada harga pasaran.

9. Buat orang itu merasa terlibat

download
via bradruggles.com

Caranya bisa dengan menekankan penggunaan kata benda alih-alih kata kerja. Emang sedikit rumit sih, tapi ini lebih efektif buat mempengaruhi orang lain.

Misalkan aja kamu mau ngajak gebetan ke suatu acara musik, tapi ia sebenarnya kurang suka acara kaya gitu. Coba bandingin, lebih enak mana kedengerannya: “Kamu mau ikut ke konser besok? Saya bakal seneng kalau kamu mau ikut” atau “Saya mau datang ke konser besok tapi nggak ada temen. Kamu mau jadi ‘temen nonton‘ saya? Kamu pasti bakal seneng di sana, soalnya…”?

Membuat orang lain menuruti apa yang kita mau itu emang ngebuat hidup jadi lebih mudah. Tapi ingat nih, jangan pakai tips ini buat niat jelek, ya.

Komentar:

Komentar